Comscore Tracker

Bikin Bangga! Ini 5 Tanda Kamu Sudah Matang Secara Finansial

Gak selalu masalah jumlah

Bisa dibilang, mengatur keuangan sama sulitnya seperti mencari uang. Lihat saja, berapa banyak orang yang memiliki masalah keuangan meskipun memiliki penghasilan yang besar.

Baiklah, setiap orang memang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, sehingga pengeluaran tiap orang tidak bisa diukur dengan standar yang sama. Walaupun begitu, kita wajib memiliki sikap dewasa dalam mengelola finansial. Dengan begitu, kamu bisa merencanakan keuangan yang baik dan tidak perlu dipusingkan dengan urusan finansial.

Lantas, bagaimana cara mengetahui apakah selama ini kamu sudah matang secara finansial? Yuk, simak tanda-tanda orang yang sudah matang secara finansial berikut ini.

1. Kamu adalah penabung yang andal

Bikin Bangga! Ini 5 Tanda Kamu Sudah Matang Secara Finansialunsplash.com/Micheile Henderson

Senang menabung adalah salah satu kebiasaan utama untuk menjadi stabil secara finansial. Jika sudah sejak lama kamu membiasakan dirimu sendiri untuk menabung, lama kelamaan kamu akan memiliki jiwa menabung dan menjadi ahli dalam urusan menabung.

Jika saat ini kamu dapat menabung dengan atau tanpa tujuan tertentu dan tanpa pernah merasa terpaksa, artinya kamu sudah matang secara finansial.

2. Tidak menjadikan belanja sebagai pelampiasan saat sedang merasa stres

Bikin Bangga! Ini 5 Tanda Kamu Sudah Matang Secara Finansialpexels.com/mentatdgt

Banyak orang yang menggunakan berbelanja sebagai terapi untuk meredakan stres atau mengembalikan suasana hati yang buruk. Tapi sayangnya, kebiasaan ini tidaklah baik untuk finansial, bahkan berpotensi menimbulkan masalah yang baru lagi.

Apabila kamu mampu menghindar dari kebiasaan semacam ini dan mampu menemukan aktivitas lain untuk mengatasi suasana hati yang buruk, kamu boleh bangga terhadap kemampuanmu memanajemen keuangan secara sehat.

Untuk kamu yang ingin berhenti menjadikan aktivitas berbelanja sebagai media untuk mengalihkan stres, kamu bisa mulai secara perlahan-lahan: buat daftar barang-barang yang benar-benar kamu butuhkan, jika suatu saat kamu merasa sedih dan ingin berbelanja, pastikan kamu hanya membeli barang yang ada dalam daftar belanja.

3. Kamu peduli akan hari tua

Bikin Bangga! Ini 5 Tanda Kamu Sudah Matang Secara Finansialpexels.com/pixabay

Mengumpulkan uang untuk membeli smartphone terbaru atau upgrade kendaraan memang terasa menyenangkan. Tapi bagi kamu yang sudah matang secara finansial, kamu sadar bahwa keputusan hari ini akan memengaruhi kehidupan di masa depan, sehingga kamu sangat berhati-hati dan menggunakan uang dengan cerdas.

Jadi, alih-alih mengumpulkan uang untuk membeli barang yang sifatnya tersier, orang yang matang secara finansial lebih memilih untuk menginvestasikan uangnya; mengumpulkannya untuk membuka bisnis; dan mempersiapkan masa pensiun.

Baca Juga: Buang 5 Mindset Buruk Ini agar Kamu Bisa Merdeka Secara Finansial

4. Kamu tidak menghabiskan uang lebih dari yang kamu hasilkan

Bikin Bangga! Ini 5 Tanda Kamu Sudah Matang Secara Finansialpexels.com/pixabay

Tentu kita semua memiliki daftar barang-barang yang ingin kita beli, rumah yang bagus, kendaraan, dan hiburan. Tapi, keinginan untuk membeli barang melebihi jumlah uang yang kita hasilkan tiap bulannya dapat merusak keuangan.

Tapi bagi kamu, kamu tidak ingin saldo rekening menjadi kosong akibat cicilan dan kebiasaan berbelanja yang kompulsif. Jadi, kamu selalu melihat kondisi keuanganmu sebelum memenuhi keinginanmu. Kalaupun kamu memiliki rencana untuk menambah cicilan, kamu punya strategi yang jelas tentang bagaimana mengembalikannya.

5. Kamu bisa tidur nyenyak setiap malam

Bikin Bangga! Ini 5 Tanda Kamu Sudah Matang Secara Finansialpexels.com/Ketut Subiyanto

Masalah yang berkaitan dengan keuangan kerap kali membuat kita banyak pikiran dan sulit tidur, misalnya masalah utang; tagihan; dan sebagainya. Bagi kamu yang tidak dipusingkan dengan masalah tersebut, kamu cenderung bisa tidur dengan nyenyak dan damai.

Ini adalah keuntungan non-finansial yang diperoleh dari orang-orang yang matang secara finansial karena posisi keuangan yang kuat. Kalaupun kamu memiliki kekhawatiran soal keuangan, kekhawatiran itu tidak signifikan, dan kamu selalu dapat mencari solusi yang masuk akal.

Kematangan finansial tidak selalu diukur dari jumlah uang yang kamu hasilkan atau apa saja yang mampu kamu beli. Melainkan, bagaimana cara kamu merencanakan keuangan. Nah, bila kamu memiliki hal-hal pada poin di atas, selamat! Karena kamu sudah matang secara finansial.

Baca Juga: 5 Sebab Wajib Mandiri Finansial Sebelum Menikah, Jangan Terburu-buru! 

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya