TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Dapatkan Kembali Rasa Berharga Pasca Putus Hubungan Asmara

Ciptakan sesuatu yang bikin kamu merasa diapresiasi

ilustrasi mengalami rasa gak berharga setelah putus cinta (pexels.com/RDNE Stock project)

Keberhargaan diri penting untuk terus dimiliki. Ini menjadi salah satu doronganmu mendapatkan kebahagiaan dalam berkehidupan. Kamu bisa percaya diri menjalani kegiatan, pekerjaan, berinteraksi, dan menjalin tali cinta.

Namun, rasa berharga bisa menghilang karena banyak hal, salah satunya karena pasca putusnya hubungan percintaan. Kamu bersedih dan semakin meratapi peristiwa pahit ini hingga menyebabkan perasaan rendah diri.

Untukmu yang baru mengalami berakhirnya hubungan asmara dan mulai merasa gak berharga, lakukan lima cara berikut supaya dapat mengembalikan keberhargaan diri.

1. Jangan sembunyikan rasa sakitnya

ilustrasi memendam rasa sedih (pexels.com/Engin Akyurt)

Pahami kondisi ini. Hampir semua orang juga pasti sedih jika mengalami, apalagi jika hubungannya sudah dijalani sekian lama. Maka, jangan disembunyikan maupun dipendam rasa sakitnya. Ingin menangis dan menyendiri, lakukanlah demi kelegaan hati. Ingin bercerita ke teman dekat, segera saja jika itu mampu menguatkanmu.

Menyembunyikan persaan sedih terlalu lama, gak akan mampu membangkitkanmu. Justru malah membuatmu semakin merasa gak ada harganya.

Baca Juga: 5 Penyebab Hubungan Asmaramu Selalu Berakhir Berantakan, Bikin Galau!

2. Belajar lebih peduli lagi terhadap diri

ilustrasi menyayangi diri sendiri (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Sayangi dirimu yang sedang sakit hati ini. Putuh cinta memang menyakitkan, siapa saja juga gak menginginkannya. Namun, jika ini merupakan pilihan terbaik, maka terimalah. Lalu, cobalah belajar lebih peduli lagi terhadap diri sendiri. Ini sebagai bentuk menghargai diri.

Jika kamu gak peduli pada kebutuhan diri atau malah mencari pelampiasan dengan cara negatif, efek sembuhnya cuma sebentar, turun rasa berharganyalah yang semakin dirasa nantinya.

3. Pusatkan hati dan pikiran pada masa sekarang

ilustrasi fokus dalam berkehidupan (pexels.com/Mikhail Nilov)

Tali asmara sudah gak lagi terkait, maka bangkit menjadi upaya menemukan kembali keberhargaan diri yang hancur karena putus cinta. Pusatkan hati dan pikiran pada masa sekarang saja, tinggalkan masa lalu yang buruk itu, relakan semuanya dengan iklhas.

Memang butuh waktu, maka berusahalah setiap harinya. Buatlah dirimu sibuk dengan kegiatan yang bermanfaat sehingga pikiranmu gak terus mengingat tentang masa lalu yang bikin kamu semakin jatuh rasa berharganya.

4. Lakukan apa pun yang mampu membuatmu tersenyum

ilustrasi tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Punya hobi apa? Lakukanlah untuk mengisi waktu luang di sela kesibukan pekerjaan. Gunakan waktu secara bijaksana, bukan malah untuk termenung memikirkan mantan beserta kenangannya. Bagaimana kamu menjalani hari, itulah yang akan bikin diri kembali berharga. Tentu saja, isi dengan kegiatan yang punya nilai positif dan ada gunanya, serta bikin kamu tersenyum ketika melakukannya.

Mengikuti perlombaan tentang hobimu juga bisa. Salurkan rasa sakitmu untuk bersemangat menciptakan keberhasilan. Biasanya ketika patah hati, seseorang malah besar dorongan untuk menjadi lebih baiknya. Keberhasilan menantang diri untuk berani ini bikin kamu meraih lagi keberhargaan diri.

Baca Juga: 5 Tips Berhenti Meratapi Peristiwa Putus Cinta, Sudah Move On Saja

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya