Comscore Tracker

5 Cara Menyikapi Masalah Ini Membuktikan Bahwa Kamu Sudah Dewasa

#IDNTimesLife Tidak lagi mengedepankan emosi, salut!

Kedewasaan seseorang tidak hanya dilihat dari usianya saja. Tetapi juga bagaimana cara dia menyikapi suatu masalah. Tentu ada perbedaan yang cukup menonjol antara orang yang berpikiran dewasa dan mereka yang masih kekanak-kanakan, dalam menghadapi persoalan hidup. Nah, kalau kamu termasuk yang mana, nih? 

Berikut lima cara menyikapi sebuah masalah yang mampu membuktikan, bahwa kamu sudah cukup dewasa. Penasaran apa saja cara yang dimaksud? Keep reading dan bandingkan dengan dirimu sendiri, ya! 

1. Percaya bahwa setiap masalah pasti ada solusinya

5 Cara Menyikapi Masalah Ini Membuktikan Bahwa Kamu Sudah DewasaIlustrasi orang menemukan ide (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pengalaman hidup dengan banyak masalah yang sempat datang bertubi-tubi membuatmu akhirnya percaya. Bahwa tiap persoalan itu pasti ada jalan keluarnya. Tinggal bagaimana kamu berusaha mencari solusi. Meratapi nasib, gak akan mengubah apa-apa.

Makanya, tiap kali berhadapan dengan masalah, kamu selalu berupaya mencari jalan penyelesaiannya. Meskipun masalah itu terbilang sepele, tetap akan kamu selesaikan secepat mungkin. Biar tidak berlarut-larut. 

2. Tetap tenang dan tidak terbawa emosi

5 Cara Menyikapi Masalah Ini Membuktikan Bahwa Kamu Sudah DewasaIlustrasi orang bekerjasama (pexels.com/mentatdgt)

Jika sewaktu masih remaja dulu kamu selalu mengedepankan otot daripada otak, sekarang gak sama lagi, dong. Mau seberat apa pun masalahnya, kamu mampu menghadapinya dengan tenang dan tidak terbawa emosi.

Bukannya menyepelekan, hanya saja kamu sadar dengan berpikir jernih dan hati yang tenang, solusi bisa mudah ditemukan. Kalau semua masalah dihadapi dengan emosi, bukannya kelar malah semakin runyam. 

3. Tidak suka melibatkan dan merepotkan orang lain selama bisa diatasi sendiri

5 Cara Menyikapi Masalah Ini Membuktikan Bahwa Kamu Sudah DewasaIlustrasi orang sedang bekerja (pexels.com/Vlada Karpovich)

Orang yang telah tumbuh dewasa dan matang secara pemikiran, gak akan lagi gemar merepotkan orang lain bila ada masalah. Sekalipun itu keluarganya sendiri, ya. Malu, dong sudah usia kepala tiga, kok gak bisa mengurus dirinya sendiri, sih.

Makanya, tiap kali mendapatkan masalah, kamu lebih memilih memendamnya sembari mencari solusi. Baru setelah masalah tersebut rampung, kamu akan menceritakannya ke keluarga dan teman-teman dekatmu. Salut!

Baca Juga: [QUIZ] Pilihan Tempat Tinggal Bisa Menggambarkan Sifat Aslimu, lho!

4. Alih-alih mencari kambing hitam, kamu lebih suka introspeksi diri

5 Cara Menyikapi Masalah Ini Membuktikan Bahwa Kamu Sudah DewasaIlustrasi orang berdiskusi (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Ciri orang yang kekanak-kanakan adalah suka melimpahkan kesalahan pada orang lain. Karena takut atas konsekuensi yang harus ditanggung. Mungkin dulu kamu sempat bersikap demikian, tapi sekarang gak lagi, dong.

Daripada mencari kambing hitam supaya lolos dari masalah, kamu lebih suka introspeksi diri. Jika memang kesalahan ada padamu, ya harus mengaku dan minta maaf. Setelah itu baru menunjukkan tanggung jawab sebagaimana mestinya. 

5. Mengambil hikmah dari setiap masalah yang terjadi serta lebih berhati-hati biar gak terulang lagi

5 Cara Menyikapi Masalah Ini Membuktikan Bahwa Kamu Sudah DewasaIlustrasi orang merenung (pexels.com/Alan Retratos)

Sebagai orang yang dewasa secara pemikiran, kamu selalu bisa memetik hikmah dari setiap masalah yang dihadapi. Sehingga ke depannya harus berhati-hati lagi. Jangan sampai kesalahan yang sama terulang dan membuatmu jatuh di lubang yang sama.

Beda dengan orang yang masih kekanak-kanakan. Bukannya kapok dan menghindari masalah serupa, eh malah kembali terjun ke jurang yang sama untuk kesekian kalinya. Ketagihan, kok sama masalah, sih? 

Setiap orang pasti akan bertambah tua, tapi belum tentu jadi dewasa. Tergantung dari niat dan usahanya masing-masing untuk menaikkan standar diri. Dimulai dengan mencoba bersikap bijaksana serta dewasa dalam menghadapi masalah.

Jadi, apakah kamu termasuk salah satu orang yang sudah dewasa itu? Semoga saja jawabannya adalah iya, ya! 

Baca Juga: 5 Sifat Ini Buktikan Kamu Sosok Perempuan Dewasa dan Bijak

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya