Comscore Tracker

6 Crowdfunding Platform yang Membantumu Mudah Berbagi Kebaikan

Karena berbagi adalah esensi dari manusia yang sejati

Perkembangan teknologi saat ini membawa pada titik dimana segala hal dapat diakses dengan mudah melalui kotak pintar yang ada di genggaman tangan kita semua. Kecanggihan yang dirasakan saat ini mengembuskan angin positif tatkala kebaikan juga dapat dilakukan dan dibagikan dengan cara yang lebih praktis.

Dalam hal galang dana dan donasi misalnya, memunculkan berbagai portal dan aplikasi yang dapat diakses sewaktu-waktu dimanapun kalian berada. Tahu nggak, guys? Bahwa melalui Laporan Indonesia Online Giving Report 2018 menunjukkan tren galang dana dan donasi online yang kian meningkat. Nah, yuk simak berbagai crowdfunding platform yang ada di Indonesia berikut ini!

1. Kitabisa.com

https://www.youtube.com/embed/ViEUtbgzLu0

Kitabisa merupakan wadah untuk galang dana dan donasi secara online yang berdiri sejak tahun 2013. Platform yang telah memiliki izin  PUB (Pengumpulan Uang dan Barang) dari Kementerian Sosial untuk kategori bencana alam ini, percaya bahwa teknologi nyatanya bisa menghubungkan semangat gotong royong dan berbagi kebaikan yang ada di masyarakat. Perlu dicatat juga nih, pada 2018 Kitabisa berhasil menghubungkan 1 Juta #OrangBaik dan lebih dari 500 miliar donasi telah terkumpul. Angka yang cukup fantastis, bukan?

2. Yukbantu.com

6 Crowdfunding Platform yang Membantumu Mudah Berbagi KebaikanYukBantu

Yuk Bantu merupakan sebuah platform untuk menggalang bantuan dan donasi secara online untuk kegiatan sosial yang berdampak positif bagi masyarakat Indonesia. Kegiatan tersebut melingkupi berbagai aktivitas seperti renovasi dan pembangunan rumah ibadah, bantuan untuk perawatan dan pengobatan, dan masih banyak lagi. Yuk Bantu menyebut  orang-orang yang selalu membantu sesama sebagai #OrangBeruntung dan orang-orang yang melakukan galang bantuan sebagai #BalaRelawan.

3. Pedulisehat.id

https://www.youtube.com/embed/c_Pff3cnz3o

Selanjutnya, masih ada Peduli Sehat yang menawarkan layanan penggalangan dana khususnya di bidang kesehatan dan menyebarkannya melalui media sosial. Platform yang satu ini menaruh perhatian lebih pada kesehatan mengingat begitu besarnya jumlah penduduk di Indonesia dan beberapa di antaranya masih jauh dari harapan hidup yang sehat. Peduli Sehat menekankan pada pasien penderita penyakit kronis yang tidak cukup dan untuk biaya perawatan.

Baca Juga: Kaya dan Dermawan, Ini Dia Deretan 7 Seleb Korea yang Hobi Donasi

4. Aksi Cepat Tanggap

https://www.youtube.com/embed/NqZoVacwcm0

Aksi Cepat Tanggap (ACT) resmi diluncurkan sejak  21 April 2005 dan bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan. Lembaga yang memiliki visi “Menjadi Organisasi Kemanusiaan Global Profesional Berbasis Kedermawanan dan Kerelawanan Masyarakat Global Untuk Mewujudkan Peradaban Dunia yang Lebih Baik” ini, menghimpun semangat kolaborasi dari publik untuk turut berpartisipasi dalam membantu menyelesaikan permasalahan sosial dan kemanusiaan yang ada. Caranya dengan menjadi relawan dalam aktivitas ACT ataupun dengan melakukan donasi di laman https://act.id/. Kamu dapat memilih sendiri besar donasi yang ingin kamu berikan untuk berkontribusi.

5. Wecare.id

https://www.youtube.com/embed/AH81h07haTQ

Platform yang satu ini merupakan satu dari sekian situs web yang fokus pada pengumpulan dana bagi pasien-pasien yang memiliki kemmapuan finansial terbatas, tinggal di daerah yang sulit terjangkau, dan belum menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Indonesia. WeCare.id percaya bahwa setiap individu berhak atas pelayanan kesehatan yang sama. Oleh karena itu, kerja sama dengan berbagai dokter, donatur, dan pasien dilakukan untuk mendapatkan pengobatan dan fasilitas kesehatan yang menyeluruh. Dilansir melalui situs resminya, platform ini berhasil mengumpulkan dana mencapai 8 miliar dengan 19 ribu donatur yang telah bergabung bersama.

6. Peduly.com

6 Crowdfunding Platform yang Membantumu Mudah Berbagi KebaikanPeduly

Peduly hadir untuk membantu orang-orang yang hendak berbagi kebahagiaan melalui kebaikan. Hal itu diwujudkan dengan kegiatan galang dana dan donasi untuk menolong bahkan mengatasi berbagai permasalahan sosial yang ada di sekitar. Platform yang satu ini, mengajak berbagai kalangan masyarakat untuk bergabung dan bersama-sama menjadi alternatif solusi penyelesaian masalah sosial yang ada di kehidupan. Saat ini, telah terdapat lebih dari 10 ribu orang peduli yang telah bergabung menjadi donatur, loh!

Jadi di tengah kesibukan dan hubungan kamu yang rumit, masih bisa diselipkan sedikit kesempatan untuk berbagi kebahagiaan, loh. Caranya dengan memanfaatkan teknologi yang kamu punya untuk melakukan galang dana serta donasi secara online. Ingat, apa yang menurut kamu kecil bisa berarti besar bagi orang lain. Salam kebaikan!

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Biar Gak Ragu untuk Berdonasi Online

Sintya Chalifia Azizah Photo Writer Sintya Chalifia Azizah

Menulis merupakan langkah untuk merendahkan hati agar tidak bengis, menyisakan kebenaran entah dengan menangis atau meringis, dan secercah wujud kepedulian yang empiris.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya