TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Toxic dan Merusuhi Hidupmu, Jaga Jarakmu dari 5 Tipe Mantan Ini, Ya!

Lebih baik jaga jarak dan jauhi setelah putus

ilustrasi pasangan (pexels.com/Trinity Kubassek)

Putus hubungan memang gak mengharuskanmu saling benci dengan mantan, tapi kalaupun mau jadi teman harus pilih-pilih juga tipe mantan yang kamu biarkan dekat. Karena gak semua mantan itu bagus untuk dibiarkan ada dalam hidupmu.

Tipe mantan yang harus kami jauhi tentu saja adalah mereka yang pribadinya berpotensi merusuhi hidupmu. Misalnya seperti mantan parasit, si pengumbar aib di medsos, dan juga mantan yang narsistik. Pokoknya beberapa tipe mantan yang harus kamu hindari ada dalam lima poin pembahasan di bawah ini. Simak baik-baik, ya! 

1. Pengumbar aib di medsos

ilustrasi pakai HP (pexels.com/Karolina Grabowska)

Gak semua mantan itu bagus untuk kamu biarkan dekat-dekat setelah putus, salah satunya ialah tipe mantan yang suka sekali mengumbar aib di media sosial. Mantan yang seperti ini baiknya kamu jauhi setelah putus karena dia tidak akan bisa menjaga kehormatanmu. 

Di mana dirinya malah akan menyalahkanmu dan membuat dirinya terlihat sebagai orang paling tersakiti di medsos. Belum lagi dengan kebiasaannya yang mengumbar aib dan kekuranganmu di medsos, lebih baik menjauh daripada citramu semakin buruk dibuatnya. 

Baca Juga: 5 Alasan Doi Sebut Kamu Mantan Terindah meski Tak Berjodoh

2. Parasit, walaupun sudah putus tapi tetap menggantungkan hidupnya padamu

ilustrasi pasangan (pexels.com/Timur Weber)

Tipe mantan kedua yang baiknya kamu jauhi adalah dia yang parasit. Maksudnya parasit yaitu, dia tidak tahu malu untuk terus menggantungkan hidupnya padamu meskipun kalian sudah putus.

Tipe mantan yang akan merusuhi hidupmu, kamu gak bakal bisa tenang karena dia tetap minta untuk diperhatikan dan dipenuhi kebutuhannya. Yang ada hidupmu malah tambah terbebani kalau membiarkan dia terus dekat denganmu, bahkan untuk punya pasangan baru pun jadi sulit kalau ada dia yang terus menempel. 

3. Si posesif yang emosi sendiri kalau kamu dekat sama gebetan baru

ilustrasi pasangan (pexels.com/Keira Burton)

Tipe mantan lainnya yang lebih baik kamu jauhi ialah si posesif dan yang emosi sendiri kalau kamu dekat dengan yang lain. Hal ini sebenarnya cukup aneh, karena kalau sudah putus tentu dia tidak berhak melarang ataupun marah kalau kamu punya gebetan baru.

Bisa dibilang sisi keposesifannya ini menunjukkan kalau dia itu sama sekali gak dewasa. Selain membuatmu risi dengan tingkahnya yang sok posesif, orang yang sedang dekat denganmu juga bakal ikutan terganggu dengan kehadiran mantanmu yang menggangu pendekatan kalian. 

4. Si paling friendly yang gak mau lepas dari cyrcle pertemananmu

ilustrasi teman (pexels.com/KoolShooters)

Tipe mantan keempat yang juga sebaiknya kamu jauhi setelah putus adalah dia yang friendly dan gak mau pergi dari cyrcle pertemananmu. Dengan kata lain dia tetap berkeliaran dan bergaul dengan orang-orang terdekatmu.

Di satu sisi dia punya hak untuk dekat dan bergaul dengan siapa saja, tapi di sisi lain dia harusnya tahu diri untuk menjaga jarak dari lingkungan sosialmu karena rasanya pasti risi kalau sudah putus tapi tetap sering bertemu saat berkumpul dengan teman. Hal ini bisa menimbulkan salah paham di mata orang terdekatmu. 

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Kamu Pahami Sebelum Balikan dengan Mantan

Verified Writer

afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya