TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bebaskan Dirimu dari Hubungan Beracun dengan 7 Langkah Ini

Selamatkan dirimu dari sahabat beracun sekarang juga!

ask.fm/TBO9I_PANTERA

Memutuskan hubungan adalah hal yang sangat sukar dilakukan. Memutuskan hubungan cinta sudah sulit, namun memutus hubungan persahabatan sebenarnya jauh lebih sulit. Apalagi jika persahabatan itu sudah berlangsung cukup lama dan banyak kenangan di antara kamu dan dia.

Rasanya tetap bertahan menjalani hubungan tidak sehat terkesan lebih mudah daripada memutuskannya. Mungkin kamu khawatir akan reaksinya dan berbagai akibat yang akan dilakukan si orang beracun terhadapmu. Namun keluar dari hubungan beracun sebenarnya bisa dilakukan secara efektif dan akan sangat bermanfaat bagi kesehatan jiwa dan pikiranmu.

1. Mungkin terasa sulit, namun kamu harus menerima kenyataan bahwa hubunganmu beracun.

ask.fm/TBO9I_PANTERA

Sebagian besar orang yang terlibat dalam hubungan beracun mengalami denial atau penolakan untuk melihat kenyataan bahwa mereka ada dalam situasi tidak sehat. Kamu mungkin berusaha mencari pemakluman karena belum tega melepas sahabat yang beracun.

Terimalah kenyataan, beranikan dirimu untuk membela diri sendiri. Jika kamu sudah tak kuat lagi, jangan memaksakan diri. Terlalu lama berada dalam bayang-bayang orang beracun juga bisa mengubahmu menjadi orang yang beracun seperti dia.

2. Tak perlu berbelit-belit, jujurlah dengan keinginanmu untuk mengakhiri hubungan tersebut.

sundiatapost.com

Tak perlu berputar-putar atau menunda-nunda keputusanmu. Tak usah berhati-hati untuk memenggal hubungan tak sehat dengan orang beracun. Apa pun caramu tanggapannya tak akan sesuai dengan harapanmu, kamu tahu sendiri seperti apa sosok yang hendak kamu tinggalkan tersebut.

Utarakan dengan jujur dan tegas bahwa kamu sudah tidak ada hasrat untuk kembali bergaul dengan si teman beracun. Langkah ini tidak mudah, dan akan butuh waktu sebelum kamu benar-benar bisa membersihkan orang seperti itu dari kehidupanmu. Namun, ketegasan dan keteguhan hati adalah kuncinya.

Baca Juga: Waspada Teman "Beracun", Kenali 8 Cirinya

3. Kenali dan sadari peranmu dalam hubungan yang tidak sehat.

www.theearthchild.co.za

Selain mengambil langkah untuk menjauhi orang beracun, kamu juga harus introspeksi seperti apa peranmu selama ini dalam hubungan tersebut. Menyadari kesalahan orang memang mudah, namun dalam setiap hubungan butuh dua orang untuk bisa melakukannya.

Kenali berbagai kesalahanmu yang sudah kamu biarkan terjadi hingga bisa terlibat dalam hubungan tak sehat tersebut. Misalnya terlalu tidak percaya diri, terlalu tergantung dan semacamnya. Introspeksi diri dan jangan ulangi lagi agar tidak "menulari" hubunganmu yang berikutnya.

4. Pilihlah salah satu cara paling efektif untuk mengakhiri hubungan tidak sehat.

www.dailysmscollection.com

Tergantung pada setiap pribadi, ada dua cara efektif untuk memutuskan hubungan dengan orang beracun. Secara perlahan-lahan atau langsung meninggalkannya begitu saja.

Cara perlahan-lahan biasanya lebih dipilih karena bisa membuat kita beradaptasi dengan lebih baik. Yaitu dengan secara metodis dan bertahap mengurangi bantuan, kontak dan komunikasi sampai akhirnya hubunganmu dengan si orang beracun benar-benar tak berarti lagi.

5. Tak perlu berharap bisa memperbaiki hubungan dengannya, percayalah ini jalan terbaik.

www.huffingtonpost.com

Sakit itu pasti. Perpisahan selalu meninggalkan perih di dalam hati, entah itu hubungan persahabatan mau pun cinta. Mungkin sesekali pernah terbesit harapan untuk memperbaiki segalanya dalam kepalamu. Hentikan harapan kosong itu dan teguhkan keputusanmu.

Setelah ini, setelah semua elegi ini berakhir, setelah kamu berhasil terbebas dari hubungan beracun; kamu akan merasa sangat bersyukur.

6. Maafkan dia, lupakan dendam dan mari melangkah maju.

www.playbuzz.com

Meski kamu telah menderita dan disakiti, memaafkan adalah salah satu obat terbaik untuk menyembuhkan diri dari hubungan beracun. Dendam tak akan membawa manfaat, dan kamu akan semakin lebih sulit move on dari hubungan tak sehat tersebut.

Ikhlas dan tabah membuktikan bahwa kamu lebih baik dari si orang beracun dan juga membawa kedamaian dalam pikiranmu.

Baca Juga: 8 Kutipan yang Bikin Kamu Sadar Orang Beracun Itu Mending Dihindari

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya