Comscore Tracker

5 Hikmah Saat Kamu Diperlakukan Tak Adil, Ada Pelajaran Berharga!

Setiap perlakuan buruk pasti ada hikmahnya

Hidup ini tidak adil, kata sebuah ungkapan terkenal. Ya, kamu sendiri pasti telah menyadari hal itu dari pengalaman hidupmu. Ada berbagai ketidakadilan yang kita lihat di sekitar kita menimpa orang-orang gak bersalah. Kamu dan orang-orang yang kamu sayang pun pasti pernah mengalami perlakuan tidak adil.

Ketika kamu mengalami perlakuan tidak adil dari orang lain, wajar untuk merasa sedih, kecewa, dan bahkan marah. Tapi kamu bisa mengendalikannya dan tetap berpandangan positif meskipun diperlakukan tidak adil. Bagaimana caranya? Dengan mengingat 5 hikmah yang terkandung dari diperlakukan tidak adil berikut ini.

1. Kamu disadarkan bahwa bersikap adil itu gak mudah

5 Hikmah Saat Kamu Diperlakukan Tak Adil, Ada Pelajaran Berharga!freepik/freepik

Terkadang, perlakuan tidak adil yang kita alami itu terjadi tanpa disengaja. Misalnya kamu merasa bahwa orang tuamu memperlakukan kamu dan saudara-saudaramu secara tidak adil. Apakah orang tuamu sengaja bersikap tidak adil? Tentu saja tidak.

Orang yang baik pun bisa tanpa sengaja bersikap tidak adil. Kenapa? Karena bersikap adil itu memang tidak mudah. Maka jika kamu merasa dirimu orang yang adil, sebenarnya bisa saja kamu pernah bersikap tidak adil tanpa kamu sadari. Kamu pun jadi tergerak untuk memperbaiki diri lagi dan mencoba bersikap lebih adil pada siapapun.

2. Kamu terdorong untuk bersikap adil pada semua orang supaya mereka tidak mengalami nasib yang sama denganmu

5 Hikmah Saat Kamu Diperlakukan Tak Adil, Ada Pelajaran Berharga!freepik/pch.vector

Kamu juga akan terdorong bersikap lebih adil karena kamu sudah merasakan betapa gak enaknya diperlakukan tidak adil. Perlakuan gak adil itu menyakitkan, maka kamu pasti gak mau orang lain mengalami hal yang sama. Jika kamu gak pernah diperlakukan tidak adil, bisa jadi kamu malah akan bertindak seenaknya pada orang lain, dan itu bisa membuatmu dibenci banyak orang.

3. Kamu belajar berempati pada orang yang mengalami ketidakadilan

5 Hikmah Saat Kamu Diperlakukan Tak Adil, Ada Pelajaran Berharga!freepik/yanalya

Seperti disebutkan tadi, yang merasakan ketidakadilan di dunia ini pasti bukan hanya kamu. Semua orang pasti pernah mengalaminya, bahkan beberapa orang bisa dibilang sudah kenyang dengan ketidakadilan. Nah, dengan merasakan ketidakadilan, kamu bisa belajar berempati pada orang-orang seperti itu.

Orang-orang yang miskin secara materi, mereka yang fisiknya gak sempurna, atau mereka yang sering mendapat diskriminasi adalah contoh orang-orang yang mengalami banyak ketidakadilan. Ketika kamu mengalami ketidakadilan, kamu bisa paham perasaan mereka dan lebih tergerak untuk membantu.

Baca Juga: Ketika Kamu Merasa Hidup Ini Tak Adil, Ingatlah 5 Hal Ini!

4. Kamu belajar untuk tidak diam saja, tapi menuntut keadilan

5 Hikmah Saat Kamu Diperlakukan Tak Adil, Ada Pelajaran Berharga!freepik/freepik

Beberapa ketidakadilan yang kita alami dari orang lain sebenarnya gak perlu terjadi kalau orang tersebut bisa didesak untuk bersikap lebih adil. Tapi hal itu akan sulit terjadi kalau kamu hanya diam saja. Belajarlah untuk menuntut keadilan dari orang lain karena kamu memang berhak mendapatkannya.

Misalnya jika pemerintah membuat sebuah kebijakan yang tidak adil, kamu gak harus diam saja. Kamu bisa menuntut keadilan sesuai prosedur undang-undang yang berlaku. Pun begitu saat kamu diperlakukan tidak adil oleh orang lain, misalnya atasanmu. Belajarlah untuk gak pasrah saja, tapi tuntut keadilan yang jadi hakmu!

5. Kamu belajar untuk lebih tabah dan bersabar

5 Hikmah Saat Kamu Diperlakukan Tak Adil, Ada Pelajaran Berharga!pexels/Garon Piceli

Namun demikian, terkadang upaya kita untuk mendapatkan ketidakadilan memang gak selalu berhasil. Terkadang gak ada lagi yang bisa kita lakukan dan orang lain pun gak bisa membantu. Pada saat seperti itu, apakah tetap ada hikmah yang bisa dipetik? Ya, kamu belajar untuk tetap tabah dan bersabar menghadapinya.

Misalnya kamu dirugikan secara hukum oleh orang jahat, tapi orang tersebut keburu kabur dan tidak bisa dilacak keberadaannya. Tentu kamu ingin orang tersebut mendapat balasan atas perbuatannya, tapi pihak berwajib pun mungkin kesulitan membantumu.

Jika hal semacam itu terjadi, terus-terusan mengeluh dan menyimpan rasa kesal gak akan ada gunanya. Kamu malah bisa stres dan akhirnya rugi sendiri. Maka kamu perlu belajar bersabar dan tetap tabah. Kalau kamu bisa sabar dan tabah, pasti kamu pasti bisa merasa lega dan lebih bahagia.

Itulah 5 hikmah yang bisa kita dapatkan saat diperlakukan tidak adil oleh orang lain. Lain kali kamu mendapat perlakuan tidak adil dari orang lain, jangan biarkan itu merenggut sukacitamu. Lihatlah hikmah yang bisa kamu petik supaya kamu bisa tetap bahagia!

Baca Juga: Bukan Hidup Tak Adil, Ini 5 Hal yang Membuatmu Mudah Mengeluh

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya