TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal Remeh yang Bisa Membuat Persahabatan Renggang, Catat!

Hindari hal-hal remeh ini agar persahabatanmu tidak renggang

ilustrasi persahabatan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sebagian orang bisa menjalin persahabatan selama bertahun-tahun tanpa adanya masalah. Namun, ada juga persahabatan yang menjadi renggang karena beberapa orang menganggap hal-hal remeh ini tidak akan merusak persahabatan. Kenyataannya, hal-hal yang dianggap remeh tersebut bisa menghancurkan persahabatan dalam sekejap.

Pada dasarnya, kita tidak boleh menyepelekan satu hal kecil ketika berhubungan dengan sesama manusia. Jadi, apa saja, ya. hal-hal remeh tersebut yang bisa membuat persahabatan renggang? Cek ulasan di bawah ini untuk menemukan jawabannya!

1. Komunikasi tidak berjalan dengan baik

ilustrasi persahabatan (pexels.com/Anna Shvets)

Setiap hubungan yang dijalin oleh sesama manusia harus dibarengi komunikasi yang berjalan dengan baik. Bila persahabatanmu tidak didasari oleh komunikasi yang baik, hal ini bisa menjadi salah satu penyebab renggangnya persahabatan yang sedang kamu jalin.

Sederhananya, ketika kamu sedang dilanda masalah dalam persahabatanmu, lebih baik kamu komunikasikan sampai tuntas dan selesai. Namun, banyak orang yang lebih memilih untuk diam atau enggan membicarakan masalah yang dihadapi. Sebab, keduanya menganggap bahwa masalah akan selesai seiring berjalannya waktu.

Padahal, waktu tidak bisa menyelesaikan masalah tanpa adanya komunikasi. Hal yang dianggap kecil namun penting inilah yang sering merenggangkan persahabatan yang telah terjalin meskipun sudah berjalan selama bertahun-tahun.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Hubungan yang Mulai Terasa Renggang, Penting Disimak!

2. Kurang menghargai

ilustrasi persahabatan (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Bagi kamu yang masih kurang menghargai sahabatmu dan selalu meminta untuk dimengerti saja, lebih baik ubah mulai sekarang, deh. Sebab, kurangnya perasaan saling menghargai dalam persahabatan hanya akan merusak saja.

Persahabatan yang terjalin dengan saling membantu satu sama lain akan berjalan lebih lama dan menunjukkan rasa saling menghargai. Namun, banyak pula persahabatan yang renggang karena mereka merasa bahwa sahabat mereka tidak pernah membantu mereka saat mengalami masalah.

Dilansir Better Help, kita tidak perlu menjadi perhitungan saat membantu sahabat sendiri, tetapi ketika kita berbicara tentang memberi dan menerima dalam sebuah hubungan, maka hal ini perlu seimbang.

3. Sulit mengucapkan kata maaf

ilustrasi persahabatan (pexels.com/Liza Summer)

Setiap hubungan pasti akan dilanda masalah yang biasanya berujung pada pertengkaran. Tidak berbeda dengan hubungan lain, persahabatan juga pasti akan mengalami kejadian ini, sehingga salah satu dari kita perlu meminta maaf duluan.

Namun, banyak orang yang memiliki rasa gengsi terlalu tinggi hingga sangat sulit mengucapkan kata 'maaf'. Banyak yang beranggapan bahwa kata maaf menandakan bahwa kita memang salah dan mengakui kesalahan kita.

Jika kamu memang salah, tidak ada salahnya untuk meminta maaf duluan, lho. Sebab. sahabatmu lebih berarti dari hanya sekadar rasa gengsi yang kamu miliki. Dengan memiliki rasa saling memaafkan, dijamin persahabatanmu akan tetap langgeng sampai maut memisahkan.

4. Terlalu sering bertemu

ilustrasi persahabatan (pexels.com/cottonbro studio)

Sebagian orang beranggapan bahwa semakin sering bertemu, maka persahabatan akan terjalin semakin erat. Meskipun sebagian merasakan keeretan dalam persahabatan mereka, tetapi hal remeh seperti ini juga banyak membuat persahabatan menjadi renggang.

Dilansir Anyday Guide, jika kamu terlalu sering bertemu, kamu akan merasa persahabatanmu sangat mengekangmu dan membuatmu merasa bergantung dengan temanmu. Kamu juga akan merasa kesulitan untuk menghabiskan waktu dengan orang lain, seperti bersama keluarga atau pasangan.

Usahakan jadwal ketemu dengan sahabatmu tidak terlalu sering dan jangan terlalu jarang. Hal ini agar kamu bisa menghabiskan waktu untuk dirimu sendiri dengan orang lain dan bisa tetap menjaga persahabatan yang sudah dijalin selama ini.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Sering Membuat Hubungan dengan Pasangan Jadi Renggang

Verified Writer

Fajrina Annisa

I write what I like and what I see.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya