TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Kenapa Kamu Perlu Bersikap Dewasa di Usia 20 Tahunan

Menjadi tua itu pasti, menjadi dewasa itu pilihan!

askkpop.com

Kedewasaan memang suatu hal yang penting bagi setiap orang. Gak ada standar pasti untuk menunjukkan kedewasaan seseorang. Semua masih relatif tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya. Kedewasaan sering pula diidentikkan dengan sikap bijak.

Ketika seseorang mampu melihat masalah secara bijak, tenang, dan mampu memberikan solusi pemecahan masalah, itu juga kadang disebut sebagai dewasa. Walaupun umur bukan jaminan seseorang menjadi dewasa, namun jika kamu sudah menginjak usia dua puluhan, tentu sudah dianggap bukan anak-anak lagi.

Berikut ada lima alasan kenapa kamu perlu bersikap dewasa di usia 20 tahunan. Simak, ya!

1. Memasuki usia 20 tahun, kamu sudah tidak lagi dianggap sebagai anak kecil

unsplash.com/Yingchou Han

Melihat usia yang menginjak angka 20, tentunya kamu gak akan lagi dianggap sebagai anak kecil. Justru di usia dua puluhan inilah kamu dituntut untuk dewasa.

Gak hanya dewasa secara fisik saja. Namun, tindakan dan pemikiran juga harus dewasa. Terlebih ketika kamu bekerja, berkeluarga, dan memiliki tanggung jawab, mau atau tidak kamu akan menjadi pribadi yang dewasa.

Baca Juga: 5 Alasan Logis Mengapa Selalu Bersikap Rendah Hati Itu Perlu Dilakukan

2. Akan ada banyak hal yang membutuhkan keputusanmu secara dewasa

unsplash.com/Baylee Gramling

Jika dulu ketika masih berusia belasan tahun, kita lebih banyak bergantung pada orang tua. Namun, ketika memasuki usia 20 tahunan, kita dituntut untuk mandiri. Secara perlahan, kita sudah mulai lepas dari tanggung jawab orang tua. Segala macam tindakan yang kita lakukan, akan menjadi tanggung jawab diri sendiri.

Di usia 20 tahunan, kita akan menemui banyak hal yang membutuhkan kedewasaan diri. Kamu harus bisa memilih dan mengambil keputusan yang tepat. Tanpa perlu ada campur tangan orang tua di dalamnya. 

3. Orang tua gak akan lagi mengarahkanmu untuk melakukan ini itu. Semua terserah dirimu!

unsplash.com/Lucrezia Carnelos

Semakin dewasa, kamu akan mengerti tentang dirimu sendiri. Terutama apa yang ingin kamu raih dan cita-citakan. Pada usia dua puluhan, kamu akan mendapatkan kebebasan dalam memilih dan memutuskan sesuatu. Semua terserah dirimu!

Diberikannya kebebasan itulah, kamu dituntut untuk memiliki sikap dewasa. Kamu harus bisa bertanggung jawab atas risiko dari pilihanmu. Kamu juga harus bisa memilih mana yang memang perlu dilakukan.

4. Bersikap dewasa bisa menjauhkanmu dari masalah

askkpop.com

Kedewasaan merupakan sikap yang dapat menyelesaikan banyak masalah dan menjadikannya selaras dengan sekitarnya. Bahkan kedewasaan bisa mencegah timbulnya masalah dalam pergaulan dan kehidupan sosial.

Bisa dikatakan, dunia akan menjadi tempat yang lebih baik, jika masing-masing individu bisa bersikap lebih dewasa dalam segala hal. Itulah alasan kenapa bersikap dewasa itu penting!

Baca Juga: 5 Cara dalam Menghadapi Masalah yang Menunjukkan Kamu Dewasa

Verified Writer

Suci Wu

hi, Hello :) Instagram @ciiw08

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya