Comscore Tracker

5 Langkah Membersihkan Kerak di Teflon, Auto Kinclong Tanpa Goresan!

Cukup dengan bahan dapur sederhana, lho!

Noda membandel tak pernah lepas menjadi masalah yang terkadang bikin pusing kalau susah dihilangkan. Salah satunya adalah kerak bekas gosong yang sering menempel pada peralatan masak yang sudah pasti sangat mengganggu, bukan? 

Kalau sudah begini, tentu kita gak boleh asal membersihkan, apalagi untuk alat masak seperti teflon. Sebab, jika cara pembersihannya tidak tepat malah akan merusak lapisan anti lengket pada teflon nantinya. 

Untuk menghindari hal seperti ini, berikut cara membersihkan kerak pada teflon yang bisa kamu praktikkan. Dijamin teflon gak mudah rusak dan bisa awet tahan lama. 

Baca Juga: 5 Bahan untuk Membersihkan Kerak Pada Kloset, Mudah dan Cepat

1. Cuci bersih dengan cairan pencuci piring

5 Langkah Membersihkan Kerak di Teflon, Auto Kinclong Tanpa Goresan!ilustrasi sabun cuci piring (freepik.com/master1305)

Cara pertama untuk membersihkan noda membandel pada teflon tak lain adalah menggunakan sabun cuci biasa. Tuang sabun cuci piring dan air secukupnya ke dalam teflon. Panaskan hingga mendidih di atas api kompor selama 10 menit.

Jika sudah mendidih, matikan api kompormu. Biarkan beberapa saat hingga air sabun dingin atau kurang lebih selama 20 menit. Biasanya bersamaan dengan proses ini, kerak membandel di permukaan teflon akan luntur dengan sendirinya. 

2. Gunakan baking soda dan cuka 

5 Langkah Membersihkan Kerak di Teflon, Auto Kinclong Tanpa Goresan!ilustrasi baking soda (pexels.com/freepik)

Salah satu bahan dapur yang sangat berguna untuk membersihkan berbagai macam noda membandel adalah baking soda dan cuka. Kedua bahan ini cukup mudah ditemukan, apalagi langkah-langkah untuk membersihkan kerak di teflon dengan baking soda dan cuka juga gampang banget, lho.

Pertama, larutkan cuka ke dalam air dengan perbandingan 1:1, lalu tambahkan 2 sdm baking soda. Panaskan sampai mendidih. Diamkan selama 15 menit hingga larutan cuka dan baking soda meresap agar noda membandel dapat terangkat semua. 

Baca Juga: 5 Cara Membersihkan Teflon Lengket dan Gosong Paling Ampuh

3. Oleskan minyak zaitun di atas noda kotor

5 Langkah Membersihkan Kerak di Teflon, Auto Kinclong Tanpa Goresan!ilustrasi minyak zaitun (freepik.com/freepik)

Memanfaatkan minyak zaitun sebagai alternatif mengangkat noda membandel ternyata juga bisa jadi solusinya, lho. Caranya cukup oleskan minyak zaitun di atas noda membandel pada permukaan teflon.

Kemudian, gosok atau korek perlahan dengan spatula. Jangan menggunakan sendok atau alat tajam, sebab dapat merusak lapisan pada teflon. Jika noda kerak sudah bersih, lanjutkan dengan mencuci pakai sabun cuci biasa.

4. Pakai campuran abu gosok dan sabun colek

5 Langkah Membersihkan Kerak di Teflon, Auto Kinclong Tanpa Goresan!ilustrasi mencuci alat masak (freepik.com/freepik)

Selain permukaan teflon bekas noda makanan, biasanya pada bagian belakang teflon  terkadang juga terbentuk kerak membandel. Nah, abu gosok inilah yang bisa jadi alternatif untuk membersihkan kerak membandel di bagian belakang teflon.

Cukup campurkan sabun dan abu gosok, kemudian oleskan pada kerak yang ingin dihilangkan. Gosok menggunakan sabut kawat agar noda kerak lebih cepat memudar.

5. Bersihkan dengan garam 

5 Langkah Membersihkan Kerak di Teflon, Auto Kinclong Tanpa Goresan!ilustrasi garam (freepik.com/Racool_studio)

Garam juga merupakan salah satu bahan dapur yang mampu menghilangkan noda membandel. Untuk noda membandel di permukaan dalam teflon, gunakan garam yang dilarutkan pada air panas dan masukkan ke dalam teflon. Didihkan selama 30-60 menit, lalu gosok perlahan sampai noda bersih.

Namun, jika noda kerak ada pada bagian belakang teflon, caranya cukup campurkan garam dengan sabun cuci biasa. Kemudian, oleskan di permukaan luar yang ada noda keraknya. Diamkan selama 15 menit, lalu gosong dengan sabut kawat. 

Itulah 5 langkah mudah untuk mengatasi kerak membandel di teflon yang susah dihilangkan. Lakukan beberap tips di atas agar peralatan dapurmu lebih bersih dan kinclong. 

Baca Juga: 6 Tips Menghilangkan Kerak pada Cat Mobil yang Super Praktis

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya