TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Masuk Akal Gak Perlu Sedih Jika Lingkaran Pertemanan Mengecil

Karena tak semua teman bisa ada untukmu selamanya

Pexels.com/Roberto Nickson

Selain keluarga dan pasangan, teman adalah sosok yang sangat penting untuk kita. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa semakin tumbuh dewasa maka circle pertemanan pun juga ikut mengecil karena berbagai hal.

Nah kalau hal ini sedang terjadi padamu, sebenarnya kamu gak perlu sedih, lho. Simak beberapa alasan masuk akalnya di bawah ini, ya.

1. Setiap orang punya jalan hidup yang berbeda

Pexels.com/Tobi

Alasan pertama kenapa kamu sebenarnya gak perlu sedih adalah karena semua orang punya jalan hidupnya sendiri. Kamu mungkin tidak tahu apa yang sedang ia perjuangkan, dan sesibuk apa dia sekarang dengan hidupnya, bukankah semakin dewasa seseorang maka semakin banyak tanggung jawabnya? Jadi jangan sedih kalau circle pertemananmu mengecil karena ada beberapa teman yang seperti pergi. 

2. Datang dan pergi dalam pertemanan itu hal yang wajar

Pexels.com/Trinity Kubassek

Alasan kedua yang gak kalah masuk akalnya adalah, sebab datang dan perginya seseorang dalam pertemanan sudah jadi hal yang wajar. Hari ini mungkin ada temanmu yang pergi jauh, namun besok bisa saja kamu mengenal orang baru dan kalian menjadi teman, kan?

Baca Juga: Seleksi Alam, 5 Hal Dirasakan saat Lingkaran Pertemanan Makin Mengecil

3. Circle kecil namun berkualitas justru bagus untukmu

Pexels.com/Helena Lopes

Lalu, punya lingkaran pertemanan yang kecil namun berkualitas dan worth it bukankah lebih baik untukmu? Kamu jadi terhindar dari segala drama pertemanan yang membuat hidupmu melelahkan. Dan hubungan pertemananmu pun jadi lebih menyenangkan karena berisi orang-orang yang memang sangat mengenalmu.

4. Mereka bebas dekat dan berteman dengan siapa saja

Pixabay.com/StockSnap

Alasan lainnya adalah, kamu harus memahami bahwa mereka bebas untuk dekat dan berteman dengan siapa saja. Kamu tidak bisa mengekang teman-temanmu agar hanya bersamamu. Jadi gak perlu sedih kalau lingkaran pertemananmu mengecil, santai saja.

Baca Juga: 6 Tanda Jika Kamu Berada dalam Hubungan Pertemanan yang Sehat

Verified Writer

afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya