Comscore Tracker

Inacraft Pameran Kerajinan Terbesar di ASEAN, Manjakan Pecinta Seni

Inacraft siap menampilkan kerajinan dari pelosok negeri

Sebagai negara yang memiliki ragam budaya , tak heran bila Indonesia menjadi salah satu pusat kerajinan dan kesenian yang mendunia. Berkat tangan-tangan kreatif anak negeri, Indonesia kembali menjadi pusat perhatian dunia dalam pameran Inacraft 2019. Pameran yang bertajuk Jakarta International Handicraft Trade Fair ini kembali digelar di Jakarta Convention Center pada 24-28 April 2019. Ada apa saja sih di Incraft?

1. Jakarta sebagai ikon Inacraft

Inacraft Pameran Kerajinan Terbesar di ASEAN, Manjakan Pecinta SeniIDN Times/Syarifah Noer Aulia

Pameran yang telah digelar untuk ke 21 kalinya ini menjadikan Ibukota Jakarta sebagai ikon. Kesenian dan kebudayaan serta kerajinan tangan unggulan khas Betawi diharapkan bisa menjadi ikon, ambience, meliputi kesenian musik, tari dan hiburan tradisional lainnya agar bisa menarik minat masyarakat luas. Tema besar Inacraft tahun ini yakni " Jakarta Multicultural Diversities" dan kolaborasi dengan tema sentral bertajuk "From Smart Village to Global Market."

2. Kali pertama kolaborasi dengan paviliun luar negeri

Inacraft Pameran Kerajinan Terbesar di ASEAN, Manjakan Pecinta SeniInstagram/Weareinacraft

Melihat besarnya antusias masyarakat dalam dan luar negeri, maka Inacraft berkolaborasi dengan Kerajaan Maroko sebagai Country of Honour. Produk kerajinan dan ragam budaya Maroko ditampilkan pada 216 meter persegi ruangan Planary Hall, JCC, Jakarta. Ada pula pameran kerajinan dari sejumlah negara lain di antaranya, Jepang, Polandia, Hongkong dan Pakistan.

3. Presiden Jokowi mengharapkan Inacraft bisa meningkatkan penjualan sebesar 9 persen dari tahun lalu

Inacraft Pameran Kerajinan Terbesar di ASEAN, Manjakan Pecinta SeniIDN Times/Syarifah Noer Aulia

Pameran Inacraft diharapkan bisa lebih baik lagi dari tahun kemarin. Tahun ini ada sekitar 1.421 peserta terdiri dari 26 persen dinas daerah dan 66 persen lainnya individu perorangan. Diantaranya, perajin, pengusaha, produsen, dan eksportir kerajinan di seluruh pelosok tanah air. "Saya sangat mendukung pameran Inacraft, apalagi akan dibuatkan sistem daring atau online. Tentu hal ini akan menguatkan kerajinan tanah air di global market place," ungkap Joko Widodo saat pembukaan Inacraft, Rabu (21/4).

Baca Juga: Kerajinan Kaca Ukir Antar Daryono Jadi Perajin Sukses di Bantul

4. Inacraft bisa menarik pengunjung lebih banyak lagi

Inacraft Pameran Kerajinan Terbesar di ASEAN, Manjakan Pecinta SeniIDN Times/Syarifah Noer Aulia

Panitia Inacraft menargetkan agar bisa menembus angka Rp149 milyar dan kontrak dagang dunia sebesar 13 juta dollar. Pengunjung juga sepertinya bisa mencapai 200.000 orang sehingga bisa melebihi Inacraft tahun lalu.

5. Inacraft menjadi wadah kesenian dan kerajinan Indonesia

Inacraft Pameran Kerajinan Terbesar di ASEAN, Manjakan Pecinta SeniInstagram/weareinacraft

Tak hanya pameran, Inacraft juga akan menyuguhkan berbagai acara dan kegiatan menarik yang bisa diikuti pengunjung. Seperti, workshop, art, trunk show, Inacraft award dan masih banyak lainnya.

Bagi kamu yang sangat suka dengan aneka ragam kerajinan dan kesenian wajib banget nih menyambangi Inacraft. Karena gak hanya puas berbelanja, kamu juga akan mendapat begitu banyak informasi kebudayaan kita yang lain lho.

Baca Juga: Karya Kreatif, Dekranasda Makassar Pamerkan Kerajinan Eceng Gondok   

Topic:

  • Syarifah Noer Aulia
  • Pinka Wima

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 05:00:04

Progress: 749.888 dari 813.350 TPS (92.19745%)

Just For You