TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jaga Imunitas, 8 Pelajaran Berharga yang Didapat dari Rutin Olahraga

Gak cuma sehat, lho!

Ilustrasi menghadapi orang (Pexels.com/Victor Freitas)

Olahraga memang bertujuan agar badan kita tetap sehat dan bugar. Namun, tahukah kamu, olahraga gak sekadar untuk kesehatan fisik lho. Ada juga inspirasi berharga yang akan kamu petik dari olahraga. Berikut di antaranya.

1. Olahraga mengajarkanmu tentang arti fokus dan memberikan yang terbaik

brandcraftmedia.com

Saat berolahraga, tentunya kamu akan meninggalkan barang-barangmu, seperti ponsel, buku, dan benda-benda yang mengurangi konsentrasimu saat berolahraga. Olahraga akan membuatmu fokus untuk melakukan yang terbaik.

2. Olahraga juga mengurangi stres dan membuatmu lebih rileks lho

Psychologies.co.uk

Olahraga memang membuatmu capek. Meski begitu, setelahnya kamu akan merasakan rileks. Selain itu, tingkat stresmu pun akan berkurang. Itu sebabnya setelah olahraga pikiranmu akan lebih segar. Kamu pun bisa belajar dan beraktivitas dengan lebih baik.

3. Olahraga mengajarkan untuk respek terhadap dirimu sendiri

t-nation.com

Olahraga teratur secara gak langsung akan membuatmu terus-menerus memerhatikan tubuhmu sendiri. Kamu sadar bahwa tanpa olahraga, tubuhmu akan mudah lelah dan sakit. Dari sanalah akan muncul respek dan kepercayaan diri.

Baca Juga: Jangan Kerja Aja! 4 Olahraga Praktis Ini Cocok saat Work from Home!

4. Olahraga membuatmu jadi orang yang penyabar

wfts.org

Olahraga itu gak mudah karena perlu dilakukan secara rutin. Belum lagi kalau kamu punya target diet dan menginginkan bentuk tubuh idaman. Dari sanalah ujian kesabaranmu dimulai. Bisa dilihat dari seberapa rutin dan sabar kamu menjalaninya.

5. Kamu akan belajar untuk menerima dirimu sendiri

wikimedia.org

Banyak olahraga yang bisa dilakukan, seperti lari, berenang, badminton, dan sepak bola. Kalau kamu menekuni salah satu di antaranya, kamu akan tahu sejauh mana batasanmu. Pastinya, ada batas yang ingin kamu lampaui. Kalau rajin, kamu pasti bisa melampauinya. Dari sanalah akan muncul kesadaran untuk menerima dirimu apa adanya.

6. Olahraga membuat konsentrasimu meningkat

sheknows.com

Olahraga membuat jiwa dan ragamu kuat. Belum lagi tingkat konsentrasimu akan meningkat. Semua itu pasti berguna agar aktivitasmu lebih produktif.

7. Makin tekun berolahraga, kamu akan makin jadi pribadi yang bijaksana

leancalories.com

Saat kekuatan, kesabaran, dan konsentrasimu diuji, kamu akan jadi pribadi yang lebih dewasa. Semakin dewasa kamu, semakin bijaksana kepribadianmu.

Baca Juga: Lakukan 2 Jenis Olahraga Ini di Rumah Saat Pandemi Virus Corona

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya