TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apakah Kamu dan Pasanganmu Memiliki Kualitas Hubungan Suportif Ini?

Kalian perlu berkembang bersama

unsplash.com/Toa Heftiba

Hubungan asmara antara kamu dan dia harusnya menambah kebahagiaan dalam kehidupan kalian masing-masing. Jika tidak, berarti ada beberapa faktor mendasar yang belum tercapai dalam hubungan kalian. Salah satu faktor terpenting dalam hubungan adalah saling suportif. Dilansir dari marcandangel, inilah 7 kualitas hubungan suportif yang bisa jadi belum kamu miliki!

1. Kedua belah pihak harus mandiri secara emosional

unsplash.com/Daniel Silva Gaxiola

Kebahagiaan maupun kesedihan kalian itu gak tergantung oleh satu sama lain. Kalian sama-sama tahu bagaimana cara mengatasi perasaan kalian sendiri, karena kalian sadar itu adalah tanggung jawab kalian sendiri.

2. Ada landasan kuat bagi kalian untuk saling menerima satu sama lain

unsplash.com/John Schnobrich

Penerimaan yang total adalah kalian setuju untuk tidak setuju terhadap satu sama lain, tentang sesuatu, dan kalian merasa baik-baik saja dengan itu. Perbedaan pendapat gak akan menghancurkan hubungan, respon yang buruk terhadap perbedaan itulah yang bisa menghancurkan hubungan.

Baca juga: 7 Bentuk Sayang Pada Hewan yang Memang Susah Dimengerti Orang Lain

3. Komunikasi perlu sengaja secara khusus dilakukan, bukan secara random

unsplash.com/Mahkeo

Anggap saja begini, tidak ada satu orang pun di dunia ini yang bisa membaca pikiran. Segera sampaikan apa yang kamu pikirkan. Kalau pun perlu waktu khusus untuk menyampaikannya karena kondisinya sedang gak memungkinkan, jadwalkan saat yang tepat. Yang jelas, kamu perlu mengomunikasikannya.

4. Ketidaksetujuan ditanggapi dan diselesaikan secara positif

unsplash.com/Colin Maynard

Ketika terjadi ketidaksetujuan di dalam hubungan, hal termudah untuk dilakukan adalah pergi begitu saja dari masalah. Apalagi kalau secara alami, kamu bukan orang yang doyan berkonfrontasi. Namun kondisi ini menunjukkan bahwa segala sesuatu itu gak melulu soal kamu, tapi hubunganmu. Kalian gak bisa egois dan mementingkan diri kalian masing-masing.

5. Kedua belah pihak berhak tidak diungkit rasa malunya

unsplash.com/Toa Heftiba

Hampir setiap orang memiliki kekhilafan yang membuat mereka merasa bukan seperti diri sendiri ketika melakukannya. Sebagai pasangan yang baik, masing-masing dari kalian harusnya jangan pernah mengungkit hal seperti itu sama sekali. Karena tidak akan ada faedahnya sama sekali, hanya mengingatkan rasa malunya.

6. Perkembangan pribadi kalian masing-masing justru saling dibantu untuk dicarikan dan didukung

unsplash.com/Carly Rae Hobbins

Tahukah kamu, menurut para ahli, ternyata tanda “kehidupan” seseorang itu adalah ketika ia berkembang atau mencari cara untuk berkembang? Ternyata tanda “kehidupan” dalam hubungan juga seperti itu. Kalian perlu sama-sama berkembang untuk saling mendukung satu sama lain.

Baca juga: Pahami 7 Hal Ini Supaya Mencegah Masalah Besar dalam Hubunganmu

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya