TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Elegan Hadapi Pasangan yang Micro Cheating

Selingkuh kecil berakibat fatal, lho!

ilustrasi pasangan selingkuh (pexels.com/id-id/roman-odintsov

Perselingkuhan hal yang sangat menyakitkan dan membuat hubungan jadi berantakan. Namun di era internet banyak cara untuk melakukan perselingkuhan. Di antaranya adalah ‘micro cheating. Apakah kamu pernah mendengar? 

Dilansir Mom Junction, micro cheating adalah suatu tindakan kecil dilakukan oleh pasangan, yakni tindakan tersebut sudah keluar dari komitmen dan menunjukkan ketidaksetiaan.

Jika kamu menemui pasangan melakukan micro cheating, apa yang akan kamu lakukan, marah-marah? Hal tersebut bukan penyelesaian yang baik. Berikut ini lima cara elegan menghadapi jika pasanganmu melakukan micro cheating. 

1. Berbicara dengan pasangan secara tenang

ilustrasi mengajak bicara(pexels.com/id-id/keira-burton)

Saat kamu memergoki pasanganmu melakukan micro cheating, berusahalah untuk tetap tenang. Jangan marah atau ngamuk. Karena dengan sikap demikian tidak memberi efek pada pasanganmu. Malah akan terjadi pertengkaran.

Ajak bicara pasangan dengan cara duduk santai bersamanya. Pasang ekspresi biasa-biasa saja tanpa marah atau sedih.

Dengan bersikap tenang dan kepala dingin, kamu bisa bertanya apa tujuannya melakukan semua itu dan kalian berdua dapat mencari penyelesaian terbaik untuk kelangsungan hubungan.

2. Tunjukkan bukti yang kamu dapatkan

ilustrasi menunjukkan bukti(pexels.com/id-id/alex-green)

Saat kamu telah mengajak bicara pasangan secara baik-baik tetapi dia tidak mengakuinya. Maka tiba saatnya menunjukkan bukti-bukti yang telah kamu dapatkan. 

Ini menunjukkan jika kamu tidak asal menuduh dia melakukan micro cheating. Minta pasanganmu untuk berkata jujur apa yang telah dilakukannya. 

Baca Juga: 5 Tanda Seseorang Melakukan Micro-Flirting, Jadi Awal Hubungan Serius!

3. Berterus terang akan perubahan sikapnya

ilustrasi perubahanp sikap(exels.com/id-id/ketut-subiyanto)

Pasangan yang melakukan micro cheating lama-lama akan terlihat perubahan sikap sehingga membuatmu tidak nyaman. Nah, jika kamu merasakan hal tersebut lebih baik kamu tanyakan langsung pada pasanganmu. Jangan menerka apa yang membuatnya berubah. 

Kamu dapat menegurnya dengan cara halus dan mengingatkan pasanganmu tentang komitmen kalian berdua saat pertama bertemu.

4. Tetapkan batasan

ilustrasi memberi penjelasan(pexels.com/id-id/jopwell)

Sebenarnya kamu tidak berhak untuk membatasi pasanganmu untuk berinteraksi melalui media sosial. Atau berhubungan dengan teman kantornya, serta teman kuliahnya. Namun kamu perlu sampaikan pada pasangan jika semua itu ada batasannya. Terutama mengenai perhatian yang menunjukkan sikap ramah tamah atau perhatian yang menjurus pada perselingkuhan. 

Batasan tersebut perlu dibicarakan agar kamu tidak dianggap posesif ketika pasangan berhubungan dengan orang lain di dunia maya.

Baca Juga: 5 Perilaku Micro-Cheating dalam Hubungan, Sepakati Batasan yang Jelas!

Verified Writer

A Nitha Nahfiah

ibu rumah tangga, dengan tiga putri, sarjana teknik sipil, berkarya dan memberi manfaat untuk banyak orang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya