TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sering Mager Mendadak? Mungkin Kamu Terhambat Mental Barrier!

Jangan malas-malasan

Pexels

Kamu sudah bertekad dan merencanakan hal-hal produktif untuk menjadi diri yang lebih baik, namun ternyata usaha-mu sia-sia karena entah mengapa tiba-tiba menjadi malas bergerak alias mager dan tidak ada motivasi? Kalau iya, kemungkinan besar kamu terhambat oleh yang namanya mental barrier atau hambatan mental.

Melepaskan diri dari hambatan mental ini tidak selalu mudah jika belum terbiasa keluar dari zona nyaman. Nah, berikut lima langkah menghilangkannya dan menjadi lebih produktif!

1. Jangan hanya rencanakan, tapi tanam di pikiran bahwa kamu telah menjadi pribadi yang lebih baik!

Photo by bruce mars from Pexels

Pejamkan matamu selama lima menit. Bayangkan versi potensi kamu yang terbaik hingga kamu benar-benar "mengenali" bahwa itu adalah kamu. Selalu percaya pada intuisi dan niat baik kamu untuk menjadi yang lebih baik.

2. Tulis kembali tiga tujuan atau resolusi yang ingin kamu capai!

Unsplash/BENCE BOROS

Ambil secarik kertas, lalu tuliskan semua tujuan atau resolusi yang ada di benak Anda. Lalu, dari semua tujuan, coret hingga tersisa tiga tujuan yang paling penting yang ingin Anda raih. Ingat, kemampuan fokus manusia terbatas, jadi fokus pada sedikit tujuan terlebih dahulu.

Baca Juga: 9 Godaan di Pagi Hari yang Bikin Mager, Lawan Mulai dari Sekarang!

3. Lakukan hal yang menantang keberanianmu

Photo by Guy Kawasaki from Pexels

Takut ketinggian? Coba pergi naik gedung tinggi. Takut air? Coba latihan berselancar. Intinya, tubuh kita juga perlu adrenalin. Dengan kadar adrenalin yang cukup, kita bisa merasa cuku PD terhadap diri kita dan menembus hambatan mental.

4. Masuk komunitas produktif

Photo by rawpixel.com from Pexels

Jadikan lingkunganmu positif dan produktif! Masuk komunitas minat bakat atau profesi yang dapat mendorong kamu untuk lebih bersemangat. Ingat, pikiran bawah sadar kamu banyak dipengaruhi lingkungan, terutama apa yang kamu lihat.

Baca Juga: 7 Tips Menjadi Pribadi Produktif dan Efektif, Simpel Banget!

Writer

Terry Djony

Founder at Chatbiz.id. Instagram: @terrydjony Engineering Physics ITB Undergraduate

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya