TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ingin Mengatur Keuangan Bareng Pasangan? Simak Tips Ini

Masalah duit memang sensitif

thekrazycouponlady.com

Setelah menikah, kamu akan mengalami banyak perubahan yang boleh jadi butuh penyesuaian. Kamu tinggal satu atap berbagi ruangan seperti kamar mandi dan kamar tidur, patungan menyicil rumah, hingga tagihan-tagihan lainnya. Sejujurnya, keuangan adalah masalah yang sensitif. Tapi jika kamu berhasil mengaturnya bersama pasangan, tidak hanya kamu menyelesaikan berbagai persoalan, tapi juga menambah keharmonisan. Jadi, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa hal ini sebelum mengatur keuanganmu bersama.

1. Komunikasi adalah kuncinya

goodrelationshipblog.wordpress.com

Sebelum menikah, kalian berdua bisa jadi belum paham betul mengenai kebiasaan masing-masing dalam mengatur keuangan. Dan setelah menikah, hal ini bisa saja menimbulkan kesalah pahaman. Misalnya nih, kamu adalah orang yang suka menabung, sementara pasanganmu lebih suka membelanjakan uangnya. Sebaiknya, kamu berdua berkomunikasi apa yang kira-kira dibelanjakan dalam sebulan dan buat perencanaannya. Lihat apakah ada pembelian yang tidak perlu dan apa bisa menyisihkan uang buat ditabung.

2. Bangun sebuah sistem

kiplinger.com

Ketika kamu menikah, mengatur keuangan bersama adalah hal yang wajib dilakukan. Sebaiknya sebelum tagihan-tagihan tersebut muncul, kalian harus menentukan tagihan mana yang mengharuskan kalian patungan dan mana yang harus dibayar masing-masing. Sebagai panduan, pengeluaran pribadimu mencakup: belanja, hobi, serta kartu kredit yang kamu miliki sebelum tinggal bersama. Sisanya, seperti bayar cicilan rumah, listrik, internet, belanja bahan makanan, dilakukan bersama.

3. Buat segalanya adil

stackliving.com

Kemungkinan besar, gaji kamu dan pasangan jumlahnya berbeda. Ketika kamu patungan, pastikan adil buat keduanya. Hitung berdasarkan persentase gaji, bukan jumlahnya. Misalnya, kamu memiliki gaji Rp10 juta per bulan sementara pasanganmu Rp8 juta per bulan. Untuk membayar semua tagihan, sisihkan 40 persen dari gaji masing-masing. Cukup adil, kan?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya