TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jangan Pernah Lakukan 5 Hal Ini Jika Rasa Penat dalam Berjuang Muncul

#IDNTimesLife Ingatlah bahwa kamu itu manusia, bukan robot!

pexels.com/Marcus Aurelius

Merealisasikan sebuah mimpi merupakan sebuah hal yang diinginkan oleh semua orang. Namun hal tersebut membutuhkan sebuah konsistensi yang tinggi karena di tengah perjalanan kamu harus menghadapi rasa penat di dalam diri. Hal tersebut sebenarnya wajar terjadi sehingga kamu harus bisa menemukan cara menanganinya sendiri.

Ada beberapa hal dasar yang tidak boleh kamu lakukan ketika rasa lelah tersebut memunculkan keinginan untuk menyerah di dalam pikiranmu. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal apa saja yang pantang dilakukan, simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

1. Terlalu memaksakan diri untuk terus berjuang tanpa henti

pexels.com/andrea piacquadio

Tidak dapat dimungkiri bahwa setiap orang pasti memiliki rasa lelah. Hal terkadang membuat seseorang perlu istirahat meskipun sedang memperjuangkan mimpinya. Janganlah kamu terlalu memaksakan diri untuk terus berjuang tanpa henti. Ingatlah bahwa kamu perlu mengistirahatkan hati dan pikiran.

Mengistirahatkan pikiran dan tenaga merupakan sebuah hal yang wajib dilakukan karena dapat menghindarkanmu dari stres. Bayangkan saja ketika diri sedang stres, apakah impianmu tersebut dapat terealisasikan? Cobalah untuk lebih bijaksana terhadap dirimu sendiri ketika sedang berjuang.

2. Jarang memerhatikan kesehatan fisik maupun mental diri sendiri

pexels.com/Tima Miroshnichenko

Sebelumnya telah disebutkan bahwa setiap orang memerlukan istirahat ketika sedang memperjuangkan sesuatu. Kamu harus memerhatikan porsi tenaga terhadap diri sendiri karena hal tersebut akan membantumu untuk tetap terjaga semangatnya. Ingatlah bahwa kesehatan diri sendiri adalah nomer satu.

Buanglah kebiasaan burukmu yang cenderung jarang memerhatikan kesehatan fisik maupun mental. Ingatlah bahwa kamu perlu berhenti sejenak agar hasil yang didapatkan nanti bisa sempurna. Mulai sekarang jangan terlalu memaksakan diri, ya!

Baca Juga: 10 Pepatah Jawa yang Bisa Dijadikan Pengingat dan Motivasi Kehidupan

3. Terlalu berharap banyak pada hasil akhir yang memuaskan

pexels.com/andrea piacquadio

Ketika rasa penat dalam memperjuangkan sesuatu muncul, cobalah mengubah pola pikirmu untuk tidak result oriented. Istilah tersebut memiliki artian bahwa kamu cenderung terlalu berharap pada hasil akhir yang memuaskan. Ketika hasil yang diharapkan tidak diraih, kamu pasti akan menjadi stres.

Maka dari itu, cobalah untuk lebih menikmati prosesnya daripada mengharapkan hasil yang memuaskan. Percayalah bahwa hasil tidak akan pernah mengkhianati usaha. Kamu memang dituntut untuk bisa serius dalam berjuang, namun jangan pernah lupa untuk mengistirahatkan semua tenaga.

4. Membatasi komunikasi dengan orang tersayang

pexels.com/mikoto.raw

Saat rasa lelah muncul ketika sedang memperjuangkan sesuatu, janganlah kamu mengesampingkan hubungan dengan orang-orang tersayang. Hal tersebut biasanya terjadi karena kamu lebih ingin menikmati kesendirian ketika rasa lelah itu menyelimuti diri.

Jangan sampai komunikasimu dengannya menjadi hancur gara-gara hal tersebut. Percayalah bahwa dia pasti akan senang jika mendengarkan segala keluh kesahmu saat ini. Cobalah untuk lebih terbuka kepadanya agar hubunganmu tetap baik-baik saja.

Baca Juga: Bukannya Motivasi, 10 Meme Kata Bijak Ini Malah Tambah Masalah Hidup

Verified Writer

Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya