Comscore Tracker

5 Kebiasaan yang Bikin Wawasanmu Bertambah dan Semakin Luas

Orang pintar yang selalu ingin belajar

Perkembangan zaman yang semakin maju dan pesat, membuatmu bisa mendapatkan berbagai informasi dari mana saja dengan cepat. Kemajuan tersebut tentu sangat bermanfaat dan membantu kehidupanmu, baik dalam berkarier maupun yang lainnya. Bahkan, kamu bisa belajar banyak hal secara mandiri, untuk menambah wawasanmu.

Dengan fasilitas dan kemudahan yang ada, maka kamu bisa semakin memperluas wawasan lagi. Namun, tetaplah menyaring dengan teliti berbagai informasi yang kamu dapatkan. Sehingga, wawasan yang kamu miliki, dapat memberikan dampak positif bagi diri sendiri dan orang lain.

Orang yang berwawasan luas adalah dia yang memiliki pengetahuan tentang banyak hal. Berwawasan luas menjadikanmu orang pintar yang selalu ingin belajar. Apabila selama ini kamu merasa masih kurang dalam memiliki wawasan. Berikut ada lima kebiasaan yang akan menambah wawasanmu! dan menjadi semakin luas.

1. Mulai membiasakan diri untuk membaca setiap harinya 

5 Kebiasaan yang Bikin Wawasanmu Bertambah dan Semakin Luasilustrasi membaca (pexels.com/Armin Rimoldi)

Apabila kamu sangat sibuk dengan pekerjaan dan aktivitas lainnya, maka cobalah meluangkan waktu sekitar 20 menit saja setiap harinya, untuk kamu gunakan membaca. Membaca buku, artikel, atau informasi lainnya yang positif dan bermanfaat terbukti ampuh mampu menambah wawasan dan pengetahuan seseorang, lho.

Yuk, mulai menerapkan kebiasaan membaca. Buatlah jadwal rutin untuk kamu gunakan membaca. Pilih waktu yang tepat untuk kamu gunakan membaca. Misalnya, sore hari atau malam menjelang tidur di saat pikiran kamu sudah mulai merasa tenang. Dengan begitu, informasi yang kamu terima dari kebiasaan membaca tersebut, dapat terserap dengan baik. Membaca merupakan kegiatan yang bisa membuatmu mengetahui berbagai hal dalam hidup ini. Jadi, berusahalah meluangkan waktu untuk membaca, ya.

2. Tanamkan dalam diri agar kamu menjadi orang yang selalu ingin tahu  

5 Kebiasaan yang Bikin Wawasanmu Bertambah dan Semakin Luasilustrasi bertanya (pexels.com/Yan Krukov)

Orang yang berwawasan luas adalah orang yang memiliki pengetahuan dalam berbagai hal. Itu artinya, kamu harus selalu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap segala sesuatu yang ada dalam hidup ini. Oleh karena itu, menanamkan dalam diri untuk selalu ingin tahu tentang berbagai hal, itu sangat perlu dilakukan.

Rasa ingin tahu yang tinggi akan membuat kamu selalu ingin berusaha mencari tahu dan belajar tentang berbagai hal. Dengan begitu, kamu pun menjadi bisa mengeksplorasi apa saja yang kamu inginkan dan butuhkan untuk menambah wawasan, agar menjadi semakin bertambah dan luas. Jangan malu bertanya kepada siapa saja untuk mendapatkan informasi yang kamu inginkan. Namun, ingatlah untuk tetap menjaga etika saat kamu bertanya, ya.

Baca Juga: Menambah Wawasan, 5 Manfaat Baca Buku Parenting meskipun Belum Menikah

3. Berani keluar dari zona nyaman 

5 Kebiasaan yang Bikin Wawasanmu Bertambah dan Semakin Luasilustrasi keluar dari zona nyaman (pexels.com/cottonbro)

Ingin memiliki wawasan yang luas? Beranikan dirimu untuk keluar dari zona nyaman. Keluar dari zona nyaman itu gak mudah, maka bangunlah kebiasaan ini, agar kamu gak merasa berat dan terbebani saat melakukannya. Menambah dan memperluas wawasan, berarti kamu harus banyak belajar dan berani mencoba sesuatu yang baru.

Jadi, mulailah memberanikan diri untuk keluar dari zona nyamanmu selama ini. Misalnya, kamu menyukai membaca buku bergenre fiksi, cobalah mulai membaca buku-buku nonfiksi juga, untuk memperluas wawasanmu lagi. Atau mungkin, selama ini kamu lebih menyukai kegiatan yang dilakukan seorang diri, maka mulailah mencoba untuk bergabung bersama teman-teman dan berkegiatan bersama.

4. Jangan pernah ragu untuk mempelajari hal-hal yang sifatnya dasar 

5 Kebiasaan yang Bikin Wawasanmu Bertambah dan Semakin Luasilustrasi etika dan sopan santun dalam berbicara (pexels.com/RODNAE Productions)

Ingin menambah dan memperluas wawasan, itu gak hanya melulu belajar tentang hal-hal yang besar dan tampak luar biasa saja. Sebenarnya hal-hal yang luar biasa tersebut, berawal dari hal-hal yang mendasar terlebih dulu. Akan tetapi, segala hal yang sifatnya dasar, sering kali diabaikan oleh banyak orang.

Banyak orang beranggapan bahwa hal-hal yang mendasar itu kurang penting. Misalnya, keterampilan berbicara, etika dan sopan santun, serta yang lainnya. Padahal, dasar dari berbagai hal merupakan fondasi yang harus dibangun dengan baik dan kokoh untuk mendapatkan sesuatu yang luar biasa, termasuk salah satunya adalah wawasan.

5. Jangan malu untuk belajar dari orang lain 

5 Kebiasaan yang Bikin Wawasanmu Bertambah dan Semakin Luasilustrasi orang belajar (pexels.com/George Pak)

Menambah dan memperluas wawasan juga bisa kamu dapatkan dari kegiatan belajar bersama orang lain. Jadi, janganlah merasa malu untuk belajar dari orang-orang di sekitarmu. Saat kamu bertemu dengan siapa saja, maka persiapkan dirimu untuk menjadi sebuah wadah kosong yang siap diisi oleh wawasan baru dari mereka.

Untuk bisa belajar dari orang lain, kamu juga perlu menjalin hubungan sosial yang baik dengan siapa saja. Dengan begitu, proses belajarnya nanti akan berjalan baik. Ingatlah selalu bahwa untuk menambah dan memperluas wawasan dengan cara belajar lewat orang lain, maka kamu juga harus bisa menambah dan menjalin relasi. Ada banyak jenis karakter manusia di dunia ini, jika kamu mampu menjalin relasi baik dengan mereka, sudah sangat jelas ada banyak wawasan dan pengetahuan yang akan kamu dapatkan, bukan?

Itulah kelima kebiasaan yang perlu kamu bangun untuk menambah dan memperluas wawasan. Menjadi orang yang berwawasan luas, selain menjadikanmu sosok pintar, hal ini juga mampu meningkatkan kualitas dirimu dalam berbagai hal. Tips-tips di atas bisa membantumu menjadi orang yang berwawasan luas, dan selanjutnya dirimu sendirilah yang benar-benar bisa mewujudkannya. Apakah kamu ingin menambah dan memperluas wawasanmu setiap harinya?

Baca Juga: [QUIZ] Uji Wawasan Kamu dengan Tebak Bendera Negara di Dunia

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya