TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Pertanyaan Ini Wajib Kamu Jawab Sebelum Memutuskan untuk Menikah!

#AdaCinta Supaya tak ada penyesalan nantinya

Pexels/Luis Quintero

Menikah merupakan hal yang serius dan perlu dipikirkan matang-matang karena dengan menikah kamu memulai gerbang baru kehidupan. Bahkan menikah membutuhkan kesiapan baik secara mental maupun materi. Jangan hanya karena sudah masuk usia menikah, kamu merasa perlu bergegas menikah tanpa dukungan mental yang ada. 

Sebelum kamu memutuskan menikah, kamu harus mampu menjawab 6 pertanyaan di bawah ini dengan yakin karena kamu butuh kesiapan lahir dan batin untuk menjalankannya!

1. Apa yang bikin kamu jatuh cinta dan memutuskan untuk bersama dengan dirinya?

Pexels/Min An

Saat memutuskan memilih dirinya, kamu harus mampu menjawab kenapa kamu memilih dirinya dan apa yang membuat kamu jatuh cinta padanya. Semua hal itu harus dijawab agar tak ada lagi keraguan saat kamu memilih dia. 

Apalagi bila cinta kamu masih terlalu lemah, jangan buru-buru memutuskan menikah dengannya dan mantapkan hati dalam memilih karena menikah bukan persoalan main-main dan perlu persiapan yang sangat matang dalam menjalaninya.

2. Kamu yakin bahagia bila menikah dengannya?

Pexels/Luis Quintero

Soal kebahagiaan pun perlu kamu jawab karena buat apa kamu menikah bila tidak bahagia? Apakah kamu yakin dia mampu membuatmu bahagia? Apakah dia memang bisa menjadi penyejuk hatimu saat berumah tangga nanti? 

Semua pertanyaan itu perlu kamu jawab agar niat kamu menikah pun semakin kuat dan bukan semata-mata karena kamu sudah masuk di usia menikah. Terlebih bila kamu ragu dengan dirinya, masih belum terlambat juga untuk mundur dari pernikahan.

Baca Juga: 5 Film India Ini Mengajarkan Kehidupan Setelah Menikah, Bikin Baper!

3. Apakah kamu masih mau di sisinya ketika sisi gelapnya terlihat?

Pexels/Bret Sayles

Sebagian orang tak sanggup untuk menerima sisi gelap pasangan, padahal mereka berkata bahwa sudah menerima pasangan apa adanya. 

Jika kamu memutuskan memilih dia sebagai pendamping hidup, maka kamu sudah siap menerima segala kekurangannya termasuk sisi gelap dalam dirinya. Jika kamu ragu dan merasa belum siap untuk menerima kekurangan pasangan lebih baik mundur karena semuanya belum terlambat.

4. Kamu yakin sudah ikhlas meninggalkan semua kebebasan demi rumah tanggamu?

Pexels/freestock.org

Ini juga penting, karena ketika memutuskan menikah maka kamu harus ikhlas bila kebebasan kamu direnggut. Kamu takkan lagi bisa hidup bebas kemana pun kamu mau karena saat menikah, hidup kamu merupakan tanggung jawab suami dan kamu pun mempunyai kewajiban untuk taat pada suami. Apalagi saat hadirnya buah hati, kamu semakin tak bisa hidup bebas seperti yang selama ini kamu inginkan.

5. Jika kebosanan hadir suatu saat nanti, apakah kamu akan tetap di sisinya?

Pexels/Pixabay

Hidup berumah tangga itu tak hanya sehari dua hari, tetapi seumur hidup. Saat bosan hadir apakah kamu akan tetap bersamanya atau mungkin meninggalkannya? Pertanyaan ini perlu kamu jawab sebelum memutuskan menikah karena menikah merupakan persoalan komitmen. Mau kamu bosan atau tidak padanya, kamu tetap harus patuh pada komitmen karena kebosanan bukanlah alasan untuk pergi begitu saja.

Baca Juga: Ingin Menikah Tapi Masih LDR? Lakukan 5 Tips Ini Untuk Mewujudkannya

Verified Writer

Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya