TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Ampuh Menunjukkan Kepedulian Terhadap Teman, Jangan Berkonflik!

#IDNTimesLife Teman adalah orang terdekat setelah keluarga

ilustrasi berteman (Pexels/ELEVATE)

Berteman adalah salah satu tugas manusia sebagai makhluk sosial. Saling membutuhkan orang lain di luar keluarga tentu menjadi sesuatu yang sangat lumrah terjadi. Namun, faktanya hubungan pertemanan tidak selalu berjalan mulus. Kadang kala banyak konflik yang mungkin terjadi.

Meski begitu, selalu ada cara untuk menunjukkan kepedulian sehingga hubungan dengan teman tetap terjaga secara utuh. Kamu dapat lakukan beberapa cara berikut ini agar hubungan dengan teman berjalan baik.

1. Mempersiapkan telinga untuk keluh kesahnya

ilustrasi teman-teman sedang tertawa (Pexels/Elle Hughes)

Setiap manusia pasti memiliki waktu di mana ia merasa perlu didengarkan ceritanya, termasuk juga dirimu. Jika kamu dijadikan tempat untuk berkeluh kesah, maka kamu dapat menempatkan dirimu sesuai posisi tersebut. Jadikan dirimu sebagai orang yang dapat mendengarkan ceritanya karena meski sederhana, namun terasa sangat bermakna bagi dirinya.

2. Saling mengunjungi pada beberapa kesempatan

ilustrasi orang mengobrol (Pexels/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Cara lainnya untuk menunjukkan dukungan adalah dengan saling mengunjungi satu sama lain bila memiliki kesempatan. Beberapa contohnya adalah ketika ada acara ulang tahun atau salah satu sedang sakit. Hal tersebut sebagai bentuk dukungan yang nyata dalam menunjukkan kepedulian.

Baca Juga: 5 Tindakan Teman yang Tak Perlu Kamu Setujui, Bukan Nggak Sohib!

3. Memberikan kritik dan saran yang membangun

ilustrasi orang mengobrol (Pexels/Keira Burton)

Setiap orang pasti memiliki kesalahan dan hal tersebut menjadi sesuatu yang sangat wajar. Bantulah dalam memperbaiki kesalahan tersebut melalui kritik dan saran yang membangun.

Melalui cara tersebut, kamu sudah dapat membantu temanmu melalui kepedulian yang kamu tunjukkan. Tentunya hal ini sangat berdampak baik untuk hubunganmu nantinya.

4. Imbangi kritik dengan pujian

ilustrasi mengobrol (Pexels/Jorge Alvarez Lecaros)

Meskipun kamu rajin memberikan kritik kepada teman, tetap imbangi dengan memberikan pujian. Tak perlu memberikan pujian yang hiperbola, cukup berikan pujian yang sederhana dan tetap bermakna untuknya. Lewat cara tersebut, maka ia akan merasa dihargai keberadaan dan usahanya.

Baca Juga: 5 Alasan Teman-Teman Malas Mengajakmu Nongkrong Bareng Lagi

Verified Writer

Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya