TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sahabat Punya Pacar? Lakukan 5 Hal Ini Agar Persahabatan Tetap Terjaga

Cemburu dengan sahabat yang sibuk pacaran?

unsplash.com/savwalts

Saat bersahabat, melakukan apa pun bareng sahabat pasti menyenangkan. Namun, gimana jadinya kalau sahabat yang kalian sayangi ternyata tiba-tiba punya pacar? Tidak sedikit, lho, persahabatan yang retak dan berantakan dimulai dari sahabat yang mulai sibuk pacaran. Berikut ini lima hal yang perlu kamu lakukan untuk menjaga persahabatanmu agar berumur panjang.

1. Turut bahagia

unsplash.com/neonbrand

Layaknya sahabat yang baik yang selalu ada di saat susah dan senang, kamu perlu ikut bahagia jika sahabatmu sudah punya pacar. Walaupun, konsekuensinya waktu kebersamaan kalian akan berkurang alias tidak seperti saat-saat dulu.

Baca Juga: Cek Dirimu, Ini 5 Tanda Persahabatanmu Sudah Sangat Berkualitas

2. Jaga jarak

unsplash.com/tomholmes

Jaga jarak di sini bukan berarti kamu sudah tidak mau berhubungan dengan sahabat kamu lagi, lho. Namun, kamu perlu lebih pengertian dengan memberikan ruang untuk sahabatmu dan pacarnya. Sekarang, sahabat kamu sudah tidak sebebas dulu lagi. Kamu harus mengerti status barunya.

3. Siap mendengarkan

unsplash.com/benwhitephotography

Sebagai sahabat, mungkin kamu penasaran dengan perkembangan hubungan mereka. Akan tetapi, seberapa pun penasaran kamu, hindari menanyakan kondisi hubungan sahabatmu dengan pacarnya. Hal ini bisa membuat sahabatmu merasa tidak nyaman. Namun, bersiaplah untuk menjadi pendengar yang baik saat sahabatmu mau berbagi cerita nantinya.

4. Jujur saja

unsplash.com/ann_van_

Kamu bisa jadi merasa tidak enakan saat menghubungi sahabatmu karena dia sudah tidak sendiri lagi. Jika itu terjadi, kamu sebaiknya jujur saja dan tidak perlu sungkan. Saat kamu butuh sahabatmu untuk berbagi cerita, jujurlah dan katakan pada sahabatmu. Sahabat yang baik pasti rela berbagi waktu berharganya bersamamu.

Baca Juga: Pikir Lagi, Ini 5 Tanda Temanmu Tidak Menghargai Persahabatan Kalian

Writer

Dwi Budidarmas

a full time reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya