TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Dampak Buruk jika Terlalu Dibutakan oleh Cinta, Waspada!

Kamu bisa kehilangan fokus dalam upaya mengejar cita-cita

ilustrasi stres karena cinta (pexels.com/Inzmam Khan)

Jatuh cinta memberikan efek luar biasa pada seseorang. Mulai dari kesehatan fisik, mental, hingga menambah semangat dalam proses mencapai tujuan hidupnya.
Inilah yang terkadang menjadikan beberapa orang dibutakan oleh cinta saat menjalin asmara.

Cinta buta itu berbahaya karena bisa membuat seseorang menjadi kurang pandai dalam melihat sesuatu secara bijaksana. Agar kamu tidak mengalaminya, kenali juga lima dampak buruk jika terlalu dibutakan cinta. Yuk, simak dan renungkan.

1. Menjadi kurang mencintai dirinya sendiri

ilustrasi perempuan sedang bersedih (pexels.com/Angelica Reyn)

Seseorang yang terlalu berlebihan mencintai orang lain, secara tanpa disadari dia menjadi kurang mencintai diri. Kondisi ini sangat berbahaya, sebab asal datangnya kebahagiaan yaitu dari dalam dirinya.

Jangan sampai kamu dibutakan oleh cinta hingga kehilangan upaya dalam menyayangi diri sendiri. Jika kalian suatu hari nanti gak bersama, siapa lagi yang akan menghadirkan rasa bahagia untukmu? 

Baca Juga: 5 Alasan Jangan Buta Hanya karena Cinta, Pikirkan Hal Lainnya

2. Tidak lagi fokus dalam upaya menggapai cita-citanya

ilustrasi seseorang yang sulit beradaptasi dengan keadaan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Cinta buta dapat mengaburkan berbagai upaya, salah satunya adalah tentang usahamu dalam menggapai cita-cita impian. Sebab, hati dan pikiran bisa selalu tertuju padanya sehingga untuk fokus kepada cita-cita mulai tidak berjalan sesuai rencana. Hingga pada akhirnya kamu akan mengabaikan banyak hal yang seharusnya dikerjakan.

3. Mulai menjauh dari pertemanan yang sudah lama berjalan

ilustrasi orang berjalan sendirian (pexels.com/Mary Taylor)

Ketika menjalin asmara, selalu ingin berdua adalah hal biasa. Namun, jika sudah dibutakan, itu juga berdampak pada jalinan pertemanan.

Seseorang yang dimabuk cinta, biasanya akan mulai menjauh dari teman-teman yang biasanya berkegiatan bersama. Jika sesekali masih wajar, tapi apabila sudah sangat sering dilakukan, ini negatif untukmu.

4. Mengabaikan berbagai saran positif yang diberikan kepadanya

ilustrasi orang bersikap cuek (pexels.com/cottonbro)

Orang yang sedang jatuh cinta juga kerap mendengarkan apa yang pasangannya katakan. Jika demi kebaikan, silakan dijalankan. Namun, jangan juga mengabaikan saran dari orang sekitar, apalagi yang bersifat membangun.

Mencintai seseorang secara berlebihan bisa menyebabkan diri menjadi cuek terhadap saran baik yang diberikan untuknya. Apalagi jika itu berkaitan dengan hubungan asmara yang sebaiknya tidak dilakukan.

Ketahuilah, orang sekitar biasanya lebih peka dan netral saat melihat adanya perubahan kurang bijak yang muncul darimu. Maka, bersedialah juga untuk mendengarkannya.

Baca Juga: 5 Sikap yang Sering Muncul dari Pasangan Toxic, Terjebak Cinta Buta

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya