Comscore Tracker

5 Hal yang Dirasakan Saat Berhasil Menyelesaikan Tanggung Jawab

Rasa bangga hingga bahagia akan menyergapmu

Setiap individu sudah pasti mengemban tanggung jawabnya masing-masing. Entah itu tanggung jawab terkait dunia kerja maupun tanggung jawab kehidupan pribadi. Keberadaan tanggung jawab tersebut sudah seharusnya dilaksanakan dengan sebaik mungkin.

Berhasil menyelesaikan tanggung jawab, tentu saja ini akan memberikan energi positif. Entah itu lebih bersemangat atau termotivasi menjadi yang lebih baik. Berikut ini merupakan lima hal yang akan dirasakan saat berhasil menyelesaikan suatu tanggung jawab.

1. Perasaan bangga 

5 Hal yang Dirasakan Saat Berhasil Menyelesaikan Tanggung Jawabilustrasi bekerja (pexels.com/RODNAE Productions)

Menyelesaikan suatu tanggung jawab memang tidak mudah. Jika kita berkaca di lingkungan sekitar, banyak fenomena di mana seseorang menghindar dari tanggung jawab. Ini dikarenakan tanggung jawab yang dipikulnya terasa sulit dan membebani.

Tahukah kamu? Salah satu hal yang akan dirasakan ketika berhasil menyelesaikan tanggung jawab dengan baik yaitu perasaan bangga. Kamu diliputi kebanggaan karena bisa melalui semuanya dengan baik. Dirimu bisanya menyelesaikan apa yang sudah dibebankan dengan optimal.

2. Lebih percaya diri 

5 Hal yang Dirasakan Saat Berhasil Menyelesaikan Tanggung Jawabilustrasi bekerja (pexels.com/Yan Krukov)

Pernahkah kamu melihat seseorang yang selalu percaya diri dalam segala situasi? Mereka tidak takut menghadapi masalah apapun. Dalam diri orang-orang yang dipenuhi kepercayaan diri, mereka yakin pasti bisa memecahkan semuanya.

Merasa lebih percaya diri pada kenyataannya merupakan salah satu hal yang akan dirasakan saat berhasil menyelesaikan tanggung jawab. Kamu merasa yakin bahwa di lain kesempatan juga pasti bisa melakukan yang terbaik.

Baca Juga: 5 Dampak Negatif jika Memelihara Kebiasaan Enggan Bertanggung Jawab

3. Lebih bersemangat 

5 Hal yang Dirasakan Saat Berhasil Menyelesaikan Tanggung Jawabilustrasi bekerja (pexels.com/Mikael Blomkvist)

Semangat dalam diri memang sangat diperlukan. Mereka yang bersemangat hari-harinya selalu penuh warna. Ada beragam kreasi dan ide-ide menarik yang muncul. Selain itu, sosok yang lebih bersemangat juga memiliki produktivitas yang lebih baik.

Lantas, apa kaitannya dengan menyelesaikan suatu tanggung jawab? Salah satu hal yang dirasakan ketika berhasil menyelesaikan tanggung jawab yaitu lebih bersemangat. Ini akab membawa dampak baik ke depannya. Termasuk dalam hal kinerja dan produktivitasmu. 

4. Termotivasi untuk menjadi lebih baik 

5 Hal yang Dirasakan Saat Berhasil Menyelesaikan Tanggung Jawabilustrasi bekerja (pexels.com/Edmond Dantes)

Menyelesaikan tanggung jawab yang dibebankan memang penuh risiko. Apalagi jika apa yang dibebankan sangat berat. Bahkan ada tipe orang yang saling lempar tanggung jawab hanya karena tidak mau bersusah payah.

Padahal berhasil menyelesaikan tanggung jawab dengan baik itu bisa memberikan energi positif, lho. Salah satunya kamu merasa termotivasi. Dalam dirimu tertanam prinsip pasti bisa melakukan yang terbaik sebagaimana sebelumnya.

5. Merasa puas dan bahagia 

5 Hal yang Dirasakan Saat Berhasil Menyelesaikan Tanggung Jawabilustrasi bekerja (pexels.com/Kampus Production)

Apakah kamu pernah merasa puas dan bahagia? Kepuasan dan kebahagiaan tentu adalah hal yang diinginkan oleh banyak orang. Tapi sayangnya, kepuasan dan kebahagiaan juga tidak datang begitu saja.

Kepuasan dan kebahagiaan rupanya juga menjadi perasaan yang muncul setelah seseorang berhasil menyelesaikan tanggung jawab. Kamu merasa lebih lega karena bisa menyelesaikan apa yang dibebankan dengan baik dan optimal.

Menyelesaikan tanggung jawab dengan baik ternyata juga bisa menghadirkan sejumlah perasaan positif. Yuk, sekarang tanyakan kembali pada dirimu, apakah sudah berhasil menyelesaikan tanggung jawab dengan baik?

Baca Juga: 5 Tips Menjadi Orang yang Lebih Bertanggung Jawab dari Sekarang

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya