Comscore Tracker

5 Cara Sederhana untuk Mengendalikan Sifat Ambisius dalam Diri

Hati-hati jadi bumerang bagi diri sendiri!

Bersemangat untuk mengejar sesuatu dan mewujudkan impian tentu adalah hal yang baik untuk siapa pun. Bukan suatu kesalahan juga jika kamu jadi sangat berambisi untuk meraih kesuksesan dalam bidang apa pun yang tengah kamu geluti saat ini. Namun, terlalu berambisi dan kemudian jadi lupa segalanya inilah yang wajib kamu waspadai.

Lalu bagaimana agar ambisi yang kamu miliki gak menjadi jebakan dan terlalu berlebihan? lima cara di bawah ini bisa kamu terapkan nih.

1. Menyadari bahwa kamu selama ini memiliki ambisi dalam diri

5 Cara Sederhana untuk Mengendalikan Sifat Ambisius dalam Diriunsplash/Jonas Kakaroto

Jika ingin bisa mengontrol ambisi yang kamu punya, hal pertama yang menjadi dasar utama adalah dengan menyadari bahwa kamu memiliki ambisi tersebut. Kamu harus banget mengakui bahwa dirimu cukup berambisi ketika menginginkan sesuatu. Dengan kesadaran inilah kamu bisa mengendalikan ambisi yang kamu punya. 

2. Memfokuskan ambisi tersebut untuk tujuan yang mulia

5 Cara Sederhana untuk Mengendalikan Sifat Ambisius dalam Diriunsplash/Square

Jika kamu sudah mengakui keberadaan ambisi dalam diri dan sadar betul bahwa ambisi yang berlebihan hanya akan menjadi jebakan bagi dirimu sendiri, maka hal selanjutnya yang wajib kamu lakukan adalah dengan memperbaiki niat. Niat yang kamu punya perlu kamu arahkan untuk kebaikan bagi dirimu sendiri dan orang lain.

Misal, ketika kamu ingin menjadi seorang pengusaha sukses, maka kamu harus detail dalam menjabarkan untuk tujuan apa kesuksesanmu itu nantinya digunakan. Apakah untuk keperluan orang tua, keluarga, anak yatim, dan lain sebagainya. 

Baca Juga: 5 Fakta tentang NASA yang Harus Kamu Tahu, Awal Berdiri karena Ambisi

3. Menyadari bahwa apapun yang berlebihan itu gak baik

5 Cara Sederhana untuk Mengendalikan Sifat Ambisius dalam Diriunsplash/Sharon McCutcheon

Selanjutnya, kamu juga perlu menyadari bahwa gak ada hal yang terlalu berlebihan itu yang akan menjadi baik. Pasti akan ada aja kekurangan yang dirasakan ketika terlalu berlebihan dalam sesuatu, termasuk dalam hal ambisi. Ingat, menjaga ambisi mu tetap stabil juga membuat kesuksesan yang kamu raih nantinya mampu membuat kamu bahagia.

4. Fokus pada ambisi yang ada, namun tetap membiarkan diri untuk rehat sesekali

5 Cara Sederhana untuk Mengendalikan Sifat Ambisius dalam Diriunsplash/kevin laminto

Banyak orang yang membiarkan dirinya terlena dan dikendalikan oleh ambisi yang ada, bukan malah sebaliknya. Padahal, ambisi harus mampu kita kontrol agar gak menjadi bumerang dalam hidup. Berikan waktu bagi dirimu untuk sesekali beristirahat dan benar-benar gak memikirkan ambisi yang kamu miliki.

5. Memperkaya wawasan mengenai ambisi ini dan terus terbuka pada pendapat orang lain

5 Cara Sederhana untuk Mengendalikan Sifat Ambisius dalam Diriunsplash/Icons8 Team

Kita gak akan tau banyak jika gak mau belajar. Maka, pelajarilah perkara ambisi ini dengan lebih teliti. Selalu terbuka pada saran dan pendapat orang terdekat mengenai kesibukanmu juga menjadi kunci utama agar ambisi yang kamu miliki gak membuat kamu kewalahan dan jadi melupakan segalanya.

Ambisi dan keinginan untuk berhasil meraih impian bisa menjadi racun yang berbahaya jika gak mampu dikendalikan dengan baik. Berlebihan dalam memiliki ambisi hanya akan membuat kamu gak bahagia bahkan ketika ambisi tersebut berhasil kamu wujudkan. Gak mau kan merasakan hal ini?

Baca Juga: Tidak Selamanya Baik, Ini 5 Tanda Kamu Sudah Dibutakan Oleh Ambisi

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya