TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sains Buktikan: Ternyata Gak Cuma Cewek yang Alami PMS, Cowok Juga Lho!

Coba perhatikan lagi dengan seksama sikap cowoknya setiap bulannya

pexels.com

Sudah jadi rahasia umum kalau cewek dianggap 'labil' saat PMS. Maklum, saat PMS, hormon dalam tubuh cewek sedang gak stabil. Bawaannya pengen makan, pengen tidur melulu, bahkan yang umum terjadi dan dialami banyak cewek adalah jadi sensitif dan doyan marah-marah.

Ternyata hal ini gak cuma dialami cewek lho. Para cowok juga punya masa-masa "PMS" atau masa labil lho.

Baca Juga: 13 Tingkah Aneh Bin Ajaib Ketika Cewek Lagi PMS

"PMS" bagi para cowok biasanya dinamakan IMS. Hal ini terjadi karena hormon testosteron.

pixabay.com

Yale Varnando, seorang pakar, menjelaskan bahwa cowok mengalami sindrom menyerupai PMS yang disebut IMS atau Irritable Male Syndrome. Cowok yang IMS sesungguhnya sedang mengalami pergolakan hormon testosteron dalam tubuh, yaitu hormon yang mengatur libido, ketahanan energi dan karakteristik seks sekunder. Termasuk juga mengatur perasaannya.

IMS bisa terjadi kapanpun lho. Pokoknya kalau level testosteronnya meningkat di pagi hari dan semakin menurun di siang, apalagi malam hari, cowok-cowok akan berubah jadi malas-malasan dan uring-uringan. Ups!

Kok bisa sih cowok mengalami IMS?

pexels.com

Ada banyak faktor penyebab cowok mengalami IMS. Mulai dari stres hingga diet yang sedang dijalani, semuanya berpengaruh pada level testosteron cowok. Lucunya, IMS yang dialami cowok ini sesungguhnya punya efek yang sama dengan cewek lho.

Perasaan yang sensitif, lelah luar biasa bahkan nafsu makan yang besar. Mirip banget 'kan sama sindrom PMS yang dialami cewek? Mungkin bedanya adalah mereka gak mengalami dilepen atau nyeri haid seperti yang dirasakan para cewek.

Baca Juga: Hati-hati! Jangan Pernah Mengatakan 16 Hal Ini ke Cewek yang Sedang PMS!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya