Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Pemilih Soal Pasangan, Gak Boleh Asal

Kamu yang rugi sendiri kalau sampai pacaran sembarangan

Mempunyai pasangan untuk menemani hari dan menjadi penguat dalam hidup memang suatu angan yang indah. Tapi terlepas dari seingin apa pun dirimu memiliki pasangan, perlu diingat kalau soal pasangan kamu tetap harus jadi seorang pemilih. 

Biarkan orang lain berkata apa tentang dirimu yang pemilih soal pasangan, yang penting kamu tahu bahwa hal itu sangat penting demi menjaga dirimu sendiri. Gak hanya terhindar dari pasangan yang toxic, pemilih soal pasangan juga penting dilakukan untuk menjaga image diri dan kestabilan hidupmu. Beberapa alasannya akan dibahas lebih lanjut dalam pembahasan berikut ini, jadi simak setiap poinnya, ya! 

1. Supaya hidupmu tak terkena pengaruh pasangan yang buruk

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Pemilih Soal Pasangan, Gak Boleh Asalilustrasi pasangan (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Alasannya yang pertama kenapa kamu harus pemilih soal pasangan ialah supaya hidupmu gak terkena pengaruh pasangan yang buruk. Karena baik buruknya pasangan yang kamu pacari pasti berpengaruh untuk hidupmu seiring hubungan berjalan. 

Itulah kenapa kamu wajib banget memilih pasangan dengan hati-hati, supaya kamu gak sampai terjebak dengan pasangan yang berpengaruh buruk. Entah itu buruk untuk karier, kualitas hidup, bahkan pola pikir dan perasaan. 

2. Salah satu cara menjaga diri sendiri untuk gak terjebak hubungan toxic

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Pemilih Soal Pasangan, Gak Boleh Asalilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Timur Weber)

Jenis hubungan yang harus kamu hindari ialah hubungan toxic. Yang mana pada hubungan seperti ini yang ada hanyalah buruknya saja, buruk untuk hati dan mental karena menyiksamu secara perlahan. 

Dan hubungan toxic dihindari dengan memilih pasangan yang baik untuk kamu jadikan pacar. Gak hanya sekadar baik di awal tapi memang pribadinya baik untuk dijadikan pasangan. Dengan kata lain kamu menjadi 'pemilih' semata-mata untuk menjaga diri. 

Baca Juga: 5 Zodiak Paling Sulit Menemukan Jodoh, Cuek hingga Kelewat Pemilih

3. Karena sedikit banyaknya 'siapa' pasanganmu mempengaruhi citra diri

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Pemilih Soal Pasangan, Gak Boleh Asalilustrasi pasangan (pexels.com/KoolShooters)

Menjadi seorang pemilih soal pasangan bisa dibilang suatu keharusan karena sedikit banyaknya 'siapa' pasanganmu dapat mempengaruhi citra diri. Dengan kata lain, gak apa-apa lama jomblo di saat menyeleksi pasangan terbaik untuk dirimu sendiri. 

Kalau pasanganmu pribadinya buruk atau suka membuat masalah, hal itu akan berpengaruh pada citramu yang kemudian juga dianggap tidak baik oleh orang lain. Sebaliknya, kalau pasanganmu baik dan penuh akan pencapaian positif maka citramu juga akan terkena pengaruh positifnya. Makanya memilih pasangan memang gak boleh sembarangan. 

4. Rugi kalau kamu invest waktu dan perasaan ke sembarangan orang

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Pemilih Soal Pasangan, Gak Boleh Asalilustrasi pasangan (pexels.com/RODNAE Productions)

Alasannya yang keempat kenapa kamu harus 'pemilih' soal pasangan ialah karena seluruh waktu dan perasaanmu terbuang sia-sia kalau diberikan pada orang yang salah. Karena terlepas dari sebentar atau lamanya hubungan dijalani tentu melibatkan perasaan dan juga waktu yang tak akan pernah bisa ditarik kembali. 

Makanya rugi banget kalau kamu pacaran sama sembarangan orang lalu memberi waktu dan perasaanmu yang berharga pada orang yang belum tentu baik. Bukannya bahagia, kamu mungkin akan patah hati dan kecewa karena pacaran dengan orang yang salah. 

5. Karena pandanganmu terhadap cinta dipengaruhi pengalamanmu berpacaran

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Pemilih Soal Pasangan, Gak Boleh Asalilustrasi pasangan (pexels.com/August de Richelieu)

Kamu harus pemilih soal pasangan karena pandanganmu terhadap cinta dan hubungan sesungguhnya tergantung pengalamanmu. Jadi baik buruknya pandanganmu dipengaruhi baik atau tidaknya pasanganmu dan bagaimana hubunganmu berjalan. 

Kalau hubunganmu berjalan dengan sehat dan bahagia maka pandanganmu pun akan baik, dan kebalikannya jika kamu pacaran dengan sembarang orang dan berakhir terjebak dalam hubungan toxic. Kamu tentu gak mau kan kalau trauma pada cinta dan hubungan karena tidak hati-hati memilih pasangan? Itulah kenapa kamu harus pemilih. 

Kesimpulannya, kamu memang harus jadi pemilih soal pasangan. Karena baik buruknya pasangan bisa berpengaruh pada hidupmu dan risikonya sangat besar kalau pacaran dengan sembarangan orang. 

Baca Juga: 5 Zodiak yang Kerap Kehilangan Cinta Tulus karena Terlalu Pemilih

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya