TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Perlu Tanyakan Kepastian Menikah pada Pasangan

Supaya hubungan yang dijalani ada tujuan jelas

ilustrasi bicara (pexels.com/Ekaterina Bolovtsova)

Setiap orang pada dasarnya memiliki niatan dan tujuan masing-masing dalam menjalin hubungan, salah satunya adalah kepastian menikah. Apakah kamu salah satu yang memiliki niatan tersebut?

Meskipun begitu, tak sedikit orang yang memiliki keberanian untuk menanyakan kepastian menikah pada pasangannya. Padahal sebenarnya kamu perlu menanyakan hal tersebut, lho. Supaya kamu tahu tujuan dari hubungan tersebut akan menuju ke arah mana, nih. 

1. Supaya hubungan yang dijalani ada tujuannya

ilustrasi bicara (pexels.com/Mikhail Nilov)

Alasan pertama kenapa kamu harus menanyakan kepastian menikah pada pasangan ialah supaya hubungan yang kalian jalani ada tujuannya. Agar waktu yang dihabiskan bersama untuk membangun hubungan tidak sia-sia. 

Selain itu, dengan adanya tujuan hubungan yang jelas baik kamu maupun dia juga jadi bisa sama-sama effort untuk mencapainya bersama. Hubungan pun jadi lebih bermakna karena ada rencana besar yang dituju. 

2. Agar tahu apakah kamu dan pasangan punya tujuan yang sama

ilustrasi pasangan (pexels.com/August de Richelieu)

Saat menjalin hubungan terutama kalau sudah bertahun-tahun, sangat penting untuk tahu apakah kamu dan pasangan punya tujuan yang sama. Itulah kenapa menanyakan kepastian menikah pada pasangan termasuk sebagai salah satu hal yang penting. 

Maksudnya tujuan yang sama di sini oalah apakah kamu dan dia sama-sama serius menjalin hubungan untuk menikah di masa depan atau tidak. Karena buang-buang waktu jadinya kalau ternyata cuma kamu yang ingin mengarah ke sana sedangkan dia tidak, dengan kata lain beda tujuan. 

Baca Juga: 5 Pelajaran Cinta dari KDrama Soundtrack #1, Semua Butuh Kepastian

3. Hubungan bisa segera diakhiri daripada waktu terbuang sia-sia pacaran lama

ilustrasi putus hubungan (pexels.com/RODNAE Productions)

Alasannya yang ketiga kenapa perlu menanyakan kepastian menikah pada pasangan ialah supaya hubungan bisa segera diakhiri kalau ternyata kalian beda tujuan. Kalau kamu ingin yang serius menuju pernikahan sedangkan dia tidak, hubungan lebih baik diakhiri saja. 

Karena cinta saja tidak cukup, kamu perlu menemukan pasangan yang tujuannya sama denganmu, begitupun dengan dia jika yang diinginkan cuma untuk sekedar pacaran saja. Memaksakan hubungan tanpa ada tujuan yang jelas hanyalah wasting time yang merugikan. 

4. Untuk mengetahui sejauh mana effort pasangan untuk masa depan hubungan kalian

ilustrasi bicara (pexels.com/Ekaterina Bolovtsova)

Menanyakan kepastian menikah pada pasangan sebenarnya tidak hanya untuk memastikan tujuan hubungan, tapi juga untuk melihat sejauh mana effort yang pasanganmu lakukan. Dimana dia yang benar serius dan ingin menikah denganmu mungkin diam-diam melakukan usaha untuk bisa menikahimu. 

Misalnya seperti mulai menyicil rumah, berusaha keras supaya cepat mapan secara finansial, atau bahkan sudah menabung untuk biaya pernikahan. Sangat membanggakan kalau pasanganmu diam-diam sudah effort dengan sendirinya bahkan sebelum kamu tanyakan. 

Baca Juga: 5 Zodiak yang Gak Ghosting Hubungan Percintaan, Selalu Beri Kepastian

Verified Writer

afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya