TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Berteman dengan Lingkungan Pergaulan Baru, Coba Ditiru

Untukmu yang pemalu, tak perlu ragu

ilustrasi pribadi yang unik dan menarik dalam lingkungan pergaulan (pexesl.com/Andrea Piacquadio)

Bergabung dengan lingkungan pergaulan baru, bisa jadi menyenangkan, bisa juga menegangkan. Apalagi bagi kamu yang selama ini kerap malu-malu.

Namun, jangan khawatir dulu, karena ada beberapa tips berteman di pergaulan baru yang bisa kamu tiru. Sehingga, kamu bisa diterima dan disukai oleh teman-teman barumu.

1. Berikan senyuman tulusmu

ilustrasi dua orang saling tersenyum (pexels.com/Asya Cusima)

Tersenyum adalah cara berkomunikasi yang tak perlu mengucapkan sepatah kata pun, tapi mampu meluluhkan hati orang yang kamu temui. Ketika, kamu berencana bergabung ke lingkungan baru, jangan lupa untuk selalu tersenyum.

Lakukan dengan tulus dan jangan ragu, karena dapat menimbulkan arti yang berbeda. Tersenyum saja secara lepas dan sewajarnya. Maka, mereka akan membalas dengan tindakan yang sama.

Baca Juga: 7 Etika Pergaulan Ini Penting Menjaga Keharmonisan Pertemanan

2. Jangan malu untuk menyapa terlebih dulu

ilustrasi orang saling menyapa (pexels.com/Kampus Production)

Sapaan kerap menjadi hal yang mampu menyenangkan hati orang lain yang menerimanya. Untuk itu, sapalah orang lain terlebih dulu. Tidak perlu malu, sebab ini merupakan tindakan yang menunjukkan keramahan.

Kamu bisa mengucapkan kata sapaan dengan berbagai macam seperti pada umumnya, atau jika ingin menyebut nama juga bisa. Lakukan dengan percaya diri, maka mereka akan menyukai.

3. Berikan pujian di saat yang tepat

ilustrasi orang sedang memuji (pexels.com/Melike Benli)

Pujian juga merupakan hal yang membahagiakan. Saat kamu sedang berkomunikasi dengan lingkungan pergaulan barumu, cobalah puji temanmu di saat yang tepat.

Misalnya, memuji penampilannya yang rapi dan keren, atau sebuah pandangan positif yang dia katakan padamu. Menyenangkan orang lain dengan memberikan pujian, kerap dijadikan tips jitu, supaya kamu juga disenangi.

4. Jangan terlalu menutup diri

ilustrasi obrolan seru bersama teman baru (pexels.com/RODNAE Productions)

Jika kamu sedang berusaha bergabung dalam lingkungan baru, bukan berarti harus waspada sekali dengan cara menutup diri. Meski wajar jika kamu belum bisa percaya sepenuhnya, tapi cobalah jalani komunikasi secara terbuka.

Berceritalah sedikit tentang dirimu, tidak harus semua hal kamu ceritakan. Namun, memberikan informasi terkait diri secara umum saja, itu sudah membuat mereka merasa senang, sekaligus dapat mengenalimu secara lebih dekat lagi.

Baca Juga: 5 Alasan untuk Lebih Selektif dalam Berteman di Perkuliahan, Catat!

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya