Comscore Tracker

5 Alasan Pentingnya Menyesuaikan Gaya Hidup dengan Kemampuan

Gaya hidup mewah belum tentu bahagia  

Gaya hidup mewah memang sering jadi dambaan banyak orang. Lagipula siapa, sih yang tidak ingin mengoleksi barang-barang branded atau bisa membeli apapun yang sedang menjadi trend saat ini? Jika ditawari dengan hal tersebut, pasti banyak orang yang menginginkannya. Memiliki gaya hidup mewah bisa menjadi kebanggaan tersendiri.

Sebenarnya memiliki gaya hidup mewah itu boleh-boleh saja, kok. Namun demikian, kamu juga harus ingat dengan kondisi kehidupan yang ada. Jangan sampai karena sekedar menuruti gengsi pada akhirnya memiliki gaya hidup jauh dari apa yang sebenarnya dimiliki. Berikut ini lima alasan mengapa harus menyesuaikan gaya hidup dengan kemampuan.

1. Demi menjaga kestabilan finansial

5 Alasan Pentingnya Menyesuaikan Gaya Hidup dengan Kemampuanilustrasi memegang uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Pasti kamu sudah sering mendengar jika kestabilan finansial adalah salah satu dari sekian aspek penting dalam hidup yang harus dijaga baik-baik. Pernyataan ini memang benar adanya. Kondisi keuangan yang berantakan bisa mempengaruhi banyak hal sehingga kamu akan kerepotan.

Salah satu kebiasaan yang bisa mempengaruhi kondisi finansial adalah terkait gaya hidup. Sebenarnya tidak ada yang salah ketika kamu mengadopsi gaya hidup mewah, asal sepadan dengan pendapatan yang kamu punya. Tapi bagaimana jika kondisi keuangan masih pas-pasan namun memiliki gaya hidup di luar batas kemampuan? Bisa dipastikan kamu akan terjebak dalam banyak masalah.

2. Terhindar dari utang

5 Alasan Pentingnya Menyesuaikan Gaya Hidup dengan Kemampuanilustrasi memegang uang (pexels.com/Cottonbro)

Berutang memang bisa jadi salah satu jalan keluar ketika keuangan kita sudah tidak sanggup lagi menutupi pengeluaran. Tapi ini dengan catatan bahwa hutang tersebut untuk mencukupi kebutuhan yang memang penting dan benar-benar mendesak. Lantas, bagaimana jika hutang itu hanya untuk menuruti gaya hidup gengsi?

Ini tentu menjadi salah satu alasan pentingnya menyesuaikan gaya hidup dengan kemampuan yang ada. Gaya hidup yang seimbang dengan kemampuan membuatmu terhindar dari pengeluaran Yang sebenarnya tidak perlu. Kamu tahu betul mana yang sekiranya penting dan mana yang sekiranya tidak terlalu penting sehingga tidak terjerat hutang. 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Wajib Punya Dana Darurat, agar Gak Terjerat Utang!

3. Gaya hidup mewah belum tentu bahagia

5 Alasan Pentingnya Menyesuaikan Gaya Hidup dengan Kemampuanilustrasi perempuan berendam (pexels.com/MART PRODUCTION)

Memiliki gaya hidup mewah memang terlihat menyenangkan. Selain bisa membeli apapun yang diinginkan, kamu juga akan menonjol dalam kehidupan masyarakat. Tapi sayangnya, hal ini sering menjadikan orang salah arah. Hanya karena memenuhi kehidupan mewah, pada akhirnya kamu mengorbankan hal lain yang jauh lebih penting.

Salah satu alasan mengapa harus menyesuaikan gaya hidup dengan kemampuan yaitu karena gaya hidup mewah belum tentu bahagia. Bisa jadi kebiasaan mengadopsi gaya hidup atas dasar menuruti gengsi hanya membuatmu merasakan kebahagiaan sesaat dan justru kesulitan di belakang.

4. Sederhana bukan berarti kamu tidak sukses

5 Alasan Pentingnya Menyesuaikan Gaya Hidup dengan Kemampuanilustrasi perempuan bertopi (pexels.com/Bethany Ferr)

Sejatinya kehidupan yang sederhana jauh lebih menyenangkan daripada sekedar menuruti gaya hidup dengan menonjolkan kemewahan. Namun demikian, sebagian orang tidak setuju dengan pernyataan tersebut. Bagi mereka gaya hidup merupakan cerminan kesuksesan yang telah diraih.

Padahal anggapan itu tidak sepenuhnya benar, lho. Mereka yang benar-benar sukses tidak akan menonjolkan dirinya apalagi sampai berlomba-lomba dalam mengadopsi gaya hidup mewah untuk menuruti gengsi. Bagaimana pun juga, gaya hidup yang hanya sekadar menuruti gengsi bisa menjebakmu ke dalam jeratan keborosan.

5. Gaya hidup yang sesuai kemampuan akan membuat hidupmu terasa lebih nyaman

5 Alasan Pentingnya Menyesuaikan Gaya Hidup dengan Kemampuanilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Membahas gaya hidup memang tidak ada habisnya. Hal ini tidak terlepas dari kebiasaan orang yang saling pamer satu sama lain. Hanya karena ingin menonjolkan diri dan jadi yang paling unggul, pada akhirnya banyak orang memiliki gaya hidup jauh di atas kemampuannya.

Padahal gaya hidup yang apa adanya itu jauh lebih nyaman dan menyenangkan, lho. Kamu bisa menikmati kebahagiaan hidup yang sebenarnya. Gaya hidup yang sesuai kemampuan membuatmu tidak harus kerepotan karena memikirkan tagihan akhir bulan atau ketika kebutuhanmu tidak tercukupi dikarenakan uang sudah tandas.

Gaya hidup mewah memang sering jadi dambaan banyak orang. Padahal gaya hidup mewah bukan berarti bahagia, lho, apalagi jika sampai melebihi batas kemampuanmu. Jika kamu sering mengadopsi gaya hidup di luar batas kemampuan, jangan lakukan lagi, ya! 

Baca Juga: 6 Mindset untuk Mengubah Gaya Hidup Jadi Lebih Sederhana dan Hemat

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya