TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tanpa Sadar, Ini 5 Tanda Kalau Kamu Orang yang 'Berhati Sempit'

Kurang-kurangin kalau bisa, jangan diterusin!

kstarlive.com

Pernah nggak tanpa sadar kamu membenci kesuksesan temanmu ketika dia lebih sukses dari kamu? 'Ah, kenapa dia yang dapat itu semua?' atau 'Ah, gara-gara dia nih!', kalau kalimat-kalimat itu sempat terucap atas kecewamu terhadap apa yang terjadi, hati-hati, bisa jadi kamu salah satu orang yang berhati sempit, kurangin yah!

1. Menyalahkan orang lain jika yang terjadi tidak sesuai yang kamu inginkan

kstarlive.com

Ini merupakan ciri yang mungkin paling sering kamu alami. Secara tidak sadar, kamu mencari kambing hitam atas masalah yang terjadi. Bukannya introspeksi diri, bisa jadi malah temanmu yang kamu kambing hitamkan. Kamu juga memaksakan keadaan, padahal dunia tidak berputar hanya untukmu.

2. Bukannya sibuk berkarya, malah sibuk mencibir karya orang lain

kstarlive.com

Nah, kamu pernah melakukan hal ini? Kalau iya, kamu termasuk yang berhati sempit nih. Bukannya kamu membuat karya sendiri, malah mencibir karya orang lain. Sementara kamu sibuk mencibir mereka, mereka sibuk berkarya dan semakin maju.

Baca Juga: Kami Tahu Apakah Kamu dan Temanmu Sedang Menjalani Hubungan Toxic atau Gak!

3. Ketika kamu badmood, semua orang kena akibatnya

kstarlive.com

Hal kecil yang merusak suasana. Kamu yang badmood, orang lain yang kena getahnya. Orang lain yang berbuat salah padamu, orang lainnya lagi yang kena marahmu. Selain suasana jadi nggak enak, tidak adil bagi orang yang nggak bersalah dan nggak tahu apa-apa kan? Selain itu, orang lain jadi merasa dituntut untuk memahami perasaanmu saja. Kurangin yah!

4. Sulit memaafkan orang lain dan menyimpan dendam

kstarlive.com

Sebenarnya dendam itu menyakiti dirimu sendiri lho, sementara orang yang kamu dendamin itu malah nggak merasa apa-apa bahkan nggak merasa bersalah sama sekali. Sedangkan setiap hari hati dan pikiranmu tersakiti. Lebih baik maafkan dan lupakan dia yang menyakiti hatimu, nanti juga ada balasannya.

Baca Juga: Sering Disepelekan, 7 Tanda Ini Justru Jadi Indikasi Hubungan Toxic

Verified Writer

Kim

An INTJ-A

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya