TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara agar Pasanganmu Berhenti Merasa Insecure dalam Hubungan

Bangkitkan rasa percaya dirinya dengan cara-cara positif

Pexels.com/Jonathan Borba

Tinggi dan rendah rasa percaya diri seseorang sangat berpengaruh dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk di dalam hubungan. Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam sebuah hubungan pun ada tipe pasangan yang mudah merasa insecure, dan hal itu pastinya mempengaruhi tingkat kenyamanan di dalam hubungan, kan.

Maka dari itulah pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa cara yang kiranya bisa kamu lakukan agar pasanganmu berhenti insecure. Apa sajakah itu? Yuk simak!

1. Jangan membanding-bandingkan pencapaianmu dengan dirinya 

Pexels.com/Fauxels

Jika menginginkan pasanganmu untuk berhenti merasa insecure maka caranya yang pertama ialah jangan membanding-bandingkan pencapaianmu denganmu. Mungkin, kamu lebih berprestasi dibanding dia, atau bahkan memiliki karier yang lebih sukses dan cemerlang. Perbedaan seperti itu sangat wajar terjadi di dalam hubungan, namun jangan membandingkan atau terlalu membanggakan diri karena hal itu bisa memancing perasaan insecure pasangan.

2. Tunjukkanlah kebanggaanmu dalam memilikinya 

Pexels.com/Katerina Holmes

Kemudian caranya yang kedua agar pasanganmu berhenti merasa insecure dalam hubungan ialah dengan menunjukkan kebanggaanmu dalam memiliki dirinya sebagai kekasih. Gak perlu berlebihan, tapi cukup puji hal-hal baik yang ia miliki dan bagaimana kebahagiaanmu sejak menjalin hubungan dengannya. Jadi rasa insecurenya hilang ketika tahu kalau ternyata dirinya berharga untukmu.

Baca Juga: 6 Zodiak yang Sering Insecure terhadap Pasangan, Takut Kehilangan

3. Beri dia kepercayaan untuk menjadi independen 

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kemudian caranya yang ketiga ialah dengan memberi pasanganmu kepercayaan untuk menjadi sosok yang independen. Karena setiap orang pada umumnya akan menjadi lebih percaya diri jika mampu mandiri dan gak bergantung. Jadi kalau kamu terbiasa posesif dan over protective maka cobalah kurangi hal itu secara perlahan, ya.

4. Yakinkan bahwa kamu setia dan bersedia menemaninya berkembang 

Pexels.com/Katerina Holmes

Lalu caranya yang keempat ialah dengan meyakinkan pasanganmu bahwa dirimu akan setia dan mau menemaninya untuk berkembang. Biasanya, seseorang tanpa disadari merasa insecure ketika pasangannya lebih sukses dan hebat dibanding dirinya. Bisa jadi karena takut kehilangan dan digantikan dengan sosok yang lebih hebat dari dirinya, maka dari itulah kamu perlu meyakinkan dia.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Suka Insecure dalam Circle Pertemananmu Sendiri

Verified Writer

afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya