Comscore Tracker

Ini Lho 5 Kutipan Hadis Tentang Keutamaan Menjenguk Orang Sakit

Biar mereka semangat juga!

Islam mengajarkan kepada pemeluknya tidak hanya cara beribadah kepada Allah. Islam juga mengajarkan agar peduli kepada sesama ciptaan Allah. Karenanya, banyak aktivitas sosial yang dianjurkan dalam Islam. Salah satunya adalah menjenguk orang sakit.

Menjenguk orang sakit ternyata banyak keutamaannya. Pula besar pahalanya. Berikut ini 5 kutipan hadis mengenai keutamaan menjenguk orang sakit yang akan membuatmu peduli pada orang lain.

1. Menjenguk orang sakit dapat menyadarkan diri bahwa kesehatan itu sangat berharga

Ini Lho 5 Kutipan Hadis Tentang Keutamaan Menjenguk Orang Sakitaleqt.com

“Jenguklah orang sakit dan iringilah janazah! (Hal itu) akan mengingatkan kalian pada akhirat.” (HR. Imam Baihaqi)

Selain karena kewajiban sesama ciptaan Allah, menjenguk orang sakit juga memiliki efek positif untuk orang yang menjenguk. Dia akan sadar betapa berharganya kesehatan. Ia juga akan sadar, hidup tidak selamanya. Pasti ada kematian yang akan merenggut segalanya. (Fayd al-Qadîr  4/482)

2. Menjenguk orang sakit berarti memetik buah-buah pahala

Ini Lho 5 Kutipan Hadis Tentang Keutamaan Menjenguk Orang Sakital-madina.com

“Sesungguhnya, jika seorang muslim menjenguk saudara muslimnya (yang sakit), dia terus berada dalam khurfah surga. Ada yang bertanya, “Apa itu khurfah surga?” Rasulullah menjawab, “Buah matangnya surga”.” (HR. Imam Muslim)

Wah, orang yang berangkat menjenguk orang sakit itu seperti sedang berjalan-jalan di kebun. Kebun itu memiliki banyak dengan buah-buahan yang sudah matang.

Orang yang berjalan di kebun itu tinggal memetik saja buahnya. Nah, orang yang menjenguk orang sakit sedang memetik pahala. Mau? Jadi, jangan ragu buat menjenguk teman yang sakit ya! (Mirqat al-Mafatih Syarh Misykah al-Mashabih, 5/251)

Baca Juga: 5 Kutipan Hadis Rasulullah yang Menguatkanmu Menghadapi Ujian Hidup

3. Orang yang menjenguk orang sakit akan mendapatkan doa agar hidup sentosa dunia akhirat

Ini Lho 5 Kutipan Hadis Tentang Keutamaan Menjenguk Orang Sakitkeef24.com

“Siapa saja yang menjenguk orang sakit atau mengunjungi saudara fillah-nya, maka ada yang memanggil, “Semoga engkau baik dan baik perjalananmu, serta engkau bersiap-siap surga sebagai tempat tinggal.” (HR. Imam Turmudzi)

Orang yang menjenguk orang sakit atau mengunjungi saudara seimannya, maka malaikat akan mendoakannya. Malaikat berdoa agar hidupnya baik dunia akhirat, agar perjalanan hidupnya dihiasi akhlak mulia, dan dijauhan dari perilaku tercela. Malaikat juga berdoa agar surga menjadi tempat tinggalnya. (Tuhfah al-Ahwadzî, 6/124)

4. Orang yang menjenguk orang sakit akan mendapatkan limpahan kasih sayang Allah

Ini Lho 5 Kutipan Hadis Tentang Keutamaan Menjenguk Orang Sakitmuhammad-pbuh.com

“Barangsiapa yang menjenguk orang sakit, maka dia memasuki rahmat sampai dia duduk. Ketika duduk, dia menyelam dalam rahmat itu.” (HR. Imam Hakim)

Maksudnya, orang yang bepergian untuk menjenguk orang sakit, maka dia sedang beribadah. Orang beribadah tentu mendapatkan anugerah dan kasih sayang dari Allah.

Ketika dia sampai di tempat orang yang sakit dan duduk, dia mendapatkan rahmat lebih banyak lagi. Seakan-akan dia menyelam dalam kasih sayang itu. (at-Taysîr Bi Syarh al-Jâmi’ as-Shaghîr, 1/831)

5. Orang yang mengjenguk orang sakit akan mendapatkan doa 70.000 malaikat

Ini Lho 5 Kutipan Hadis Tentang Keutamaan Menjenguk Orang Sakithasanews.com

“Tiada seorang muslim yang menjenguk orang muslim pada pagi hari kecuali berdoa untuknya 70 ribu malaikat sampai sore. Jika menjenguknya waktu sore, berdoa untuknya 70 ribu malaikat sampai pagi. Dia juga memiliki buah panenan di surga.” (HR. Imam Turmudzi)

Jadi gini sobat, orang yang menjenguk orang sakit itu akan menjadi kesayangan malaikat yang berjumlah 70 ribu! Mereka semua berdoa agar orang yang menjenguk diampuni dosanya. Dia juga memiliki kebun di surga. (Mirqat al-Mafatih, 5/273)

Itulah 5 kutipan hadis tentang keutamaan menjenguk orang sakit. Menurut Syaikh Abu Amer Yusuf dalam Kitab at-Tamhid-nya, 5 keutamaan di atas tetap akan diperoleh baik orang sakit yang dikunjungi itu orang saleh atau bukan, muslim atau nonmuslim. Semoga!

Baca Juga: Menyentuh, 9 Motivasi Ustaz Hanan Attaki Bagimu yang Ingin Berhijrah

Saifuddin Syadiri Photo Writer Saifuddin Syadiri

Pernah nyantri dan masih nyantri di pesantren kehidupan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya