TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Menabung untuk Kamu yang Cuma Punya Uang Pas-pasan

Menabung dengan uang pas-pasan? Bisa banget!

pexels.com/Bich Tran

Memiliki tabungan membantu kita untuk menghadapi hal-hal yang tidak terduga dan mempersiapkan diri untuk masa depan. Dengan menyisihkan uang secara rutin dan sengaja, kita bisa semakin aware dengan kebutuhan dan keinginan.

Apakah kamu ada di kondisi di mana ingin banget bisa nabung tapi merasa uang pas-pasan? Eits, kamu masih bisa nabung loh, kalau kamu mau. Penasaran caranya seperti apa? Yuk, simak!

1. Miliki mindset bisa menabung seberapapun uang yang kamu miliki

pexels.com/Karolina Grabowska

Mindset atau cara pikir kita berpengaruh pada tindakan yang kita ambil. Bila mindset kita benar, maka langkah yang kita ambil juga tepat.

Punya uang terbatas bukan berarti kita tidak bisa menabung. Justru sejak uang kita masih sedikit, kita biasakan diri untuk menabung agar ketika uang kita semakin banyak akan gak kalap dengan uang yang kita miliki. 

Baca Juga: 6 Prinsip Simpel dalam Menabung, Tahu-tahu Terkumpul Banyak!

2. Alokasikan uangmu dengan pembagian yang tepat

pexels.com/Karolina Grabowska

Supaya kamu bisa mengendalikan uang yang kamu miliki, yuk punya perencanaan dengan baik. Sesedikit apapun itu, kalau kamu bisa mengelolanya dengan tepat maka bisa jadi berlipat-lipat, loh.

Apakah kamu sudah membagi uangmu dengan tepat? Untuk simpelnya, kamu bisa membagi uangmu dengan perbandingan 10% untuk donasi, 30% untuk ditabung, 40% untuk kebutuhan sehari-hari, 20% untuk memenuhi keinginanmu.

Perhitungan ini adalah perhitungan yang relatif karena setiap orang punya kebutuhan yang berbeda-beda. Tetapi pada prinsipnya bagilah dengan adil. 

3. Cek uangmu lari ke mana saja

pexels.com/Gustavo Fring

Terkadang kita merasa kalau kita tidak punya uang untuk menabung, tetapi kita masih bisa jajan dan pergi hangout. Lalu, tiba-tiba di pertengahan bulan uang makin menipis aja. Coba cek pengeluaran kita, yuk. Apakah keuangan kita sudah sehat? Apakah pengeluaranmu justru lebih besar daripada pemasukan?

Kita masih boleh kok belanja, nongkrong di coffeeshop, checkout belanja di e-commerce, bahkan jalan-jalan asal uang yang kita gunakan memang dialokasikan untuk itu. Ingat ya, menaruh kebutuhan di atas keinginan.

4. Miliki penghasilan tambahan

pexels.com/cottonbro

Agar bisa lebih cepat mencapai tujuan kita dalam menabung, maka sumber pendapatan kita juga harus bertambah, dong. Kalau kamu merasa cuma punya uang yang pas-pasan, cari penghasilan tambahan, yuk.

Kamu bisa bekerja freelance, menjadi content creator, bahkan kamu bisa juga menjual barang-barangmu yang masih layak pakai atau preloved. Kalau kamu hobi memasak, kamu bisa open PO dengan berjualan makanan. Ada banyak cara untuk menambah penghasilan, kamu pilih yang mana?

Baca Juga: Sebelum Mulai Menabung, Pastikan 5 Hal Ini Dulu Agar Bisa Konsisten

Verified Writer

Stephanie Priyanka

A daily learner. Having a balance life through writing.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya