TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara untuk Menambah Kualitas Dirimu di Usia Muda, Sederhana Lho!

Yuk, jangan disia-siakan waktunya

unsplash.com/Guusbaggermans

Ada banyak hal yang harus dikembangkan seiring bertambahnya usia, tidak hanya belajar untuk menguasai bidang yang diinginkan, kita juga harus memperbaiki sikap agar jadi lebih baik ke depannya. Memperbaiki kualitas diri adalah hal yang wajib untuk dilakukan di usia muda, sebab ada banyak tujuan yang ingin dicapai dan masalah yang akan dihadapi ke depannya. 

Di bawah ini merupakan 5 cara yang dapat kamu lakukan untuk menambah kualitas diri, yuk simak!

1. Fokus pada tujuan yang ingin dicapai 

unsplash.com/Benchaccounting

Yang pertama merupakan fokus pada tujuan yang ingin dicapai. Masa muda adalah masa di mana kamu akan memiliki mimpi yang benar-benar ingin kamu capai, dan dalam mencapai mimpi kamu akan mengalami berbagai rintangan yang menghadang.

Dengan fokus pada tujuan akan membuatmu ingin terus berusaha memperbaiki diri, agar semakin berkembang.

Baca Juga: Yuk, Lakukan 8 Kebiasaan Ini Demi Masa Depan yang Berkualitas

2. Tingkatkan rasa ingin tahu

unsplash.com/Bonniekdesign

Ketika kamu sudah menentukan tujuan yang ingin kamu capai, rasa ingin tahu tentang cara agar menggapai mimpimu harus kamu tingkatkan. Sebab, rasa ingin tahumu akan membawamu belajar tentang banyak hal yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dirimu, manfaatkan kesempatan untuk banyak belajar saat kamu masih muda! 

3. Tidak menyepelekan waktu istirahat 

unsplash.com/Erasure

Walau sedang dalam kesibukan, istirahat merupakan hal yang tidak boleh kamu sepelekan. Sebab, dalam meningkatkan kualitas diri kamu juga membutuhkan banyak tenaga, kamu akan melakukan dan mencoba berbagai hal yang tak hanya menguras pikiran. Tidak lucu jika kamu tidak semangat saat melakukan kegiatan karena faktor kurang istirahat. 

4. Berlatih membuat keputusan dengan bijaksana  

unsplash.com/Youxventures

Yang keempat adalah berlatih membuat keputusan dengan bijaksana. Dengan belajar mengambil keputusan tanpa berpikir dari satu sudut pandang, menunjukkan bahwa kamu juga meningkatkan kualitas diri. Kamu belajar untuk mengambil keputusan dengan mempertimbangkan pendapat dari semua orang. 

Baca Juga: 5 Hal Bermanfaat yang Bisa Dilakukan untuk Meningkatkan Kualitas Diri

Verified Writer

Suandewi Oka

Stay happy!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya