Comscore Tracker

Bijaksana, 5 Tanda Ini Buktikan Kamu Telah Bertumbuh  

Sering tidak disadari karena mengalir begitu saja 

Dewasa memang bukanlah perkara usia. Perubahan sifat yang tidak kamu sadari hingga tanggung jawab yang mulai beralih kepadamu menjadi salah satu bukti perubahan dalam hidupmu. Meski rasanya berat di awal, nyatanya kamu mampu melaluinya dan hingga sekarang bisa jadi orang yang lebih kuat.

Jika dulu masih mengedepankan "aku" dalam mengambil setiap keputusan, kini harus mempertimbangkan keluarga hingga pasangan. Patut diapresiasi, lima tanda berikut buktikan bahwa kamu telah bertumbuh.

1. Bangkit dan berani membangun mimpi yang baru  

Bijaksana, 5 Tanda Ini Buktikan Kamu Telah Bertumbuh  ilustrasi tersenyum bahagia (pexels.com/Alexsandro Calixto)

Kamu tentu memiliki mimpi besar yang ingin diwujudkan. Namun, perkara hasil memang tidak selalu sama dengan apa yang kamu rencanakan. Terkadang memang hal tersebut disebabkan oleh alasan yang tidak bisa dikendalikan. Tentu rasa kecewa pada diri sendiri hingga keadaan pernah kamu alami.

Namun, tanda jika kamu telah bertumbuh adalah ada pada kemampuanmu dalam membangun mimpi-mimpi lain untuk diraih. Bukan malah diam dan meratapi nasib, kamu memiliki keinginan untuk bangun dan merancang suksesmu kembali.

2. Tidak lagi memerdulikan penilaian orang untukmu 

Bijaksana, 5 Tanda Ini Buktikan Kamu Telah Bertumbuh  ilustrasi perempuan sendirian (unsplash.com/Etienne Boulanger)

Hal ini mungkin pernah dialami oleh semua orang. Mendapatkan komentar tentang hidupnya dari orang-orang terdekat yang tak jarang malah menjatuhkan. Mungkin dulu kamu masih sering memikirkannya hingga menjadi beban tersendiri dalam hidupmu. Namun, lama-kelamaan kamu akan menyadari bahwa hal itu akan buang-buang energi dan waktumu saja.

Sebab, tidak akan pernah ada habisnya jika menuruti dan meladeni kemauan orang lain. Bukti bahwa kamu semakin dewasa adalah dengan tetap menghargai mereka namun tanpa mengganggu hidupmu sendiri. Kamu lebih memilih feels good daripada looks good.

Baca Juga: 5 Tips Tetap Bertumbuh meski Minim Dukungan dari Keluarga

3. Selalu mencari alasan tentang semua hal yang terjadi 

Bijaksana, 5 Tanda Ini Buktikan Kamu Telah Bertumbuh  ilustrasi merenung (unsplash.com/@magnetme)

Lebih memahami makna hidup membuatmu semakin kritis dalam memberikan respons terkait apa yang terjadi denganmu. Kamu tak lagi mengabaikan apapun yang terjadi dalam hidup.

Hal ini bisa dilihat dari tingginya keingintahuanmu dalam semua hal. Kamu berusaha mengetahui setiap alasan dari apa yang kamu alami. Tak lain disebabkan karena kamu ingin menjadi pribadi yang lebih baik dan belajar dari kesalahan yang terjadi.

4. Circle pergaulanmu yang semakin mengecil 

Bijaksana, 5 Tanda Ini Buktikan Kamu Telah Bertumbuh  ilustrasi pertemanan (pexels.com/Cleyder Duque)

Semakin lama kamu merasa bahwa sedikit demi sedikit temanmu telah pergi. Namun kamu mengerti bahwa itu merupakan hal yang wajar. Bukan tanpa alasan, hal itu nyatanya terjadi karena masing-masing dari kalian sedang fokus untuk menata hidup.

Kamu dan temanmu pun menyadari bahwa sebenarnya tidak ada yang berubah, melainkan memang hal yang difokuskan saat ini telah berbeda. Mungkin, dulu sekedar nongkrong dan mengobrol ringan dengan teman adalah hal yang sering dilakukan. Namun, sekarang semua telah memiliki prioritasnya sendiri.

5. Kamu merasa seperti hidup kembali 

Bijaksana, 5 Tanda Ini Buktikan Kamu Telah Bertumbuh  ilustrasi semangat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Walaupun banyak hal dalam hidup yang rasanya seperti menjatuhkan, tapi ada saja yang membuatmu merasakan sebaliknya. Alasan lain yang membuat ini terjadi adalah karena kamu telah mengenali diri dengan baik dan bisa tahu apa yang kamu inginkan dalam hidup.

Passion menjadi salah satu jawaban yang membuatmu serasa hidup kembali. Semangatmu untuk mengejarnya memicu diri untuk terus ingin berkarya dan membuktikan bahwa kamu mampu melalui semuanya. Menjadi versi terbaik dari diri sendiri adalah salah satu prinsip yang selalu kamu pegang dengan teguh.

Semua orang tentu berharap agar bisa tumbuh menjadi lebih bijaksana. Sebab bukan hanya persoalan usia, jika kedewasaan tidak dimiliki tentu akan terasa percuma. Semakin siap dirimu maka akan semakin baik untuk menghadapi masa depan dengan tanggung jawab yang kian bertambah.

Baca Juga: 5 Kiat Jadi Pribadi yang Terus Bertumbuh, Semakin Maju! 

Daisy Photo Verified Writer Daisy

Sky doesn't explain itself high

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya