TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jawab Jujur 11 Pertanyaan ini Sebelum Kamu Melenggang ke Pelaminan

Kamu sudah beneran siap nikah belum?

instagram.com/derbyromero

Menuju ke pelaminan merupakan langkah yang wajib kamu pikirkan masak-masak. Perkawinan adalah hal yang hanya akan kamu lakukan satu kali seumur hidup dan hanya bisa dipisahkan oleh maut. Sebelum kamu mengambil keputusan yang besar ini dengan “emosi” jiwa saja, coba deh jawab 11 pertanyaan ini. Kalau bisa menjawabnya, maka kamu siap ke pelaminan!

1. Apakah kamu berbahagia dalam hubungan selama ini?

pexels.com

Ini pertanyaan paling dasar sekaligus gampang jawabnya. Jika kamu menjawab “Ya” maka dia memang pantas dipikirkan untuk menjadi pendamping hidupmu seumur hidup. Sebaliknya, kalau jawabanmu tidak, sudah jelas kan, kalau dia bukan The One?

2. Apakah kamu pernah merasa terjebak bersamanya?

femaleasia.com

Jika kamu pernah – bahkan sering – merasa terkekang saat bersamanya, mungkin kamu perlu berpikir masak apakah hubungan kalian pantas dilanjutkan ke jenjang yang lebih dalam. Ingat, kamu akan bersama dia setiap hari seumur hidupmu. Kalau saat pacaran saja sudah terasa terjebak, apalagi saat menikah nanti?

3. Apakah kamu bisa melakukan segala hal bersama – dan bersenang-senang?

familyandcouplescounseling.com

Mencari pasangan yang berbeda itu memang menarik, namun jika terlalu berbeda sampai kalian “gak nyambung” satu sama lain, tentu gak enak banget, dong! Supaya hubungan awet, tentu kalian perlu mencari aktivitas bersama dan kalian berdua sukai. Kalau gak ada? Hmm... mungkin lama kelamaan kamu bosan dengannya.

4. Apakah hubungan ini memiliki bobot seimbang?

theparisphotographer.com

Bobot seimbang di sini adalah kalian berdua sama-sama saling mencintai dan memahami. Tentu saja, pasti salah satu dari kalian ada yang “lebih” namun setidaknya hanya berbeda dua hingga lima persen saja. Jika salah satunya terlalu mencintai, dan satu lagi cuek, tentu saja lama kelamaan kalian akan banyak ribut.

5. Apakah kamu mempercayai dia?

digitalspy.com

Jika kamu saja tidak terlalu mempercayai dia, maka buat apa kamu melanjutkan ke jenjang berikutnya?

Baca Juga: 17 Pelajaran yang Cuma Bisa Kamu Dapatkan Setelah Menikah

6. Apakah dia benar-benar rekan hidup, atau hanyalah orang yang bertindak sebagai “pengasuh”mu?

webptt.com

Ada saja pasangan yang bertindak sebagai seorang pengasuh dibandingkan rekan. “Pengasuh” di sini dia terlalu pasrah dan selalu mengikuti apa yang kamu inginkan. Di dalam hidup, kita membutuhkan seorang rekan yang dapat diajak tukar pikiran dan berdiskusi bersama. Jika dia pasrah saja, lama-lama kamu akan bosan.

7. Apakah kamu berkembang ke arah yang lebih baik saat bersama-sama?

thaoski.com

Hubungan yang baik adalah saat kalian berdua berkembang ke arah yang lebih positif. Apabila karena hubungan ini kalian semakin hancur, karir menurun, bahkan hubungan dengan orang lain serta keluarga menjadi renggang, sepertinya kalian perlu memikirkan hubungan ini dengan matang.

8. Apakah kamu atau dia berubah karena satu sama lain?

onethreeonefour.com

Apabila berubah menuju kearah yang lebih baik, maka teruskan hubungan tersebut. Jika kamu merasa “dipaksa” menjadi orang lain, artinya dia tak bisa menerima dirimu yang sesungguhnya dan mungkin saja dia bukanlah orang yang tepat untukmu.

9. Apakah kamu benar-benar tertarik dengannya?

onethreeonefour.com

Disaat bersamanya, kalau kamu sering memikirkan orang lain di pikiranmu, ataupun memikirkan masalah, dan hal-hal lain yang tak berhubungan dengannya, mungkin kamu hanya menjalani hubungan ini karena “sudah lama bersamanya”. Hati-hati, sikap ini bisa membuat kamu sendiri stress, bahkan berpotensi untuk selingkuh dengan orang lain kedepannya, lho.

10. Apakah kalian saling mendukung satu sama lain?

poynter.org

Pasangan harus selalu kompak supaya kalian dapat melalui aneka masalah yang menghadang di masa depan. Hubungan pernikahan itu tidak mudah dan banyak rintangan, belum lagi kalau kamu mendapatkan masalah di tempat kerja, tentu kamu membutuhkan seseorang untuk menopang dan berdiskusi bersama-sama.

Baca Juga: Menikah Tak Selalu Bahagia, Ini 13 Ujian Pernikahan yang Siap Menanti Kalian

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya