TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Perlu Selektif dalam Memilih Pendamping Hidup

Meminimalkan ketidakcocokan antara kamu dan pasangan

Ilustrasi pernikahan (pexels.com/Trung Nguyen)

Ketika usiamu sudah cukup matang untuk membangun rumah tangga, tapi statusmu masih lajang, terkadang hal tersebut kerap membuatmu meradang saat ada yang menanyakan perihal pasangan. Banyak orang yang beranggapan bahwa kamu adalah orang yang terlalu pemilih dalam menemukan tambatan hati.

Hingga kamu pun menjadi sering mendengar nasihat untuk gak terlalu memilih saat mencari pasangan sebagai pendamping hidupmu. Namun, bagi kamu perihal pendamping hidup itu gak boleh sembarangan dalam memilihnya, karena kamu menginginkan pasangan yang bisa membuatmu nyaman.

Mencari seseorang yang akan dijadikan sebagai pendamping hidup, itu memang perlu selektif dalam memilihnya. Segala hal yang berkaitan dengan masa depan, termasuk salah satunya memilih pasangan, memang sudah seharusnya kamu selektif saat memilih. Berikut lima alasan mengapa kamu memang perlu bertindak selektif saat menentukan pilihan sebagai pendamping hidup.

1. Meminimalkan ketidakcocokan di antara kalian 

Ilustrasi bertengkar (pexels.com/Vera Arsic)

Saat kamu sedang memantapkan hati saat menentukan pilihan siapa yang pantas menjadi pendamping hidupmu, ada faktor yang perlu kamu pikirkan dan pertimbangkan dengan lebih baik lagi.

Faktor tersebut adalah mengenai kecocokan antara kamu dan dia. Entah itu terkait kecocokan karakter, tujuan hidup, cara berpikir dan sebagainya.

Hal-hal tersebut membutuhkan tindakan yang selektif dari kamu saat akan menentukan pilihan pendamping hidup. Dengan kamu bertindak selektif, maka hal tersebut dapat meminimalkan rasa ketidakcocokan suatu saat nanti.

Ketidakcocokan antara kamu dan pasangan dapat menjadi pemicu keributan hingga perpisahan. Pada kenyataannya, memang sudah banyak yang berpisah dengan alasan tidak cocok, kan?

Baca Juga: 5 Kriteria Pendamping Terbaik untuk Cowok yang Perfeksionis, Mau Tahu?

2. Membuat kisah cinta berjalan sesuai harapan 

ilustrasi hubungan yang berbahagia (pexels.com/Gustavo Fring)

Ada beberapa orang yang menganggap sikap selektif saat menentukan pilihan dalam menemukan pendamping hidup, itu merupakan hal yang berlebihan dan hanya membuang-buang waktu saja.

Perlu kamu sadari lagi, bahwa sebenarnya ketika kamu bersikap selektif saat memilih calon pendamping hidup, itu adalah salah satu bentuk usaha untuk membuat kisah cintamu berjalan sesuai harapan.

Pernikahan adalah sebuah hal yang sakral dan semua pasangan juga pasti memiliki keinginan untuk menikah hanya satu kali seumur hidup. Nah, salah satu hal yang bisa membantumu dalam mewujudkan keinginanmu itu adalah dengan bersikap selektif saat proses pemilihan calon pendamping hidupmu.

3. Menjauhkanmu dari orang-orang yang hanya ingin bermain-main dalam sebuah hubungan 

ilustrasi terhindar dari orang yang hanya bermain-main dalam hubungan (pexels.com/RODNAE Productions)

Ketika cinta bisa membuat seseorang menjadi buta, maka jika kamu memiliki sikap selektif saat menjalani proses pendekatan dengannya, sikap tersebut dapat menjauhkanmu dari orang-orang yang hanya ingin bermain-main saja denganmu.

Bersikap selektif itu gak akan menunda waktumu untuk menikah. Namun, sikap selektif yang kamu miliki malah dapat menjauhkanmu dari orang-orang yang gak serius dalam hubungan.

Tetaplah selektif dalam urusan menentukan pilihan yang akan menjadi pendamping hidupmu. Dengan selektif, kamu pun akan mengetahui seberapa besar dan kuat dia dalam mendapatkan hatimu.

Inilah yang nantinya akan membuatmu mampu menilai tentang ketulusan hatinya padamu. Berhati-hatilah dalam menyerahkan hatimu kepada seseorang, karena masih ada banyak orang yang hanya ingin bermain-main saja dan enggan untuk memberikan keseriusan.

4. Mampu mengurangi terjadinya kebosanan dalam hubungan 

ilustrasi orang merasa bosan (pexels.com/cottonbro)

Saat sedang menentukan sebuah pilihan bahwa akan melanjutkan hubungan serius dengan seseorang untuk menikah atau tidak, maka kamu perlu bersikap selektif. Setiap hubungan itu pasti ada kalanya kamu dan pasangan akan merasa bosan. Perasaan bosan memanglah hal umum yang biasa terjadi dalam sebuah hubungan.

Akan tetapi, ketika kamu selektif dalam urusan memilih pendamping hidup, maka rasa bosan yang kalian rasakan, gak akan sampai berdampak negatif dalam hubungan pernikahan kalian kelak.

Inilah alasannya bahwa dalam menentukan pendamping hidup, kamu memang perlu bersikap selektif, supaya kamu bisa jeli dalam memilih kandidat pasanganmu.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Adalah Sosok Selektif saat Mencari Pendamping Hidup 

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya