TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bikin Skripsi Lewat HP, Ini 5 Tips Pintarnya!

Pandemik bukan alasan untuk tunda skripsi lho!

engadget.com

Proses pengerjaan skripsi biasanya menjadi ‘ujian’ tersendiri bagi para mahasiswa tingkat akhir. Rasanya, setiap langkahmu untuk meraih toga jadi susah banget akibat adanya banyak halangan. Mulai dari bingung mau ambil judul apa, banyaknya revisi dari dosen pembimbing, sampai rasa malas melanda setiap membuka laptop. Padahal kalau buka HP kok rasanya nggak bisa lepas ya?

Kalau begini caranya sih, kenapa nggak kamu kerjakan skripsi lewat HP saja? Bisa kok!

1. Buat dan susun folder skripsi dengan rapi di drive HP

IDN Times/Panji Galih

HP kamu jangan dibuat menyimpan foto-foto gebetan saja dong. Daripada percuma, mending kamu simpan dan susun rapi folder skripsi di drive HP kamu. Mulai dari data, jurnal ilmiah sebagai referensi sampai bagian-bagian penting seperti kata pengantar, pendahuluan dan lain-lain. Kamu juga bisa menyimpan dokumentasi foto-foto untuk pelengkap skripsimu di HP. Kali saat buka galeri HP, jadi teringat skripsi. Terus jadi pengen lanjut ngerjain skripsi, ya ‘kan? 

2. Merekam suara jika kamu melakukan interview dengan narasumber

IDN Times/Panji Galih

Skripsi kamu mengharuskan kamu mewawancara narasumber? Tenang, nggak usah pusing bawa perekam suara. Kamu bisa banget menggunakan HP sebagai alat perekam suara. Merekam interview sekarang nggak seribet dulu kok. Buat kamu yang sering kesulitan mencatat sambil merekam suara, sekarang nggak usah khawatir karena ada Samsung Galaxy Note20 dan Note20 Ultra. 

Jadi fitur note terbaru dari Samsung ini memungkinkan kamu untuk mencatat dengan S Pen sambil tetap merekam suara. Jadi, buat yang kesulitan untuk mengingat hasil wawancara, fitur terbaru dari Samsung Galaxy Note20 dan Note20 Ultra ini bakal membantu banget deh.

3. Gunakan notes untuk mencatat setiap hal penting

9to5google.com

Lagi santai, tiba-tiba ingin menulis sesuatu yang penting berhubungan dengan tulisan skripsimu? Daripada nyari-nyari kertas, keburu ‘bayangan’ itu menghilang, mending langsung tulis aja di notes HP. Apalagi kalau HP kamu punya S pen yang bikin ‘corat-coret’ makin asyik. Seperti fitur yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Note20 dan Note20 Ultra.

Di HP flagship terbaru besutan Samsung ini, ada fitur S Pen yang memudahkan kamu dalam mencatat hal-hal penting. Nggak cuma itu, nggak usah takut tulisan tanganmu nggak terbaca karena dengan fitur notes ini, tulisan tanganmu bisa ‘disulap’ menjadi text yang jelas. Mantap ‘kan?

4. Andalkan fitur konversi ke PDF

9to5google.com

Lagi nggak di rumah, tiba-tiba dosen menghubungi dan minta data kamu dikirim dalam bentuk PDF? Pasti bakal panik dong kalau nggak buru-buru dilakukan. Kamu juga nggak usah panik, karena di Samsung Galaxy Note20 dan Note20 Ultra ada fitur yang bisa membantu kamu mengubah notes menjadi format PDF. Pastinya bisa kamu convert langsung di HP, nggak perlu dari laptop lagi. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya