TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Mengapa Kamu Selalu Takut Pasanganmu Berselingkuh

Hati-hati jadi posesif!

jtbc.joins.com

Apakah kamu selalu khawatir pasanganmu berselingkuh? Perasaan tersebut tentu sungguh mengganggu. Kamu jadi terlihat tak mempercayai pasanganmu dan akhirnya bisa bersikap posesif terhadapnya. Lantas, sesungguhnya apa alasan di balik rasa khawatirmu ini? Yuk cari tahu!

1. Kamu punya trust issue

Alasan sederhana mengapa kamu khawatir pasanganmu berselingkuh adalah karena kamu memiliki trust tissue. Orang-orang seperti ini cenderung gak sembarangan membuka hatinya pada orang lain.

Cukup sulit bagi seseorang dengan trust issue agar bisa mempercayai penuh pasangannya. Padahal, saling percaya adalah salah satu kunci utama hubungan yang sehat. Apabila kamu memiliki masalah ini, kamu bisa mencoba menggali penyebab trust issue tersebut.

2. Kamu merasa tidak cukup berharga untuk dicintai

Ada pernyataan 'cintailah dirimu sendiri sebelum mencintai orang lain'. Pernyataan ini sangat tepat untuk menjelaskan alasan selanjutnya mengenai mengapa seseorang selalu khawatir pasangan berselingkuh.

Ketika seseorang tidak merasa berharga atau tidak percaya diri, ia akan terus merasa gak layak untuk mendapatkan pasangannya. Akhirnya, ia memiliki persepsi bahwa pasangannya bisa menemukan orang yang 'lebih' darinya dan berselingkuh.

Baca Juga: 5 Ciri Tukang Selingkuh seperti Tae Oh di The World of the Married

3. Hubunganmu tidak seimbang

hancinema.net

Sejalan dengan alasan sebelumnya, kamu juga bisa merasakan kekhawatiran karena hubunganmu memang tidak seimbang. Ada seseorang yang lebih dominan atau lebih banyak memberi daripada pasangannya. Hubungan tidak seimbang, rentan menimbulkan kekhawatiran.

Misalnya, kamu menjadi sosok yang lebih banyak memberi dalam hubungan. Kamu akan sering merasa khawatir pasanganmu berselingkuh karena kamu sudah banyak 'investasi' dengan pasanganmu. Pastinya kamu gak mau, usahamu ini sia-sia bukan?

4. Kamu pernah menjadi korban selingkuh

Instagram/kimheeaebar

Selain itu, kamu mungkin merasa khawatir karena pernah menjadi korban perselingkuhan. Hal ini pun akhirnya membuatmu memicu trust issue dalam dirimu.  Kamu tidak mau kejadian ini terulang kembali, sehingga menjadi lebih posesif. 

Apabila kamu memang pernah menjadi korban selingkuh, cobalah untuk menyembuhkan traumamu dahulu! Kamu bisa memulainya dari berbicara hati ke hati dengan pasanganmu untuk menumbuhkan rasa percaya. 

Baca Juga: 5 Cara Paling Elegan ala Sun Woo Menghadapi Pasangan yang Selingkuh 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya