TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jauhi Membenci, 6 Cara Berteman dengan Mantan yang Pernah Menyakitimu

#IDNTimesLife Gak perlu menghindar

Pixabay.com/Pankaj_chaudhary

Banyak yang bilang bersahabat dengan mantan itu sulit. Apalagi jika kamu memiliki banyak kenangan buruk tentang dirinya. Meski begitu, bukan gak mungkin kamu bisa menjalin hubungan baik dengannya lagi, lho.

Teruntuk kamu yang sedang mencari cara untuk bersahabat dengan mantan, simak saja langkah-langkah di bawah ini! Siapa tahu setelah itu kamu langsung tertarik mencobanya. Selamat membaca!

1. Berdamailah dengan dirimu sendiri terlebih dahulu

Unsplash.com/Paola Chaaya

Setelah putus, terkadang mungkin kamu masih sulit menerima kenyataan pahit yang menimpamu. Sering kali kamu masih teringat beberapa perlakukan mantan yang melukai hatimu. Meski begitu, pelan-pelan belajarlah untuk mengikhlaskan semuanya dan mulailah berdamai dengan dirimu sendiri.

2. Ubahlah cara pandangmu tentang mantan

Pexels.com/Hitesh choudhary

Selama ini barangkali kamu berpikir bahwa mantan adalah orang jahat yang sebaiknya dilupakan. Padahal mungkin saat kalian bersama dia juga sering berbuat baik padamu. Untuk itu, perlahan ubahlah cara pandangmu tersebut. Meski berat, kamu bisa mulai mencoba memaafkan kesalahan mantan, lalu mulai berteman dengannya.

Baca Juga: 5 Trik Ampuh biar Kamu Gak Terbuai Rayuan Mantan untuk Balikan Lagi

3. Yakinkan diri sendiri bahwa kamu bisa bersahabat dengannya 

Pexels.com/Min An

Mungkin terkadang kamu masih ragu apakah bisa menerima mantan sebagai sahabatmu. Sehingga, kamu perlu meyakinkan dirimu sendiri kalau bisa berteman dengannya. Meski berat, belajarlah menerima kehadirannya kembali. Bagus lagi kalau mantanmu bersedia membuka diri duluan.

4. Gak perlu menghindar, cobalah untuk bertemu dan ngobrol dengannya 

Pixabay.com/Candid_Shots

Saking gak sukanya, mungkin kamu sering menghindar ketika berpapasan dengan mantanmu. Gak perlu berbuat begitu, cobalah bersikap bijak dengan menghadapinya. Tenangkanlah hatimu, kemudian sapalah dia atau mengajaknya mengobrol.

5. Jika tanggapan mantanmu positif, jagalah hubungan persahabatan kalian dengan baik 

Unsplash.com/Yolanda Sun

Bila mantanmu memberikan respon positif, lanjutkanlah persahabatan kalian. Kamu dan dirinya bisa memulai lembaran baru sebagai sahabat yang telah memahami satu sama lain. Lalu, jagalah dengan baik persahabatan yang telah kalian bangun tersebut. 

Baca Juga: Biar Gak Panas Hati Lihat Mantan Punya Pacar Baru, Jauhi 5 Hal Ini Ya!

Verified Writer

Iis E.

A full-time mother and part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya