TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jangan Salah, 5 Hobi Menyenangkan Ini Bermanfaat Bisa Menghasilkan Lho

Mana nih yang jadi hobi kamu?

Pexels/Pixabay

Setiap orang pasti memiliki hobi berbeda-beda dan hobi tersebut akan selalu menjadi sesuatu yang menyenangkan untuk dilakukan di waktu senggang.

Hal itulah yang membuat banyak orang senang untuk melakukan hal yang termasuk hobi mereka. Melalui hobi tersebut ada beberapa yang memang menguntungkan, tetapi ada beberapa juga yang memberikan dampak kurang baik.

Berikut adalah beberapa contoh hobi menyenangkan yang juga bisa menghasilkan uang.

1. Menulis

Pexels/rawpixel.com

Bagi kalian yang memiliki hobi menulis, kalian pasti cukup familiar dengan berbagai sastra tulis dari mulai puisi, cerpen, bahkan novel. Menjadi penulis tentu terlihat cukup menyenangkan sekaligus mampu memberikan keuntungan yang menjanjikan karena dapat bermanfaat secara finansial seperti contohnya menjadi penulis freelance, blogger, hingga menghasilkan sebuah karya.

Baca Juga: Gak Sebatas Hobi, Ini 5 Peluang Bisnis Fotografi

2. Menggambar

Pexels/rawpixel.com

Bagi kamu yang memiliki kemampuan melukis ataupun menggambar sesuatu yang indah, kamu dapat menggunakan bakat dan hobimu ini sebagai ladang mencari rezeki seperti dengan menjadi ilustrator atau graphic designer.

3. Bermusik

Pexels/Arun Thomas

Kamu hobi bermain alat musik atau pintar menciptakan lagu? Tekuni saja hobi tersebut. Siapa tahu kamu bisa jadi musisi terkenal.

4. Hobi kuliner

Pexels/Malcolm Garret

Kata siapa hobi kuliner hanya menghasilkan lemak? Di era digital masa kini yang sudah mengenal istilah vlog, tentu kita sering menemukan banyak orang yang menggunakan aplikasi YouTube sebagai lahan untuk mencari keuntungan melalui konten-konten menarik seperti halnya dalam bidang kuliner.

Baca Juga: Hobi Gambar? 6 Pekerjaan Ini Mungkin Cocok Buat Kamu

Verified Writer

Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya