TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Seseorang Memiliki Second Account di Instagram, Buat Stalking

Second account biasanya tidak pakai identitas asli

ilustrasi stalking seseorang (pexels.com/Kerde Severin)

Bagi pengguna akun Instagram, kamu pasti sudah tidak asing dengan istilah second account atau akun kedua. Jadi, maksud akun kedua ini bisa diartikan sebagai akun lain selain akun utama kamu untuk kepentingan tertentu.

Biasanya, pemilik akun tidak menggunakan identitas asli mereka. Maka dari itu, kebanyakan second account menggunakan foto, nama, biodata, hingga username yang terkesan lebih umum dan tidak berkaitan dengan identitas pemilik asli akun.

Apa, sih, yang umumnya jadi alasan orang untuk bikin akun kedua? Intip, yuk, alasannya.

1. Untuk stalking seseorang 

ilustrasi sedang stalking (pexels.com/Plann)

Nah, alasan satu ini mungkin sudah menjadi rahasia umum bagi kebanyakan orang. Sebab, banyak orang yang ingin stalking seseorang tanpa ingin ketahuan identitas asli mereka. Bisa jadi mereka ingin stalking gebetan atau bahkan mantan yang belum bisa move on.

Jika menggunakan second account, kamu bisa stalking sepuas hati kamu. Tetapi, ingat, terkadang keberadaan second account sering membuat seseorang merasa terganggu, karena merasa ada seseorang yang mengawasi mereka.

Seringkali second account mendapatkan pemblokiran dari orang yang kita stalking, karena mereka merasa risih. 

Baca Juga: 5 Tips Gak Terpengaruh Gaya Hidup Mewah Orang Lain di Media Sosial

2. Akun yang digunakan untuk follow orang terdekat

ilustrasi sedang stalking (pexels.com/Michael Burrows)

Semakin banyak pengikut di akun utama, terkadang seseorang merasa tidak nyaman dan merasa tidak percaya diri untuk update sesuatu. Maka dari itu, mereka memutuskan untuk membuat second account di instagram dan mengikut beberapa orang terdekat saja.

Biasanya, dalam second account tersebut, banyak orang yang berbagi foto hingga video ke pengikut mereka yang lebih sedikit dan kepada orang-orang yang mereka kenal dekat. Dengan begitu, mereka akan lebih nyaman, lebih leluasa, dan tidak merasa insecure.

3. Mengikuti artis atau musisi yang disukai

ilustrasi sedang bermain instagram (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kebanyakan orang lebih nyaman untuk mengikut artis atau musisi yang mereka sukai dengan menggunakan second account mereka. Dengan begitu, mereka bisa menunjukkan support dan rasa suka mereka lebih bebas lagi tanpa diketahui identitas asli mereka.

Selain itu, terkadang second account juga digunakan untuk update foto dan video yang berkaitan dengan artis atau musisi yang disukai.

Misalnya, ketika kamu suka artis korea tertentu, seperti Day6, kamu pasti mengikuti akun Day6 beserta akun setiap anggota di second account kamu dan mengikuti fanbase dari Day6, sehingga kamu tidak tertinggal informasi terbaru mengenai Day6. Tidak lupa kamu pasti mengunggah foto dan video yang kamu sukai dari Day6 di second account kamu.

4. Digunakan untuk berkeluh kesah tentang kehidupan pribadi

ilustrasi sedang update di instagram (pexels.com/alex green)

Berbagi cerita ke seseorang terkadang akan terasa sulit bagi sebagian orang. Maka dari itu, banyak orang yang lebih mudah membagikan keluh kesah yang mereka alami melalui second account mereka, karena mereka merasa tidak perlu kesulitan untuk menjelaskan setiap cerita.

Dikarenakan cerita keluh kesah bersifat lebih personal, maka pengikut di second account pasti lebih selektif dan memilih yang paling dekat. Bahkan, terkadang ada seseorang yang membuat second account tanpa memiliki pengikut, lho. Jadi, memang sengaja dibuat untuk mengeluarkan keluh kesah saja.

Baca Juga: 6 Cara Bijak Menggunakan Media Sosial, Jaga Etika dan Privasi

Verified Writer

Fajrina Annisa

I write what I like and what I see.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya