TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Membangun Kebiasaan Baik Itu Sebenarnya Cuma Sesederhana Ini Lho!

Kamu pasti bisa!

Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Membangun kebiasaan bisa dua macam: baik atau buruk. Biasanya, kebiasaan terbangun dari rasa nyaman. Kalau misalnya kamu terbiasa tidur tengah malam dan bangun siang hari, itu karena kamu nyaman. Meski begitu, apakah menurutmu itu baik? Kalau misalnya kamu jadi sering terlambat kerja, sudah tentu itu jadi kebiasaan buruk buatmu. Jadi bagaimana caranya mengubah jadi kebiasaan baik?

1. Fokus dengan tujuan yang ingin kamu raih

unsplash.com/Matese Fields

Sebelum melakukan kebiasaan baik, kamu harus tahu dulu apa tujuanmu. Apakah kamu ingin hidup lebih sehat atau kamu ingin lebih dekat dengan Tuhan. Jadikan itu acuan dan motivasi agar kebiasaan baik itu tidak terputus. Pikirkan bahwa kamu akan bahagia saat memiliki kebiasaan baik itu.

2. Komitmen untuk terus berusaha

Photo by Kinga Cichewicz on Unsplash

Berjanjilah kalau kamu tidak akan menyerah dan akan terus berusaha. Kebiasaan baik diharapkan tidak punya akhir alias akan kamu pelihara terus-menerus.

3. Sugesti diri sendiri dengan mengatakan "aku bisa!"

Photo by Philipp Mandler on Unsplash

Pikirkanlah bahwa kamu bisa melakukannya. Pikirkanlah bahwa ini mudah. Semua usaha selalu berawal dari niat baru kemudian dilakukan.

Baca juga: Kebiasaan Ini Bisa Merusak Otakmu tapi Mengobatinya Gampang

4. Lakukan sekarang juga!

unsplash.com/Jenny Hill

Menunda selalu jadi alasan untuk kamu tidak mulai membangun kebiasaan baik. Jika kamu terus melakukannya, kebiasaan itu gak akan kamu mulai lakukan. Karena itu, lakukan dari sekarang!

5. Lakukan dengan konsisten setiap hari

unsplash.com/Estee Janssens

Hal penting untuk membangun kebiasaan baik adalah dengan melakukannya terus-menerus. Pertama-tama, atur jangka waktu untuk melakukannya, misalnya 30 hari tanpa terputus. Sebagai contoh, kamu ingin membangun kebiasaan berolahraga setiap hari, untuk itu kamu perlu melakukannya terus-menerus. Meskipun dalam durasi yang singkat.

6. Pelan-pelan saja, semua usaha itu butuh waktu

Photo by Avi Richards on Unsplash

Memulai suatu kebiasaan gak harus langsung signifikan. Bisa saja kamu lakukan pelan-pelan, asal tercapai setiap harinya.

7. Bergaul dengan orang atau komunitas yang tepat

unsplash.com/Blake Lisk

Sosial selalu berpengaruh terhadap sikap, perilaku, dan kepercayaanmu. Untuk itu bergabunglah dengan orang atau komunitas yang ingin membangun kebiasaan baik bersama. Misalnya kamu ingin punya kebiasaan menulis setiap hari. Untuk itu, bergabunglah dengan komunitas menulis. Pengaruh sosial secara gak langsung akan memotivasimu untuk terus melakukan kebiasaan.

8. Cari dukungan orang-orang terdekat untuk mengingatkan

unsplash.com/Cole Hutson

Akan ada masa kamu merasa bosan atau lelah. Kamu gak harus selalu memotivasi dirimu sendiri untuk bergerak. Kamu bisa meminta dukungan, motivasi, dan pengingat dari orang terdekatmu.

Baca juga: 8 Kebiasaan Ini Sering Dianggap Orang Baik Padahal Bahaya Lho

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya