TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Kuat Mengapa Menyembunyikan Kesedihan Itu Tidak Dianjurkan

Meluapkan kesedihan akan menimbulkan kebahagiaan

pexels.com/steven arenas

Semua orang pasti akan pernah mengalami kekecewaan dalam hidupnya yang disebabkan oleh banyak faktor. Kekecewaan tersebut pastinya akan menimbulkan kesedihan yang berlarut-larut karena telah gagal mencapai tujuannya.

Namun, kebanyakan orang ketika mengalami kekecewaan akan cenderung menyembunyikannya. Hal itu terjadi karena mereka menganggap bahwa dia akan mampu untuk melewati masa krisis itu sendirian.

Padahal di belakang mereka masih ada teman-teman yang siap menampung segala keluh kesahnya. Hal itu harus dihilangkan karena hanya akan merugikan diri sendiri. Jika tidak percaya, simak penjelasannya berikut ini.

1. Hanya menambah beban pikiran

pexels.com/nathan cowley

Sebuah kesedihan yang muncul akan menambah beban pikiran. Beban tersebut seharusnya cepat-cepat untuk dihilangkan karena demi kebaikan diri sendiri. Hal itu terjadi karena dalam hidup itu tidak hanya satu masalah saja yang muncul, melainkan masalah lain akan bertubi-tubi muncul seiring berjalannya waktu.

Oleh karena itu, menyelesaikan satu masalah harus segera dilakukan, jangan ditunda. Yang terpenting adalah kesehatan mentalmu, jangan sampai egomu itu mengambil alih semua kebahagiaan yang harusnya didapat.

2. Masalah akan susah terselesaikan

pexels.com/rafael barros

Ketika ada masalah, ceritalah kepada orang-orang terdekatmu agar maslaah cepat terselesaikan. Memendam kesedihan hanya akan menghambatmu dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

Semua hal ketika dipikul bersama-sama pastilah akan menjadi ringan, begitu pula sebuah permasalahan. Hal itu juga akan sangat mempengaruhi berakhirnya kesedihan yang kamu rasakan di dalam hatimu. Oleh karena itu, berusahalah untuk membuka diri terhadap orang lain dan rasakan manfaatnya.

Baca Juga: 6 Tanda Kamu Sedang Menyembunyikan Kesedihan

3. Hanya membohongi perasaan saja

pexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas

Setiap kekecewaan pasti ada perasaan tidak ikhlas untuk menerima kenyataan yang telah terjadi. Semua itu harus berhasil kamu lalui karena bisa menjadi langkah untuk mendewasakan diri. Memendam sebuah kesedihan sama saja membohongi perasaanmu sendiri.

Selain itu, hal tersebut akan menimbulkan perasaan kecewa yang berlarut-larut. Hal itu akan sangat berdampak bagi ketenangan hatimu. Terkadang, menerima sebuah kegagalan merupakan jalan terbaik untuk menuju kebahagiaan diri.

4. Hanya akan menjadi penyakit hati

pexels.com/Segopotso Makhutja

Mau sampai kapan kamu akan bertahan untuk memendam segala kesedihan? Hal itu jika dilakukan secara terus menerus hanya akan menjadi penyakit hati yang bisa merugikanmu. Kerugian tersebut biasanya berupa mental yang down dan juga membentengi diri akan datangnya kebahagiaan.

Semua orang pasti sepakat jika penyakit hati merupakan salah satu penyakit sangat buruk yang diderita oleh manusia. Hal itu terjadi karena tidak ada obat yang pasti untuk bisa menyembuhkannya. Sebelum semuanya terlambat, lebih baik hindari hal tersebut agar tidak menjadi bumerang bagimu kelak.

Baca Juga: 10 Arti Mimpi Melihat Hantu yang Terkait Kesedihan & Penyesalan

Verified Writer

Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya