Comscore Tracker

9 Kosakata Indah dalam Lagu Asmalibrasi, Bermakna Pol!

Menambah pengetahuan mengenai kosakata bahasa Indonesia

Kalian tentunya tidak asing dengan lagu berjudul Asmalibrasi yang dinyanyikan oleh Soegi Bornean. Lagu yang dirilis pada tahun 2019 ini viral di media sosial, terutama TikTok.

Lalu, apa yang membuat lagu tersebut viral, ya? Selain enak didengar, pemilihan kosakata indah dalam lagu Asmalibrasi membuat liriknya makin syahdu ketika didengar. Penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang unik 'dijahit' sedemikian rupa menjadi indah serta bermakna dalam. 

Ada beberapa kosakata indah dalam lagu Asmalibrasi yang jarang terdengar di cakap sehari-hari dan memiliki makna indah. Simak, yuk!

1. Laras

9 Kosakata Indah dalam Lagu Asmalibrasi, Bermakna Pol!Ilustrasi pasangan serasi (unsplash.com/Anastasia Sklyar)

Kata laras dalam lirik lagu Asmaralibrasi berbunyi"laras rasa nihil ragu". Arti laras dalam KBBI sendiri berarti kesesuaian atau kesamaan.

Jadi, bait lirik tersebut dapat diartikan sebagai menyesuaikan rasa yang tidak ada keraguan untuk menjalaninya. 

2. Taksu

9 Kosakata Indah dalam Lagu Asmalibrasi, Bermakna Pol!Ilustrasi kekuatan cinta (unsplash.com/Mayur Gala)

Kata taksu masih jarang terdengar dalam bahasa sehari-hari karena jarang digunakan. Dalam KBBI, taksu diartikan sebagai kekuatan gaib memberi kecerdasan, keindahan, mukjizat, dan sebagainya. 

Lirik yang mengandung kata taksu yaitu "bias kita jadi taksu gairah kalbu mendayu". Memang jika diartikan per kata akan sulit dimaknai. Menurut kalian arti dari lirik tersebut bagaimana?

3. Kalbu

9 Kosakata Indah dalam Lagu Asmalibrasi, Bermakna Pol!Ilustrasi hati (unsplash.com/Fadi Xd)

Masih dalam lirik yang sama dengan taksu, kalbu sendiri merupakan kata yang sudah tidak asing di telinga masyarakat.

Bagi yang masih belum tahu makna kalbu, kata ini diartikan dalam KBBI sebagai pangkal perasaan batin, hati yang suci, atau diartikan juga sebagai hati. 

4. Diramu

9 Kosakata Indah dalam Lagu Asmalibrasi, Bermakna Pol!Ilustrasi pasangan bahagia (unsplash.com/Josh Hild)

Diramu berada dalam lirik singkat "sabda diramu". Kata ini diambil dari kata ramu yang diartikan sebagai kumpul, urun, atau menjadikan satu.

"Sabda diramu" sendiri dapat diartikan sebagai kalimat atau janji yang dijadikan satu atau disusun menjadi kalimat yang indah.

5. Kidung

9 Kosakata Indah dalam Lagu Asmalibrasi, Bermakna Pol!Ilustrasi pernikahan (Instagram.com/Josue Michel)

Kalian pastinya ingat dengan lirik "nyanyikan ku kidung setia". Bait lirik tersebut memang memiliki makna yang romantis dan indah. Apalagi untuk para pasangan yang siap untuk ke jenjang yang lebih serius.

Sebenarnya apa arti kidung? Mungkin kata ini tidak asing lagi di telinga, yaitu diartikan sebagai nyanyian atau lagu. Jadi, dapat disimpulkan sendiri, bukan, arti dari bait tersebut?

6. Binar

9 Kosakata Indah dalam Lagu Asmalibrasi, Bermakna Pol!Ilustrasi pasangan (unsplash.com/Manuel Meurisse)

Binar dalam KBBI memiliki arti yang singkat, yaitu sinar. Jika dalam lirik Asmaralibrasi yang berbunyi "kini saatnya merangkai binar asmara", dapat diartikan sebagai sudah mulai saatnya untuk membuat asmara yang semakin bersinar atau semakin merekah.

7. Mahligai

9 Kosakata Indah dalam Lagu Asmalibrasi, Bermakna Pol!Ilustrasi pasangan di rumah (unsplash.com/sarandy westfall)

"Berdansa dalam bahtera mahligai rasa" merupakan salah satu bait lirik yang dirasakan keindahannya oleh para pendengar.

Namun, apa arti dari mahligai, ya? Dalam KBBI, mahligai artinya tempat kediaman raja atau putra-putri raja dalam istana. 

Baca Juga: 10 Kosakata Bahasa Indonesia Indah dan Unik tapi Jarang Digunakan 

8. Bahtera

9 Kosakata Indah dalam Lagu Asmalibrasi, Bermakna Pol!Ilustrasi pasangan (unsplash.com/Eryka-Ragna)

Masih dalam bait lirik yang sama dengan mahligai, ada satu kata yang indah juga dalam bait tersebut, yaitu bahtera yang memiliki arti perahu atau kapal.

Lalu apa arti sebenarnya dari "berdansa dalam bahtera mahligai rasa"? Kemungkinan besar arti singkatnya adalah bersuka cita dalam perjalanan asmara.

9. Renjana

9 Kosakata Indah dalam Lagu Asmalibrasi, Bermakna Pol!Ilustrasi pasangan menari (unsplash.com/mimi lalaa)

Kata terakhir yang dirasa indah dalam lagu Asmaralibrasi adalah renjana. Renjana artinya rasa hati yang kuat, entah rasa rindu, cinta, kasih, berahi, dan sebagainya.

Bait "mengukir ruang renjana selamanya" dapat diartikan sebagai membuat ruang yang penuh kasih selamanya. Indah banget artinya!

Soegi Bornean berhasil membuat sebuah lagu yang puitis dan memiliki makna yang sangat dalam. Tidak heran jika banyak orang yang menggandrungi dan menyanyikan lagu bertema cinta ini.

Selain kosata indah dalam lagu Asmalibrasi di atas, apakah ada diksi lainnya dalam lagu tersebut yang menurutmu tak kalah indahnya dan bermakna?

Baca Juga: 10 Kosakata Bahasa Indonesia dalam KBBI yang Identik dengan HUT RI 

Annisah Nurrahmatillah Photo Verified Writer Annisah Nurrahmatillah

Mau bikin tulisan sampe banyak banget.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya