TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

IMS 2020: Darbotz, Seniman Mural Misterius yang Mendunia

Karya-karyanya banyak terinspirasi dari kehidupan Jakarta

thedarbotz.com

Darbotz, seorang seniman mural asal Jakarta yang mengawali kariernya pada tahun 2004 sudah memiliki portofolio yang tersebar di mana-mana. Dari mulai jalanan, gedung, hingga desain baju dan sepatu, sudah pernah menjadi lahannya berkarya.

Sebagai salah satu sosok inspiratif yang punya sederet prestasi, Darbotz menjadi salah satu pembicara dalam sesi “The Art of Making Art” di acara Indonesia Millennial Summit 2020 by IDN Media. Tepatnya, di panggung “Talent Trifecta” by IDN Times, pada hari Jumat, 17 Januari 2020 di Gedung Tribrata, Jakarta.

1. Mural pertamanya digambar pada 23 tahun lalu

indoartnow.com/darbotz

Karya muralnya dimulai dari tahun 1997, saat itu Darbotz sering menggambar tulisan nama gengnya di sekitar Jakarta. Dari mulai dinding, mobil bus, hingga area musuh sekolahnya, tidak luput dari guratan tangannya.

Ketertarikannya pada dunia seni, mulai serius ketika di tahun 2004. Ia mulai mengirim commisioned artwork. Setelahnya, karyanya berkembang terus hingga Darbotz bisa menggelar beberapa exhibition, menjadi juri di berbagai kompetisi desain, dan berkolaborasi dengan berbagai brand ternama.

2. Walau sering disamperin polisi atau satpol PP, Darbotz gak pernah takut

twitter.com/darbotz

Darbotz beberapa kali mengalami kejadian gak enak di mana ia dihampiri oleh polisi dan satpol PP ketika sedang menggambar di tembok. Ia menganggap hal itu menjadi sesuatu yang biasa saja karena selama ia bisa meyakinkan alasannya menggambar di tembok dengan jelas dan gak bertujuan merusak, maka mereka pasti gak akan keberatan kok.

Baca Juga: IMS 2020: James Hadisurjo Buat Bridges Eyewear karena Suka Kreativitas

3. Ingin dikenal karena karyanya aja

twitter.com/darbotz

Kalau kamu mencari nama Darbotz di search engine, besar kemungkinan informasi dan foto yang kamu temukan hanya seputar karyanya saja. Bukan tanpa alasan, Darbotz berusaha menyembunyikan kehidupan personalnya.

Ini karena baginya yang terpenting adalah karyanya dikenal oleh semua orang. Pria kelahiran Jakarta ini selalu menutupi wajahnya dengan tangan.

Bahkan saat diwawancara oleh pers, ia pun menutupi wajahnya. Begitu juga, ketika kamu mampir ke laman pribadi media sosialnya, kamu pasti gak bakal nemu Darbotz selfie di depan karya muralnya.

4. Signature style-nya adalah monster

instagram.com/darbotz

Monster ball adalah karya signature dari Darbotz. Ia mengaku pernah beberapa kali menggambar karakter lain, tapi tetap yang paling menonjol adalah karakternya yang satu itu.

Darbotz juga biasanya menggambar dengan palet warna hitam dan putih saja karena menurutnya, Jakarta sudah terlalu ramai oleh berbagai warna setiap harinya.

Dia gak mau memborbardir pemandangan ibukota dengan sentuhan warna yang ramai lagi. Karena itu, biar seimbang, dia memilih menggambar dengan warna hitam dan putih.

Baca Juga: IMS 2020: Samuel Tabuni, Mencerdaskan Papua dengan Pelatihan Bahasa 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya