Comscore Tracker

6 Langkah Terpenting untuk Memiliki Kepribadian yang Lebih Baik

Lakukanlah satu per satu

Kebanyakan orang sukses telah sadar bahwa mereka akan memperoleh sesuatu yang terbaik dalam hidup ketika mereka secara jujur bisa melihat siapa mereka dan di mana mereka sekarang, kemudian membuat perubahan dari sana. Dengan kata lain, kita bisa mengubah diri kita menjadi sesuatu yang baru, yang tentunya lebih baik.

Memang mudah mengatakannya dan perlu usaha, tapi bukan berarti gak mungkin dilakukan. Sebagai permulaannya, inilah 6 langkah terpenting yang perlu kamu lakukan untuk memastikan perkembangan kepribadianmu mengarah ke sesuatu yang jauh lebh baik!

1. Rekam jejak perjuanganmu menuju kepribadian yang kamu mau.

6 Langkah Terpenting untuk Memiliki Kepribadian yang Lebih Baikgradehacks.com

Untuk mendapatkan apa yang kamu mau, kamu haru tahu betul seperti apa hasil yang kamu mau. Kamu gak akan sampai ke sana kalau kamu gak tahu benar apa yang kamu inginkan. Duduk dengan tenang dan buat daftar semua masalah dan kekurangan yang sedang kamu hadapi.

Buatlah juga daftar alasan kenapa kamu ingin masalah-masalah tersebut terselesaikan. Tambahkan juga apa yang akan kamu dapatkan ketika tiap masalah tersebut telah diselesaikan. Ini akan memotivasimu setiap kali kamu tergoda untuk kembali ke kebiasaan lamamu yang mampu menghambatmu.

2. Lakukan langkah-langkah kecil.

6 Langkah Terpenting untuk Memiliki Kepribadian yang Lebih Baikforbes.com

Perubahan adalah proses yang bertahap dan perubahan besar tentunya dibuat dengan melakukan langkah-langkah kecil setiap hari dalam kurun waktu yang panjang. Transformasi kepribadian membutuhkan waktu dan gak linier. Kadang kamu melangkah 3 kali ke depan dan harus mundur 2 kali ke belakang. Di lain waktu, kamu akan melompat sangat jauh ke depan hanya dalam 2 hari.

Persiapkan dirimu untuk hal ini. Jangan menyerah hanya karena perubahan gak terjadi dengan cepat atau bahkan terasa seakan gak ada perubahan sama sekali. Percayalah jika kamu terus melakukannya, perubahan pasti ada.

3. Jangan berhenti untuk belajar dari orang lain.

6 Langkah Terpenting untuk Memiliki Kepribadian yang Lebih Baikalvexo.com

Perubahan selalu melibatkan belajar hal-hal baru, tapi kamu bisa mengambil jalan pintas untuk itu. Daripada mulai dari lembar kosong, kamu bisa belajar dari pengalaman atau kesalahan orang lain yang pernah mengambil jalan yang sama denganmu. Menurut penelitian, itu akan mengefisiensikan waktumu sapai 2 kali lipat.

Cari tahu semua pengalaman pribadi, tips, trik dan latar belakang orang-orang yang telah berhasil menjadi pribadi yang sangat baik. Hindari kesalahan yang mereka lakukan dan tiru kebiasaan yang membuat mereka mendapatkan tujuan mereka. Pada akhirnya kamu akan sadar bahwa tujuan besarmu bukan hanya mungkin dicapai, tapi juga mungkin dicapai olehmu.

Baca juga: 7 Tanda Orang Plin-plan yang Gak Punya Pendirian. Jangan Sampai Itu Kamu!

4. Jadilah "hasil" yang kamu harapkan.

6 Langkah Terpenting untuk Memiliki Kepribadian yang Lebih Baikinc.com

Ada sebuah pemahaman klise yang beredar yaitu "berpura-puralah menjadi seperti yang kamu harapkan, sampai kamu mencapainya." Ternyata pernyataan tersebut dilakukan oleh kebanyakan orang yang telah sukses. Ketika kamu bertindak seperti hasil pribadi yang kamu harapkan, lebih besar kemungkinan itu akan jadi kenyataan.

Otakmu gak bisa membedakan apa yang sedang kamu visualisasikan dengan apa yang benar-benar terjadi di dunia nyata. Penelitian yang dilakukan oleh Harvard University menunjukkan bahwa orang yang membayangkan berlatih piano setiap hari, ternyata mampu memperkuat otot-otot jari mereka.

Buat identitas priadimu seakan telah menjadi pribadi yang kamu harapkan, maka tindakanmu akan mencerminkan seseorang yang telah memiliki kepribadian luar biasa itu. Jalan menuju harapanmu itu akan lebih terbuka lebar.

5. Bersedialah untuk merasa gak nyaman selama berjuang.

6 Langkah Terpenting untuk Memiliki Kepribadian yang Lebih Baikkeywordsuggest.org

Perubahan itu akan terasa gak nyaman. Sadarilah fakta itu, terimalah dan nikmati prosesnya. Orang akan cenderung tenggelam dalam stabilitas dan kenyamanan. Namun perubahan pribadi memerlukanmu untuk melangkah ke lingkungan baru, bertemu orang-orang baru dan melakukan hal yang gak biasa kamu lakukan. Itu memang menakutkan, tapi itu wajar.

Secara psikologis, rasa takut dan bersemangat hampir serupa. Jantungmu berdegub kencang, kamu akan berkeringat atau bahkan menangis. Ketika kamu mulai merasa takut, berpikirlah bahwa itu perasaan semangat. Nikmati rasanya dan lakukan apa yang harus kamu lakukan. Jangan biarkan rasa itu menghentikanmu.

6. Jadilah penyemangat utama untuk dirimu sendiri.

6 Langkah Terpenting untuk Memiliki Kepribadian yang Lebih Baikbodyhacks.com

Ketika kamu melakukan perubahan, sekelilingmu akan bereaksi. Beberapa akan mendukungmu dan beberapa lainnya akan berusaha mencegahmu, atau bahkan menolakmu. Bangunlah kekuatan dirimu sendiri dan sadari bahwa kamu gak butuh izin dari siapapun untuk berubah menjadi lebih baik.

Jika mereka membantu perubahan baikmu, itu adalah hadiah. Namun jika gak, kamu sudah tahu betul apa yang kamu lakukan dan kenapa kamu melakukannya. Kamu paling butuh dirimu sendiri untuk menjadi penyemangat utamamu.

6 Langkah Terpenting untuk Memiliki Kepribadian yang Lebih Baikhuffingtonpost.com

Kebanyakan penemu dan pemimpin hebat dalam sejarah akan dipermalukan serta ditentang saat mereka membuat perubahan hebat. Ketika kamu ingin menjadi pribadi yang lebih baik, kamu harus siap dengan hal yang sama. Itu hanya salah satu tanda bahwa kamu telah berada di jalan yang benar.

Baca juga: Hanya Kamu yang Bahagia Tahu 7 Rahasia Ini

Topic:

Berita Terkini Lainnya