Comscore Tracker

Cara Redeem Point Community yang Praktis dan Efisien

Resume Community Talk Vol 23

Tulisan adalah sebuah karya yang sepatutnya dihargai sebagaimana karya seni seperti lukisan, fotografi, dan musik. Untuk itu, sebagai sebuah platform menulis bagi seluruh masyarakat Indonesia, IDN Times Community memberikan reward bagi setiap penulis melalui jumlah poin yang bisa dicairkan menjadi uang tunai.

Bagi kamu para Community Writer tentunya sering melihat jumlah poin yang berhasil dikumpulkan dari semua tulisan yang berhasil terbit di IDN Times Community. Namun, kalau masih bingung bagaimana cara mencairkan poin-poin tersebut menjadi uang tunai alias redeem point, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Masuk ke dashboard Community kemudian lengkapi data akun bank-mu

Cara Redeem Point Community yang Praktis dan Efisienidntimes.com
Cara Redeem Point Community yang Praktis dan Efisienidntimes.com

Sebelum melakukan redeem, kamu harus melengkapi data akun rekening bank untuk tujuan transfernya nanti. Nah, caranya kamu klik ikon orang di pojok kanan atas kemudian pilih menu 'Akun Bank'. Nanti layarmu akan menampilkan form data bank-mu.

Isi dengan lengkap semuanya. Tapi perhatikan hal-hal berikut:

  • Foto buku tabungan yang diunggah adalah foto halaman pertama yang mencantumkan nama, nomor rekening, dan KCP bank-mu. Jangan sampai kamu mengupload foto cover buku tabungannya ya!
  • Nama Pemilik Rekening harus sesuai dengan yang ada di buku tabungan
  • Nomor Rekening juga jangan sampai salah mengisi ya, pastikan berkali-kali kalau nomor yang diketik sudah sesuai dengan yang ada di buku tabungan
  • Nama Bank disesuaikan juga dengan bank dari buku tabunganmu. Kali ini penukaran uang bisa dilakukan ke semua bank di Indonesia lho!
  • Cabang adalah keterangan kota atau daerah tempat kamu membuka rekening tersebut

Kalau sudah lengkap dan benar semuanya, klik 'Save'.

Jika kamu sudah melengkapi data tersebut, ke depannya kamu bisa langsung melakukan proses redeem dengan klik tombol 'Redeem' pada dashboard aja.

2. Minimal jumlah poin yang bisa diredeem adalah 2500

Cara Redeem Point Community yang Praktis dan Efisienidntimes.com

Untuk bisa melakukan redeem poin tentu kamu sudah harus punya poin. Namun, ketentuannya jumlah poin yang bisa diredeem adalah mulai dari 2500 poin. Jumlah ini setara dengan Rp250.000,00.

Pada kolom 'Redeem' ada beberapa pilihan jumlahnya. Maka, kamu bebas mau me-redeem berapa poin. Mulai dari 2500 sampai 10.000 poin. Semakin banyak jumlah poin, tentu semakin banyak pula uang yang bisa kamu terima.

Nah, jumlah poin ini akan kamu peroleh berdasarkan hasil total views artikel-artikelmu yang sudah terbit di IDN Times Community. Perhitungannya adalah sebagai berikut:

  • 100 views = 1 poin
  • 500 poin = Rp50.000,00

3. Kalau semua data sudah diisi, kamu akan menerima email notifikasi dari IDN Times Community

Cara Redeem Point Community yang Praktis dan Efisienidntimes.com

Ya, setelah memilih jumlah poin yang diredeem kemudian klik 'Redeem Point'. Nah, kamu nanti akan mendapatkan email notifikasi dari Community. Di sana akan diberi tahu bahwa proses redeem-mu dalam status pending, lengkap dengan keterangan data yang kamu kirimkan.

Jangan lupa cek 'Syarat dan Ketentuan' redeem point yang ada di bagian bawah tombol Redeem.

Baca Juga: Mengenal Fitur Menulis Baru di IDN Times Community

4. Untuk ngecek status redeem, kamu bisa klik menu 'Redeem History'

Cara Redeem Point Community yang Praktis dan Efisienidntimes.com

Selain mendapatkan notifikasi melalui email dari IDN Times Community, kamu juga bisa mengecek status redeem-nya di menu 'Redeem History' pada dashboardmu. Di sana akan ditampilkan statusnya: menunggu persetujuan  atau telah berhasil.

  • Jika masih menunggu persetujuan artinya redeem poinmu masih pending dan dalam proses pengiriman
  • Jika statusnya telah berhasil berarti poinnya sudah cair menjadi uang dan sudah berhasil ditransfer ke rekeningmu

5. Nah, untuk proses transfernya akan dilakukan maksimal 5 hari kerja setelah kamu melakukan redeem

Cara Redeem Point Community yang Praktis dan EfisienPixabay/stevenpb

Perhitungan 5 hari kerja dimulai pada hari Senin sampai Jumat. Artinya, hari Sabtu dan Minggu proses transfer tidak dilakukan. Jadi, kalau kamu melakukan redeem pada hari Kamis, bukan berarti kamu menerima transferannya pada hari Selasa melainkan hari Rabu atau Kamis selanjutnya. Namun, bisa juga lho kalau kamu redeem hari ini, transferannya sudah kamu peroleh keesokan harinya. Yang jelas, prosesnya akan dilakukan maksimal 5 hari kerja.

6. Kalau sampai seminggu kamu belum menerima transfer uangnya, bisa kirimkan keluhanmu ke IDN Times Community

Cara Redeem Point Community yang Praktis dan Efisienidntimes.com

Barangkali ada di antara kamu yang pernah mengalami lamanya menerima transfer uang redeem poin. Bila menemukan kasus ini, segera laporkan keluhanmu dengan mengirimkan email ke IDN Times Community. Ini supaya tim dari IDN Times mengetahui masalah tersebut dan segera dicari solusinya. Jadi, kamu pun akan mendapatkan kejelasan mengenai keluhan tersebut.

Jangan sungkan-sungkan bertanya, ya. Tapi format emailnya juga harus jelas, lengkap, dan sopan. Contohnya seperti pada gambar di atas. Dalam email keluhan, sebutkan dengan jelas kasus yang kamu hadapi: kapan kamu mengajukan redeem poin? Berapa jumlah yang di-redeem? Sudah berapa lama setelah redeem kamu tidak menerima transferan uangnya? 

Kirim email ke community@idntimes.com. Tulis keluhannya dan sertakan screenshot dashboard yang menunjukkan bahwa status redeem poin sudah "Processed" dan sertakan bukti mutasi buku bank 1 bulan ke belakang. 

7. Kamu juga boleh melakukan redeem beberapa kali kok

Cara Redeem Point Community yang Praktis dan EfisienPexels/Breakingpic

Ya, dalam sehari kamu bisa melakukan redeem beberapa kali. Misalnya, hari ini kamu mengajukan redeem sebanyak 2500 poin dari jumlah total 6000 poin. Namun, kamu merasa perlu menambahnya lagi. Maka, kamu bisa mengajukan redeem yang kedua.

Tapi, alangkah lebih baiknya kamu melakukan redeem sekali saja tapi langsung banyak. Tentu ini juga akan memudahkanmu mengecek statusnya.

Nah, sudah cukup jelas ya bagaimana caranya redeem poin IDN Times Community? Rajin-rajinlah menulis supaya poinmu terus bertambah sehingga uang yang kamu terima juga semakin banyak.

Semangat menulis lagi!

Baca Juga: Lomba Nulis #PANJATPOIN IDN Times Community, Hadiah Total Rp 20 Juta!

IDN Times Community Photo Verified Writer IDN Times Community

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria
  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya