TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Menghadapi Orang yang Suka Menjatuhkanmu di Depan Publik

Duh, gak enak banget kalau punya teman seperti ini. Iya gak?

pixabay/Burusca

Kamu memang tidak bisa mengendalikan sikap dan perlakukan orang lain terhadapmu. Tapi beberapa orang mungkin bersikap dan berlaku cukup keterlaluan terhadapmu. Sebaik apapun kamu, seberapapun keras usahamu untuk menunjukkan kepedulian kepada orang lain, tetap saja ada orang yang tidak menyukaimu.

Entah mereka memang tidak menyukai sikap baikmu atau karena mereka risih melihat kepedulianmu. Mereka selalu saja mencari celah dan kekuranganmu. Tidak hanya itu beberapa orang, mungkin bisa melakukan hal yang lebih parah. Menjatuhkanmu di depan orang lain.

Karena tahu keburukan, kekurangan, dan kelemahan kamu, mereka berusaha menjatuhkanmu di depan orang lain. Membuatmu terlihat tampak lebih buruk di mata orang lain.

Kamu tentunya risih diperlakukan seperti itu. Nah, beberapa hal di bawah ini akan membantumu menghadapi mereka, yang selalu membuatmu terlihat buruk di mata orang lain.

1. Abaikan dia yang selalu menjatuhkanmu

pexels.com/kharuxury

Diam, abaikan, dan jangan diladeni. Itu merupakan cara menghadapi orang yang suka menjatuhkanmu. Jangan buang waktumu hanya untuk meladeni dia yang selalu membuatmu tampak buruk di depan orang lain.

Kamu juga harus ingat, masih banyak orang yang mau mendukungmu, menyayangimu, dan selalu memotivasimu. Jangan sibukkan pikiranmu dengan memikirkan satu orang yang berbuat buruk padamu.

2. Jangan membicarakan dia yang suka menjatuhkanmu di belakangnya

pexels.com/rawpixels.com

Kamu mungkin marah, kesal, benci kepada dia yang selalu membicarakan keburukanmu di belakang dengan orang lain. Kamu mungkin juga dendam, hingga ingin melakukan hal yang sama seperti yang dia lakukan padamu.

Tapi, kalau kamu membalas dia dengan membicarakan keburukannya pada orang lain juga, apa bedanya kamu dengan dia. Kalau kamu merasa tidak nyaman dengan perilakunya, bicara terus terang saja padanya. Katakan padanya bahwa kamu tidak suka dengan sikapnya yang suka bergosip.

Itu lebih terlihat keren dan profesional. Tanamkan pada mindsetmu bahwa orang yang suka berbicara di belakang hanyalah seorang pecundang. Nah, kamu tidak mau jadi pecundang bukan?

3. Bersikaplah seperti biasa

pexels.com/Oleksandr Pidvalnyi

Walaupun seseorang semakin hari semakin berusaha menjatuhkanmu di depan banyak orang, tapi jangan buat dirimu tergoncang karena hal tersebut. Yang perlu kamu lakukan adalah menunjukkan kepada dia bahwa perbuatannya tidak memberikan pengaruh apapun terhadapmu.

Dengan begitu dia akan merasa usaha kerasnya membuatmu tampak buruk di depan orang lain merupakan suatu kesia-siaan. Apa dengan begitu dia masih tetap terus menjatuhkanmu?

4. Jangan berhenti untuk berbuat baik kepada orang lain

pexels.com/ZunZun

Mereka yang selalu mencoba menjatuhkanmu di depan banyak orang sudah pasti membuatmu kesal setengah hidup. Selain itu juga telah membuat hatimu hanya dipenuhi berbagai emosi negatif. Hal tersebut wajar.

Tapi jangan sampai kamu melampiaskan kekesalanmu pada orang lain. Berusahalah untuk mengontrol emosimu. Jangan hanya karena satu orang berusaha menjelek-jelekkanmu, lalu tidak mau melihat kebaikan diri sendiri, membuatmu berhenti berbuat baik kepada orang lain. Jangan biarkan usaha dia menjatuhkanmu berhasil.

Verified Writer

Galuh Indah Febriani

Nikmati hidupmu, taati aturan Allah, and begin your day with smile and pray

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya